Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan Anda!


By Cindy Wijaya

Anda tentu sudah pernah menikmati hangatnya jahe, entah dengan meminum wedang, sekoteng, ataupun bandrek. Di samping nikmatnya minuman tersebut, bahan baku jahe juga merupakan herbal yang diyakini banyak manfaatnya bagi tubuh. Jahe memang sudah sangat terkenal sebagai tanaman herbal berkhasiat. Tapi ada satu lagi herbal keluarga jahe-jahean, yakni jahe merah, yang tak kalah berkhasiat. Apa saja khasiat jahe merah?

Mirip dengan jahe, konsumsi jahe merah seringkali untuk menjaga kesehatan. Bagian jahe merah yang dimanfaatkan adalah bagian rimpang atau umbinya. Minyak asiri yang dimilikinya sering digunakan sebagai bahan baku wewangian kosmetik. Khasiat jahe merah yang paling dikenal ialah untuk menghangatkan tubuh, meluruhkan keringat, mengatasi kembung, mengobati radang tenggorokan, serta meredakan nyeri otot.

Menurut seorang pakar herbal di Bandung, Sarah Kriswanti, jahe merah bersifat imunostimulan yang artinya sanggup menguatkan daya tahan tubuh. Mereka yang mengonsumsi jahe merah mengakui bahwa setelahnya jadi merasa lebih bugar. Efek menghangatkan dari minyak asiri juga bisa membantu meringankan gejala sesak napas penderita asma. Meski begitu, konsumsi jahe merah harus dibatasi sebab senyawa gingerol yang dimilikinya cukup berpotensi menimbulkan panas dan iritasi lambung.

Bukti Ilmiah Berkenaan dengan Khasiat Jahe Merah

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Umbi jahe merah dibuktikan berperan sebagai karminativum yang bisa merangsang pengeluaran gas dari perut sehingga ampuh sebagai obat masuk angin. Efek menghangatkan tubuh diyakini juga mammpu meredakan mual, batuk, maupun gejala flu ringan. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kandungan enzim lipase dan protease bermanfaat untuk memecah lemak serta protein sehingga melancarkan proses pencernaan dan penyerapan makanan.

Jahe merah melindungi saluran pencernaan dengan menurunkan tingkat keasaman lambung. Rimpang jahe merah punya aseton serta metanol yang mencegah iritasi dan nyeri lambung. Jahe juga sanggup mencegah peradangan dengan menghambat produksi hormon prostaglandin.

Sebagai Antiangiogenesis

Senyawa aktif gingerol yang dimiliki oleh jahe merah memiliki efek antiangiogenesis yang artinya menghambat aliran darah menuju sel-sel tumor/ kanker sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bahkan kematian dari sel tumor/ kanker tersebut.

Mencegah Pembengkakan Pita Suara

Racikan herbal jahe merah, minyak kayu putih, bawang putih, bawang merah, dan sereh ampuh mengobati penyakit singer’s nodule—pembengkakan pita suara diakibatkan penggunaan pita suara yang berlebihan. Gejalanya mencakup penurunan kualitas suara, serak, atau bahkan ketidakmampuan untuk berbicara dalam waktu lama. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa berkembang menjadi kanker pita suara.

Racikan jahe merah bersama herbal-herbal lain diatas diyakini mampu mencegah penyakit ini. Jahe merah juga bermanfaat sebagai antioksidan sehingga efektif utuk membantu menangkal efek radikal bebas yang memicu kanker.

Sebagai Antirematik

Khasiat jahe merah yang selanjutnya ialah membantu meredakan nyeri akibat rematik dengan memperlbat proses pembentukan lipooksigenase serta sikloksigenase.

Senyawa dan berbagai kandungan yang dimiliki jahe merah memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba khasiat jahe merah.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}