• Home
  • Blog
  • Rosela
  • Khasiat Bunga Rosella: Herbal Antikanker dan Antihipertensi

Khasiat Bunga Rosella: Herbal Antikanker dan Antihipertensi


By Cindy Wijaya

Anda mungkin sudah familiar dengan teh rosella yang disebut-sebut sebagai teh herbal dengan banyak khasiat. Rasanya masam namun menyegarkan. Teh ini berbahan baku bunga rosella yang memang memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Bahkan ada khasiat bunga rosella yang bisa untuk membantu pengobatan kanker dan mengatasi darah tinggi.

Bunga rosella termasuk bunga tunggal yang mempunyai kira-kira 8 sampai 11 helai kelopak berwarna merah dan panjangnya berkisar 1 cm. Kelopak bunga inilah yang kerap diolah dan dimanfaatkan menjadi bahan minuman herbal.

Semua bagian tanaman rosella, baik itu bunganya, buah, atau daunnya, sebenarnya sama-sama berkhasiat. Di samping diolah menjadi teh, kelopak bunga rosella juga dapat dijadikan salad, sirup, dan salad yang menyegarkan.

Bunga rosella mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh. Diantaranya ialah: protein 1.145 gram, serat 12 gram, fosfor 273.2 gram, kalsium 1.263 miligram, zat besi 8.98 miligram, tiamin 0.117 miligram, karoten 0.029 miligram, riboflavin 0.277 miligram, 6.7 miligram asam askorbat, serta niasin 3.765 miligram. Semua nutrisi tersebut diukur dalam setiap 100 gram bunga rosella.

Kesemua kandungan nutrisi tersebut memiliki peran positif apabila dimasukkan ke dalam tubuh. Misalnya kalsium, protein, dan zat besi berperan dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin darah. Rosella juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan belasan jenis asam amino yang salah satunya berperan dalam peremajaan sel-sel tubuh.

Seraya semakin banyaknya orang yang memercayai khasiat bunga rosella untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan, ini menimbulkan keingintahuan para ilmuwan untuk meneliti lebih dalam mengenai khasiat yang dimiliki tanaman ini.

Salah satu penelitian dilakukan oleh Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan IPB pada tahun 2006. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 3 kuntum bunga rosella yang dikeringkan mengandung antioksidan yang limpah sebanyak 1.7 mmol/prolox. Dengan kandungan antioksidan sebanyak itu, menjadikan rosella salah satu herbal terbaik untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Khasiatnya inilah yang menjadikan rosella sebagai salah satu herbal antikanker.

Sebuah penelitan lain yang dilakukan oleh John McIntosh dari Selandia Baru mengekstrak 3 gram rosella dengan memanaskannya dalam suhu 50 derajat selama kira-kira 36 jam. Ekstrak rosella lalu dilarutkan dengan air 300 ml. Larutan ini kemudian dimasukkan dalam tabung spektrofotometer dan diuji seberapa banyak kandungan antioksidannya. Ternyata kandungan antioksidannya memang tinggi, yakni sebanyak 24 persen.

Sedangkan khasiat bunga rosella dalam menurunkan tekanan darah sudah diuji dalam suatu penelitian yang mengikutsertakan 70 orang. Sebanyak 35 orang rutin minum teh rosella sekali sehari dan 35 orang lagi minum 25 mg obat antihipertensi dua kali sehari. Sebulan kemudian didapati sebanyak 79 persen peminum teh dan 84 persen peminum obat sama-sama mengalami penurunan tekanan darah sebanyak 10 poin. Ini membuktikan bahwa bunga rosella memang dapat membantu mengatasi hipertensi.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.