Kalkulator Masa Subur: Cara Gampang Menghitung Masa Subur

459

Diedit:

Kalkulator masa subur diciptakan untuk memudahkan para wanita dalam menghitung masa subur mereka. Di dalam siklus menstruasi, Cuma terdapat satu hari, satu hari yang termasuk benar-benar subur. Apabila ketika hari tersebut pasangan berhubungan badan tanpa menggunakan pengaman, peluang terjadinya kehamilan benar-benar tinggi dibandingkan hari yang lain. Banyak pasangan yang baru menikah dapat mencari hari subur tersebut dengan bantuan kalkulator masa subur.

Dengan menggunakan kalkulator yang sekarang tersedia cukup banyak ini, maka perhitungan masa subur pun akan menjadi jauh lebih mudah. Walaupun memang Anda juga dapat menggunakan cara yang lainnya untuk menghitung masa subur, karena masih terdapat beberapa alternatif pilihan juga. Mengetahui masa subur ini sangat penting dalam merencanakan kehamilan. Sekarang yang harus dipikirkan bagaimana cara menemukan kalkulator masa subur ini.

Ketahui Masa Subur Anda

Untuk menggunakan kalkulator masa subur dalam mengetahui masa subur pasangan, satu yang harus diingat, yaitu tanggal menstruasi terakhir. Tanpa tanggal tersebut, maka kalkulator masa subur tak dapat digunakan. Mungkin Anda harus mencari metode yang lain untuk menghitung masa subur tersebut. Namun jika Anda memiliki tanggal menstruasi terakhir atau Anda mengingatnya, maka Anda dapat menghitung masa subur, selain itu Anda juga dapat memprediksi waktu kelahiran apabila terjadi kehamilan di masa itu.

Ketika menggunakan aplikasi ini, Anda juga perlu memasukkan data terkait rata-rata waktu siklus menstruasi (lama), kemudian Anda cukup click hitung, dan selanjutnya Anda dapat menyerahkan pada aplikasi kalkulator untuk menghitung masa subur tersebut. Anda cukup menunggu hasil yang akurat keluar, bahkan hanya memakan waktu hitungan detik saja, tidak terlalu lama. Itulah mengapa kalkulator masa subur banyak dicari.

Baca juga:  Menghitung Masa Subur, Bagaimana Caranya?

Akurasi Terbaik dengan Kalkulator Masa Subur

Perhitungan menggunakan kalkulator masa subur mempunyai akurasi yang terbaik, tetapi ada catatannya. Akurasi terbaik dapat dihasilkan jika wanita yang menghitung masa subur menggunakan kalkulator tersebut memiliki siklus haid yang teratur – Jika tidak, maka hasilnya pun tidak aka terlalu akurat. Anda harus memperhatikan hal ini sebelum memutuskan untuk menggunakan kalkulator masa subur, itu semua karena dasar yang digunakan kalkulator online ini adalah tanggal menstruasi terakhir.

Apabila Anda adalah seorang wanita yang mempunyai siklus haid yang kurang teratur, maka Anda dapat mengatasi dengan tips ini. Gunakan indikator kesuburan yang lainnya, contohnya lendir, suhu basal tubuh, pengamatan posisi leher rahim, dan lendir serviks pun juga bisa – Kesemua itu dapat Anda gunakan untuk menentukan tanggal ovulasi. Informasi tambahan ini penting untuk Anda ketahui. Jika masih ragu, maka Anda dapat menggunakan alat tes masa subur selain kalkulator masa subur, masih banyak alternatif pilihan.

Lebih Jauh tentang Masa Subur

Masih dalam topik kalkulator masa subur, sejauh ini Anda sudah membaca mengenai masa subur, namun apakah arti di baliknya? Selain masa subur adalah hari yang dapat memberikan peluang terjadi kehamilan paling tinggi, seperti disebutkan sebelumnya, juga ada penjelasan tambahan lain untuk Anda. Dengan begitu Anda mengetahui alasan menghitung menggunakan kalkulator masa subur.

Masa subur ini adalah lima hari sebelum terjadinya ovulasi dan satu hari sesudah ovulasi. Sperma pria bisa bertahan untuk jangka waktu 5 hari pada dalam rahim seorang wanita. Apabila ovulasi itu terjadi pada hari = h, juga suami berejakulasi pada h – 5, di situ akan terdapat sperma yang dengan setia menunggu, menunggu untuk proses membuahi sel telur wanita yang baru keluar pada hari h + 1. Namun sel telur hanya dapat bertahan untuk waktu 24 jam saja sesudah ovulasi.

Baca juga:  10 Fakta Penting Seputar Menopause Yang Wajib Dipahami Wanita

Oleh karenanya, sesudah h + 1 tak akan ada lagi kesempatan untuk memperoleh kehamilan. Apabila pasangan berhubungan badan pada hari-hari ini, maka peluang hamil hanyalah 20% saja. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda tetap bersikeras ingin mendapatkan kehamilan, jangan sia-siakan yang 20% tersebut. Mari lanjutkan membaca mengenai topik kalkulator masa subur.

Cara Membaca Hasil Kalkulator Masa Subur

Umumnya aplikasi yang dapat ditemukan secara online ini menyediakan penjelasan mengenai bagaimana cara membaca hasilnya. Karena cara menghitungnya cukup mudah, sehingga terkadang tidak diberikan penjelasan tambahan. Contoh cara membaca hasil dari kalkulator masa subur dari salah satu situs, biasanya mereka akan menggunakan warna hijau untuk menunjukkan masa subur, waktu di mana kemungkinan kehamilan terjadi cukup tinggi.

Teori Shettles

Terdapat teori khusus terkait kalkulator masa subur, yaitu Teori Shettles. Teori tersebut menyebutkan apabila Anda ingin mempunyai bayi wanita, maka kemungkinan tertinggi waktunya yaitu 3 hari sebelum tanggal yang diberikan warna hijau. Namun apabila Anda ingin mempunyai bayi lelaki, maka waktu yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk masa ovulasi yaitu pada awal dari warna hijau. Jika Anda penasaran, tidak ada salahnya Anda mencoba Teori Shettles ini. Tentu saja teori ini dibuat berdasarkan penelitian atau survei sebelumnya, walaupun hasilnya tidak akurat, tetapi tetap ada persentase keberhasilan.

Ketika hendak menggunakan kalkulator masa subur, banyak fasilitas yang dapat Anda gunakan dengan gratis online. Karena itu, Anda dapat menggunakan 2 kalkulator masa subur, dengan begitu Anda bisa membandingkan hasilnya. Jika hanya satu, yang ditakutkan kalkulator tersebut kurang bagus dan salah menghitung. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan lebih dari 2 kalkulator masa subur, lagipula untuk menggunakannya juga gratis.

Advertisement
Alinesia