Kabar Baik bagi yang Suka Acar, Ternyata Ada Banyak Manfaat Mentimun Loh!

479

Diedit:

Mentimun sudah sejak lama disebut-sebut sangat baik bagi kesehatan dan harus dimasukkan dalam daftar menu makanan sehari-hari. Memang benar, mentimun kaya akan nutrisi dan vitamin penting. Bahkan sayuran hijau ini punya banyak air yang bisa bikin Anda tetap segar meski udara panas.

Manfaat mentimun akan lebih terasa kalau Anda rendam di dalam air. Mungkin Anda sudah pernah mendengar kabar bahwa sebagian besar ahli gizi menyarankan minum air mentimun, karena membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga tubuh tetap aktif di musim kemarau.

Untuk membuat air mentimun sangat gampang. Anda hanya perlu memasukkan beberapa irisan mentimun ke dalam sebotol air. Nah, air mentimun sudah diap diminum kapan pun Anda merasa tubuh mulai lunglai.

Berikut adalah 8 manfaat mentimun yang akan Anda rasakan jika rutin makan mentimun.

Mengendalikan kadar gula darah—Salah satu manfaat mentimun yang paling bagus ialah membantu penderita diabetes mengendalikan kadar glukosanya. Biasanya pasien akan rutin minum jus mentimun dengan tujuan meningkatkan sejenis hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Menurunkan kolesterol—Mentimun mengandung sejumlah sterol yang merupakan salah satu senyawa untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menstabilkan tekanan darah—Mentimun mengandung kalium, magnesium, dan serat yang membantu mengendalikan tekanan darah. Kalau rutin konsumsi mentium, maka tekanan darah Anda akan stabil—tidak rendah ataupun tinggi.

Mencegah kankerKarena mengandung pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, maka mentimun dapat membantu pencegahan berbagai jenis kanker berbahaya—termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, dan kanker prostat.

Membantu melangsingkan badan—Mentimun adalah makanan rendah kalori jadi walaupun Anda sering memasukkan mentimun dalam menu makanan, berat badan Anda tidak akan bertambah. Dengan begitu mentimun membantu Anda mencapai target berat badan ideal.

Merawat kesehatan kulit dan rambut—Mentimun bisa digunakan untuk mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Caranya? Dengan menggosokkan kulit mentimun ke bagian kulit yang kena iritasi. Mentimun juga mengandung sulfur dan silikon untuk menyehatkan rambut yang kusam. Selain itu, bagi Anda yang punya mata panda, cobalah menempelkan irisan mentimun supaya bagian bawah mata jadi kembali cerah.

Detoksifikasi racun—Air mentimun mengandung antioksidan yang membantu melawan serangan radikal bebas, sekaligus membantu menyingkirkan racun yang sudah terlanjur menumpuk di dalam tubuh.

Membentuk otot tubuh—Kandungan silika dalam mentimun yang bagus untuk merawat kulit, ternyata juga bagus untuk membentuk jaringan otot. Minumlah segelas air mentimun setiap hari untuk mendapatkan bentuk otot yang diinginkan.

Sekarang sudah mulai masuk musim kemarau, saat cuaca sedang panas-panasnya, ditambah lagi udara yang kering karena jarang hujan. Ini sangat buruk bagi kesehatan Anda, karena itu tambah pertahanan tubuh Anda dengan manfaat mentimun. Rutinlah makan mentimun atau minum air mentimun setiap hari dan rasakan sendiri manfaatnya!

Advertisement
Alinesia