Apa Benar Ada Manfaat Timun untuk Darah Tinggi?


By Cindy Wijaya

Timun adalah buah yang serbaguna. Bisa dimakan begitu saja sebagai lalapan, dimasak bersama sayur, hingga dijadikan jus. Buah ini juga populer di kalangan penderita darah tinggi. Diyakini ada manfaat timun untuk darah tinggi apabila dikonsumsi secara teratur. Apa benar?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana sebenarnya manfaat timun untuk darah tinggi dan cara membuat jus mentimun untuk hipertensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang berupaya mengontrol tekanan darah.

Apa Manfaat Timun untuk Darah Tinggi?

Satu buah timun ukuran sedang, yang panjangnya sekitar 18 cm, mengandung sekitar 273 miligram kalium (potasium) dan hanya 4 miligram natrium (sodium).

Kandungan gizi dari timun ini berpengaruh pada tekanan darah Anda. Menurut lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium dari makanan dapat membantu mengontrol tekanan darah serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kebanyakan buah-buahan segar biasanya sehat untuk jantung, karena mengandung sedikit natrium dan banyak kalium. Jadi sebenarnya timun tidak terlalu spesial dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Namun, ada manfaat tambahan dari timun karena mengandung sangat sedikit kalori. Satu buah timun ukuran sedang hanya mengandung 24 kalori di dalamnya.

Mengonsumsi buah yang berukuran cukup besar tapi rendah kalori, seperti timun, dapat membuat Anda cepat kenyang dan mempermudah untuk menurunkan berat badan. Menurut info dari Mayo Clinic, tekanan darah bisa turun sekitar 1 mm Hg untuk setiap 1 kg berat badan yang turun pada orang yang kegemukan.

Tapi agar mendapat manfaat timun untuk darah tinggi, Anda seharusnya makan timun yang segar, bukan yang dijadikan acar atau diasinkan. Karena menambahkan garam akan meningkatkan asupan natrium yang berbahaya bagi penderita hipertensi.

Penelitian Mengenai Manfaat Timun untuk Darah Tinggi

Penelitian telah dilakukan untuk memeriksa manfaat timun untuk hipertensi. Salah satunya dilakukan oleh tim peneliti dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, yang hasil penelitiannya dimuat dalam jurnal NERS.

Mereka memeriksa pengaruh pemberian jus timun pada para penderita hipertensi yang memiliki tekanan darah antara 140/90 mmgHg dan 160/100 mmHg. Para partisipan ini diberikan jus timun dengan dosis 2 x 200 gram setiap hari di pagi dan sore hari selama 2 minggu.

Hasilnya didapati bahwa memang ada manfaat timun untuk hipertensi. Setelah 1 minggu pemberian jus timun, terdapat penurunan tekanan darah menjadi rata-rata 135,36/85 mmHg. Dan penurunannya lebih besar lagi setelah 2 minggu, yaitu menjadi rata-rata 122,66/80,71 mmHg.

Para peneliti menyimpulkan bahwa jus timun dapat dipakai untuk membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Namun konsumsi jus timun harus secara teratur dan disertai pola hidup sehat agar manfaatnya lebih efektif.

Cara Membuat Jus Mentimun untuk Hipertensi

Cara paling gampang untuk mendapatkan manfaat timun untuk darah tinggi adalah memakannya langsung. Anda cukup mencuci timun sampai bersih, kupas kulitnya dan potong-potong agar lebih mudah dimakan.

Tapi ada cara lain untuk menikmati buah penurun hipertensi ini, yaitu dibuat menjadi jus segar. Berikut cara membuat jus mentimun untuk hipertensi yang praktis dan sederhana.

Resep Jus Timun untuk Darah Tinggi


Bahan:
1 buah timun ukuran sedang.

Cara membuat:
Cuci bersih timun dan kupas kulitnya.
Potong kedua ujungnya yang keras, lalu iris-iris timun seperlunya.
Haluskan irisan timun dengan blender atau juicer.
Boleh ditambahkan madu murni untuk menambah rasa.

Aturan minum:
Buat dan minum jus timun ini di pagi dan sore hari.

Ikuti resep jus timun untuk darah tinggi ini selama 1-2 minggu. Jangan lupa untuk secara rutin memantau tekanan darah Anda. Hentikan konsumsi jus timun apabila sudah normal.

Tips Lain untuk Menurunkan Darah Tinggi

Di samping mengikuti resep jus timun untuk darah tinggi, ada hal lain yang perlu Anda lakukan. Jika konsumsi timun tidak dibarengi pola hidup sehat, maka pengaruhnya tidak akan terlalu bermanfaat. Berikut beberapa tips menurunkan darah tinggi oleh Mayo Clinic.

  • Teratur olahraga: olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sekitar 5 – 8 mm Hg.
  • Pola makan sehat: Teratur makan serealia utuh (whole grain), buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak bisa menurunkan tekanan darah hingga 11 mm Hg.
  • Kurangi garam: Membatasi asupan natrium bisa menurunkan tekanan darah sekitar 5 – 6 mm Hg. Batasi natrium tidak lebih dari 1.500 miligram per hari.
  • Berhenti merokok: Selain menurunkan tekanan darah, berhenti merokok juga mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Tidur yang cukup: Tidur kurang dari 6 jam setiap malam selama beberapa minggu bisa memicu hipertensi. Lakukanlah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapat tidur yang berkualitas setiap malam.

Apabila Anda sudah mengupayakan mengikuti resep jus timun untuk darah tinggi dan gaya hidup sehat tapi masih juga memiliki darah tinggi, sebaiknya minta bantuan dokter. Dokter dapat meresepkan obat yang tepat untuk membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat timun untuk darah tinggi dan cara membuat jus mentimun untuk hipertensi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar info herbal dan tips kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}