Inilah Faktor Penyebab Pusing dan Cara Pengobatan yang Sederhana!

532

Diedit:

Pusing atau pening adalah keluhan sakit kepala yang mana pasti pernah dialami setiap orang. Sakit kepala bisa berlangsung selama 30 menit atau bahkan sampai berhari-hari lamanya. Gejala yang paling lazim dirasakan yaitu rasa nyeri menjepit atau menekan. Seseorang bisa mengalami sakit kepala dengan intensitas ringan, sedang, atau tinggi. Beberapa orang malah mendapati kepala sering sakit atau pening.

Mengapa kepala sering pening? Dalam hal ini beberapa kondisi diketahui menjadi faktor penyebab sakit kepala. Berikut diantaranya:

  • Ketegangan Otot

    Faktor penyebab sering terasa sakit pada kepala yang pertama yaitu karena ketegangan otot. Kondisi otot yang cukup tegang dapat menghambat aliran darah pada beberapa daerah tertentu. Tidak heran seseorang yang merasa pusing terkadang terlihat pucat pasi. Padahal diketahui aliran darah membawa makanan dan oksigen yang notabene dibutuhkan tubuh. Sehingga bila peredaran darah tidak lancar bisa jadi mengganggu proses metabolisme tubuh.

  • Faktor Emosional

    Faktor emosional diketahui juga dapat menyebabkan kepala sering merasa pening. Pasalnya faktor emosional berupa kecemasan, depresi, dan stres cenderung memberi respon berupa kontraksi otot. Bentuk sakit kepala karena kontraksi otot ini pun menjadi bentuk sakit kepala yang sering dijumpai. Adapun intensitas rasa sakit yang dirasa sering dikaitkan dengan jangka waktu peningkatan stres psikologi. Kondisi lain seperti gangguan rahang dan gigi, influenza, flu, dan infeksi sinus juga diketahui memberi respon sama sehingga berpotensi menyebabkan pusing.

  • Posisi Salah

    Sakit kepala juga dapat disebabkan karena posisi tertentu yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot kepala dan leher. Misalnya saja posisi yang salah saat berbicara melalui telepon, posisi yang sama dalam waktu lama saat bekerja di depan komputer, atau memegang buku saat membaca. Sejumlah kegiatan yang membutuhkan peningkatan kerja mata dalam jangka waktu tidak sebentar juga bisa menimbulkan sakit kepala akibat kontraksi dan ketegangan otot. Karenanya perhatikan benar posisi tubuh Anda dan jangan memaksa mata untuk bekerja ekstra.

  • Tekanan Darah Rendah

    Tekanan darah rendah merupakan suatu kondisi tubuh yang ditandai dengan tekanan darah sistolik yang turun. Kondisi kesehatan ini biasanya akan menyebabkan penderitanya merasakan pusing sesaat setelah duduk atau berdiri dengan terlalu cepat.

  • Keseimbangan Tubuh Kurang

    Disequilibrum atau keseimbangan tubuh kurang ditandai dengan perasaan seperti tubuh bergoyang saat tengah berjalan. Kondisi ini bisa juga dipicu karena beberapa hal seperti adanya gangguan pada teliga dalam, gangguan pada sensori dalam penglihatan, atau kerusakan syaraf kaki. Gagalnya seseorang mendapatkan keseimbangan tubuh tersebut bisa menyebabkan rasa pusing.

Baca juga:  Sering Pusing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pengobatan Pusing secara Sederhana

Sebenarnya masih ada banyak lagi beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang merasa sakit kepala. Misalnya seperti kurang olahraga, dehidrasi, sakit migrain, asupan darah keluar jantung berkurang, atau lainnya. Saat mengalami sakit kepala rasanya memang sangat mengganggu. Rasa sakit bisa menjalar ke ubun-ubun, pelipis, dan leher. Di pasaran kini banyak beredar obat pusing yang bisa dicoba. Akan tetapi, sebenarnya ada cara pengobatan sederhana yang tidak kalah ampuh seperti berikut ini:

  • Minum Air Putih

    Dehidrasi atau kekurangan cairan diketahui menjadi penyebab sakit kepala.Saat sedang kepanasan yang disertai dengan kondisi tubuh mengalami dehidrasi biasanya akan memicu rasa sakit pada kepala. Adapun istirahat sejenak, duduk, dan minum air putih secara perlahan bisa membantu meredakan sakit yang muncul. Air putih memang diketahui kaya khasiat kesehatan. Karenanya setiap orang dianjurkan minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan.

  • Relaksasi

    Cara pengobatan sederhana untuk meredakan pusing selanjunya dengan relaksasi. Anda bisa mencoba tarik nafas perlahan dan perlahan memejamkanmata. Cara ini cukup efektif membantu menurunkan keteganan khususnya pada area mata yang bisa memicu rasa sakit pada kepala.

  • Menjauhi Sinar TV dan Komputer

    Bila rasa sakit kepala yang dirasakan diduga karena radiasi sinar TV atau komputer, maka ada baiknnya Anda mengambil jarak dari kedua alat elektronik tersebut untuk beberapa saat. Hal ini pun berlaku untuk smartphone atau gadget canggih Anda. Coba keluar rumah dan cari udara segar. Saat pekerjaan Anda mengharuskan banyak bekerja di depan layar monitor, Anda sesekali waktu butuh melihat pemandangan hijau agar pikiran kembali segar.

  • Mengompres Kepala

    Mengompres kepala menggunakan air hangat efektif membanu meringankan ketegangan pada otot kepala. Sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Dengan kompres air hangat, kepala akan terasa lebih ringan karena peredaran darah kembali lancar terutama pada bagian tubuh bagian atas dan kepala. Selain itu, pijit pula kepala secara perlahan menggunakan ibu jari. Pijitan pada bagian pelipis dan hidung biasanya sangat manjur menghilangkan rasa sakit yang dirasakan.

  • Menyeduh Teh Hitam

    Cara sederhana yang tidak kalah efektif meredakan sakit pusing yaitu dengan menyeduh teh hitam. Teh hitam termasuk tanaman herbal alami yang berkhasiat meredakan sakit kepala. Anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dan minum teh selagi masih hangat.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pusing?

Itulah beberapa faktor penyebab sakit kepala atau pusing dan cara pengobatan sederhana yang bisa dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa sakit pada kepala normalnya berlangsung 30 menit. Adapun bila sakit yang dirasakan tidak kunjung sembuh atau mereda, segera periksakan ke dokter. Pasalnya sakit pada kepala bisa jadi merupakan gejala penyakit kronis seperti tumor atau lainnya. Sekian ulasan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.