Hidung Tersumbat, Kenali Penyebabnya & Atasi Tanpa Obat

670
hidung tersumbat - penyebab hidung mampet - cara mengatasi hidung mampet - ciri-ciri sinusitis
Credit: Shutterstock

Diedit:

Hidung tersumbat – kesal rasanya jika mengalami masalah ini, apalagi waktu mau tidur. Meski masalah ini biasa terjadi, tapi hidung tersumbat pada bayi bisa membuat orang tua khawatir. Dan satu lagi yang perlu diperhatikan, adakalanya penyebab hidung mampet sebenarnya adalah akibat penyakit sinusitis.

Apa saja penyebab hidung mampet? Mengapa hidung tersumbat hampir setiap hari? Bagaimana cara mengatasi hidung mampet? Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak & bayi? Apa ciri hidung mampet yang merupakan ciri-ciri sinusitis? Mari kita perhatikan jawaban-jawabannya dalam artikel ini.

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah

Salah satu penyebab tersering dari hidung mampet sebelah berkepanjangan adalah kelainan anatomi hidung. Sebenarnya tidak masalah jika hidung tersumbat hanya sebelah setiap hari dan menahun dan tidak membuat susah bernapas.

Hidung mampet sebelah juga sering dipicu oleh infeksi dan alergi. Infeksi bakteri akut juga dapat menjadi penyebab hidung mampet sebelah. Jika masalahnya baru-baru saja terjadi dan disertai nyeri di wajah atau mulut bagian atas, mungkin itu adalah ciri-ciri sinusitis akibat infeksi bakteri akut.

Infeksi virus juga dapat menyebabkan hidung mampet sebelah, tapi biasanya hidung akan mampet di kedua sisi setelah beberapa hari. Pada penderita deviasi septum hidung, atau jenis kelainan anatomi lainnya, infeksi virus dapat menimbulkan lebih banyak gejala pada satu sisi hidung saja.

Mengapa Kita Bernapas Hanya dengan Satu Lubang Hidung?

Dr. Karl Kruszelnicki, seorang ilmuwan asal Australia, mengatakan bahwa kita cenderung bernapas hanya dengan satu lubang hidung karena ada “sistem otomatis hidung”. Ia menjelaskan bahwa jaringan-jaringan pada hidung kita ada dalam siklus konstan yang melancarkan aliran udara melalui hidung dan membantu indera penciuman kita.

Singkatnya, lubang hidung kita berbagi tugas. Sepanjang hari, satu lubang hidung bernapas dan satunya lagi beristirahat—mereka bergantian tugas setiap beberapa jam. Sistem saraf otonom kita—yang mengontrol hal-hal seperti pecernaan dan detak jantung—adalah yang mengendalikan tugas hidung.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Cara mengatasi hidung mampet sebelah haruslah disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat sebelah berdasarkan pemicunya:

Alergi atau Iritasi:

Gunakan larutan garam (saline) yang bisa dibeli di apotek untuk membersihkan saluran napas di dalam hidung. Hindari asap rokok atau tempat-tempat berdebu, dan jauhi binatang jika alergi dengan bulunya.

Infeksi Sinus (Sinusitis):

  • Minumlah banyak air untuk mengurangi produksi ingus.
  • Basahi handuk dengan air panas, peras, dan taruh ke wajah selama 5 – 10 menit, beberapa kali sehari.
  • Hiruplah uap dari semangkuk air panas.
  • Gunakan larutan garam (saline) untuk menjaga saluran napas tetap terbuka dan membersihkan bakteri.
  • Jangan minum alkohol, karena dapat membuat lapisan dalam hidung dan sinus membengkak.

Penyebab Hidung Mampet Berkepanjangan

Hidung mampet setiap hari atau menahun dapat disebabkan oleh hal-hal berikut: alergi, hidung kering, sinusitis, dan polip. Alergi penyebab hidung mampet setiap hari biasanya adalah alergi terhadap debu, serbuk sari dari tumbuhan, atau bulu hewan.

Baca juga:  7 Cara Mujarab Mengatasi Hidung Tersumbat

hidung tersumbat - penyebab hidung mampet - cara mengatasi hidung mampet - ciri-ciri sinusitis

Masalah hidung kering, karena AC, pemanas ruangan, atau dehumidifier, dapat membuat jaringan dalam hidung meradang, sehingga terasa seperti hidung mampet. Sinusitis, akibat infeksi bakteri atau jamur, bisa menimbulkan gejala hidung mampet disertai sakit kepala dan rasa nyeri atau tertekan di wajah.

Polip adalah pertumbuhan jinak (non-kanker) di lapisan dalam hidung atau sinus yang bisa menjadi penyebab hidung mampet menahun. Polip tumbuh karena peradangan yang dipicu oleh masalah-masalah seperti alergi.

Pada kasus yang sangat jarang, penyebab hidung selalu tersumbat adalah kanker atau tumor. Kanker/tumor bisa menimbulkan gejala serupa dengan ciri-ciri sinusitis atau alergi, misalnya rasa tertekan di wajah dan hidung tersumbat.

Herbal Jitu untuk Mengatasi Hidung Mampet

Kekebalan tubuh kita harus kuat agar bisa mengatasi setiap jenis masalah kesehatan, termasuk masalah alergi, iritasi, dan infeksi penyebab hidung mampet. Salah satu herbal yang dapat menguatkan kekebalan tubuh kita yaitu Noni juice. Kemampuan herbal ini dijelaskan dalam jurnal ilmiah berjudul “The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: its molecular mechanisms of action.”

Disamping itu, Noni juice juga memiliki kemampuan anti-inflamasi yang secara efektif mengatasi peradangan di dalam hidung. Masalah peradangan di hidung juga bisa menyebabkan hidung mampet. Kemampuannya itu diulas pada jurnal berjudul “Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit.”

Cara Mengatasi Hidung Mampet Berkepanjangan

Cara mengatasi hidung mampet yang hampir setiap hari harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi hidung mampet berkepanjangan berdasarkan pemicunya:

Alergi:

Hindarilah zat-zat atau apapun yang bisa memicu reaksi alergi pada diri kita. Pemicu-pemicu alergi tersebut biasanya adalah debu, serbuk sari dari bunga, atau bulu hewan.

Hidung Kering:

Hidung mampet karena hidung kering mungkin adalah problem sehari-hari bagi kita yang bekerja di ruangan ber-AC. Kadang tidak mungkin untuk mematikan AC karena di ruangan itu juga ada orang-orang lain. Jika begitu, cara mengatasi hidung mampet karena AC adalah dengan melembapkan bagian dalam hidung kita.

Untuk melembapkan, bisa menggunakan jelly petroleum, tisu wajah yang dibasahi air, atau dengan menghirup uap dari air panas di cangkir. Jaga juga kelembapan dari dalam tubuh dengan sering minum air. Cara-cara ini juga bisa diaplikasikan pada hidung kering yang disebabkan oleh hal-hal lain.

hidung tersumbat - penyebab hidung mampet - cara mengatasi hidung mampet - ciri-ciri sinusitis

Sinusitis:

  • Gunakan larutan garam (saline) untuk mengurangi produksi ingus dan mengatasi hidung mampet.
  • Tuangkan air panas ke dalam mangkuk dan hiruplah uapnya.
  • Minum banyak air untuk menjaga saluran napas dan sinus tetap lembap

Polip:

Cara mengatasi hidung mampet akibat polip hidung haruslah dilakukan dokter. Dokter bisa meresepkan obat untuk mengurangi peradangan untuk mengecilkan polip dan mengatasi hidung tersumbat.

Baca juga:  Cara Pijat Refleksi Atasi Hidung Tersumbat

Tapi jika polip tidak juga mengecil, kadang dokter menganjurkan untuk operasi menghilangkan polip. Operasi yang dilakukan bergantung pada ukuran polip. Polip yang kecil diangkat dengan metode polipektomi. Sedangkan polip yang besar bisa diangkat menggunakan operasi endoskopik sinus.

Penyebab Hidung Tersumbat Tapi Tidak Pilek

Penyebab hidung tersumbat tapi tidak keluar ingus antara lain: alergi, infeksi pada sinus, kelainan anatomi hidung, trauma atau cedera di hidung, dan konsumsi obat. Alergi terhadap serbuk sari (alergi rinitis), debu, atau bulu hewan adalah beberapa alergi penyebab hidung mampet tapi tidak pilek.

Infeksi pada sinus atau saluran napas seringnya diakibatkan oleh bakteri. Kadang ciri-ciri sinusitis adalah hidung mampet yang tidak mengeluarkan ingus. Kelainan anatomi hidung, seperti deviasi septum hidung, bisa membuat satu lubang hidung lebih kecil. Kelainan itu bisa menghambat saluran napas hanya di satu lubang hidung.

Trauma atau cedera di hidung misalnya karena hidung terbentur, tindik hidung, iritasi, menghirup narkoba, dan mengorek atau menggaruk bagian dalam hidung. Selain hidung mampet, trauma/cedera di hidung juga dapat menimbulkan rasa sakit, pendarahan, dan bengkak di hidung atau sekitarnya. Konsumsi obat seperti aspirin, ibuprofen, dan obat darah tinggi, dapat menyebabkan hidung tersumbat tapi tidak keluar ingus.

Hidung Tersumbat yang Merupakan Ciri-Ciri Sinusitis

Kadang-kadang hidung tersumbat merupakan akibat penyakit sinusitis. Sinusitis adalah infeksi di sinus yang disebabkan oleh peradangan pada rongga udara di dalam saluran hidung. Peradangan tersebut sering kali disebabkan infeksi bakteri, tapi kadang juga disebabkan infeksi jamur, alergi, dan iritasi terhadap zat atau pertikel tertentu.

hidung tersumbat - penyebab hidung mampet - cara mengatasi hidung mampet - ciri-ciri sinusitis

Selain hidung mampet, ciri-ciri sinusitis yang lainnya yaitu sakit kepala; wajah terasa sakit; rasa nyeri atau tertekan di sinus, telinga, dan gigi; demam; ingus berwarna keruh; sakit tenggorokan; batuk; dan kadang disertai pembengkakan di wajah.

Awalnya, ciri-ciri sinusitis yang muncul biasanya adalah pilek, batuk, dan demam ringan. Lama-kelamaan kalau tidak diobati, ciri-ciri sinusitis berkembang menjadi rasa nyeri dan tertekan di area rongga sinus. Setelah 7 – 10 hari setelah pilek, akan muncul gejala-gejala lain yang menandakan infeksi di sinus, yaitu ingus berwarna kekunginan/kehijauan, bau napas, bengkak sekitar mata, sakit kepala, dan batuk.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Tapi Tidak Pilek

Cara mengatasi hidung mampet yang tanpa keluar ingus berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat sesuai pemicunya.

Alergi:

Hindarilah apapun yang dapat memicu reaksi alergi. Alergen (pemicu alergi) tersebut sering kali adalah debu, serbuk sari dari tumbuhan, atau bulu hewan.

Infeksi di Sinus (Sinusitis):

  • Minum banyak air dan makan yang berkuah.
  • Basahi handuk dengan air panas, peras, lalu taruhlah ke wajah.
  • Tuangkan air panas ke mangkuk, lalu hiruplah uapnya.
  • Bilas saluran napas menggunakan larutan garam (saline).
  • Tidur dengan posisi kepala ditinggikan, sangga dengan bantal.

Trauma atau Cedera di Hidung:

  • Bungkus es batu dengan handuk tipis lalu tempelkan ke hidung selama 10 – 20 menit, beberapa kali sehari setelah cedera.
  • Tidur dengan posisi kepala ditinggikan menggunakan bantal.
  • Periksa ke dokter jika trauma atau cederanya parah.

Penyebab Hidung Tersumbat pada Anak & Bayi

Penyebab paling sering dari hidung tersumbat pada bayi dan anak yaitu infeksi dan alergi. Hidung mampet pada bayi baru lahir dan balita biasanya akibat infeksi virus di saluran pernapasan atas. Infeksi virus itu juga menyebabkan pilek.

Alergi dengan debu, asap rokok, atau parfum dapat menimbulkan iritasi dan penyumbatan dalam hidung seorang anak. Selain itu, hidung anak mampet juga disebabkan hidungnya kering karena pengaruh udara.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak & Bayi

Selain berupaya mengobati pilek, flu, atau alergi yang dialami anak atau bayi, para ibu & ayah juga bisa meringankan hidung mampet yang dialami anak. Situs About Kids Health memberikan tips-tips berikut untuk mengatasi masalah iritasi & hidung kering dan mengurangi hidung tersumbat pada anak & bayi:

Melembapkan Bagian dalam Hidung Bayi yang Kering:

  • Baringkan bayi pada punggungnya. Taruh handuk atau selimut kecil yang digulung di bawah bahu bayi.
  • Teteskan 2 – 3 tetes larutan garam (saline) ke setiap lubang hidung. Tunggu 30 – 60 detik, lalu keringkan hidung bayi. Larutan saline bisa dibeli di toko obat atau apotek.

Membersihkan Ingus dari Hidung Bayi:

  • Baringkan bayi pada punggungnya. Taruh handuk atau selimut kecil yang digulung di bawah bahu bayi.
  • Teteskan 2 – 3 tetes larutan garam (saline) ke setiap lubang hidung. Tunggu 30 – 60 detik.
  • Posisikan bayi telungkup pada perutnya untuk mengeluarkan ingus dari hidung. Seka ingus dengan tisu atau handuk.

Segera Bawa Bayi ke Dokter Jika…

Jangan tunda lagi untuk membawa anak bayi Anda ke dokter jika ia mengalami gejala-gejala: demam; ruam merah di kulit; hidung mampet disertai bengkak di sekitar dahi, mata, pinggir hidung, atau pipi; hidung mampet lebih dari dua minggu; kesulitan bernapas atau napasnya tersengal-sengal; tidak mau disuapi; dan sangat rewel atau terlihat kesakitan.

Demikianlah ulasan tentang hidung tersumbat. Semoga informasi mengenai penyebab hidung mampet dan cara mengatasi hidung mampet di artikel ini dapat membantu Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar info kesehatan, tips kesehatan, dan pengobatan alami hanya di Deherba.com.