7 Cara Mujarab Mengatasi Hidung Tersumbat

668

Diedit:

Masalah hidung tersumbat bisa sangat mengesalkan, apalagi kalau dua-duanya tersumbat. Kalau mengalaminya Anda pasti ingin cepat mengatasi hidung tersumbat ini agar bisa bernapas lega kembali.

Kabar baik buat Anda, ada banyak sekali cara mengatasi hidung tersumbat, mulai dari cara rumahan hingga menggunakan obat-obat tertentu. Tetapi ingatlah sebelum mengonsumsi obat kimia apa pun, Anda harus konsultasi dulu dengan dokter.

Hidung tersumbat bisa terjadi jika pembuluh darah dalam hidung mengalami inflamasi dan jaringan-jaringannya membengkak. Kelebihan drainase mukus (lendir) juga mungkin menyertai masalah ini sehingga hidung jadi meler.

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa mengurangi problem hidung tersumbat. Uap yang dihasilkan air hangat tersebut membantu mengalirkan mukus (lendir) keluar dari dalam hidung serta melegakan pernapasan. Walaupun manfaat dari mandi air hangat ini tidak bertahan lama, tetapi setidaknya Anda bisa lega sebentar.

2. Kompres hangat

Kompres hangat dapat mengatasi hidung tersumbat dan perasaan penuh di hidung serta wajah. Anda bisa membasahi handuk dengan air yang sangat hangat lalu menempelkannya ke wajah. Pastikan airnya tidak terlalu panas karena bisa membakar kulit wajah. Anda juga bisa tambahkan irisan jahe segar ke dalam air hangat sebelum membasahi handuk dengan air tersebut.

3. Minyak esensial eukaliptus

Minyak eukaliptus terbuat dari daun-daun pohon eukaliptus. Minyak esensial ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk manfaat penyembuhannya. Menghirup minyak esensial eukaliptus untuk mengurangi inflamasi pada dinding dalam hidung dan memudahkan pernapasan. Anda bisa melakukannya cukup dengan menaruh beberapa tetes minyak eukaliptus ke dalam semangkuk air panas yang baru mendidih, kemudian hirup uapnya.

4. Minum obat alergi

Adakalanya masalah hidung mampet disebabkan oleh reaksi alergi. Karena itu obat alergi yang mengandung antihistamin mungkin bisa menghambat reaksi alergi ini.

Jika Anda yakin bahwa gejala ini disebabkan oleh alergi, sebelum minum obat antihistamin pastikan dulu sudah membaca seluruh petunjuk di kemasan dan pahami apa saja efek sampingnya. Beberapa jenis obat alergi bisa menimbulkan kantuk, jadi jangan menyetir setelah minum obat ini.

5. Minum obat dekongestan

Obat dekongestan bisa menjadi pilihan untuk mengatasi hidung tersumbat. Obat jenis ini bekerja dengan mendesak penyempitan pembuluh darah dalam hidung. Dengan begitu pembengkakan pada dinding dalam hidung juga mengecil dan pernapasan jadi lebih plong.

Baca juga:  Cara Pijat Refleksi Atasi Hidung Tersumbat

Dekongestan tersedia dalam bentuk pil dan semprotan hidung. Dekongestan dalam bentuk semprotan bekerja lebih cepat karena mereka tidak perlu diserap oleh lambung terlebih dulu. Sebelum mengonsumsi obat dekongestan, ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter, khususnya bagi yang mengidap darah tinggi.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan obat ini adalah kenaikan detak jantung, sakit kepala, dan mulut kering. Semprotan hidung dekongestan juga mungkin menyebabkan bersin dan rasa panas di dalam hidung

6. Banyak minum air

Memastikan bahwa kebutuhan cairan tetap terpenuhi sangat penting demi mengatasi hidung tersumbat. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, lapisan mukus (lendir) akan cepat mengalir keluar dari dalam hidung, sehingga mengurangi tekanan pada sinus. Jika tekanan berkurang, maka inflamasi serta iritasi juga akan mereda.

7. Cara-cara lain

Masalah ini umum dialami orang-orang, jadi ada banyak sekali cara mengatasi hidung tersumbat yang telah dicoba dan diakui mujarab untuk meredakannya. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Lobak pedas—mengemil sayuran pedas ini diyakini oleh beberapa orang ampuh untuk membersihkan saluran hidung.
  • Akupresur sendiri—coba tekan titik akupresur di bagian jembatan hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk. Di saat yang sama, tekan bagian otot di kedua sisi belakang leher dengan tangan yang satu lagi.
  • Pijat wajah—pijat area sinus dengan jari-jari untuk meringankan hidung tersumbat.
  • Cuka apel—campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air dan minumlah.
  • Teh peppermint—kandungan mentol di dalam teh ini diyakini sanggup mengurangi penyumbatan hidung.

Untuk menemukan cara mengatasi hidung tersumbat yang ampuh, adakalanya Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkannya. Kadang kala masalah ini hanyalah salah satu gejala dari masalah kesehatan lain yang lebih serius. Bagian berikutnya akan menjelaskan beberapa penyebab hidung tersumbat.

Penyebab-Penyebab Hidung Tersumbat

Dalam banyak kasus, hidung mampet hanyalah problem sementara yang akan hilang setelah penyebabnya diatasi. Beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan hidung tersumbat:

  • Infeksi Virus
    Pilek yang disebabkan oleh infeksi virus adalah salah satu penyebab hidung tersumbat yang paling sering. Ada beberapa macam virus yang dapat menyebabkan pilek, dan rhinovirus adalah yang terutama. Gejala-gejala lain yang menyertai pilek adalah bersin, sakit tenggorokan, dan batuk.
  • Rhinitis Alergi
    Rhinitis alergi terjadi jika sistem kekebalan tubuh terlalu bereaksi terhadap zat-zat yang biasanya tidak berbahaya. Pemicu alergi ini antara lain serbuk sari tanaman, debu, dan bekas kulit dari binatang peliharaan. Di samping hidung tersumbat, gejala-gejala yang menyerati adalah bersin, hidung meler, dan mata terasa gatal.
  • Rhinitis Akibat Kerja
    Mirip seperti rhinitis alergi, tetapi jenis rhinitis ini berkembang sewaktu seseorang bereaksi terhadap zat-zat di lingkungan kerjanya. Gejala-gejala yang ditimbulkannya adalah hidung tersumbat, mata terasa gatal, dan batuk. Orang yang bekerja di sekitar bahan-bahan kimia, debu kayu, dan biji-bijian mungkin rentan memiliki rhinitis jenis ini.
  • Rhinitis Kehamilan
    Kehamilan memengaruhi banyak bagian tubuh Anda, termasuk hidung. Selama kehamilan, hormon progesteron dan estrogen meningkat sehingga tekanan darah pun meningkat yang menyebabkan pembengkakan di membran mukus dalam hidung. Gejala yang menyertainya adalah hidung mampet dan bersin.
  • Rhinitis Atrofi
    Tipe rhinitis ini terjadi jika ada penipisan dan pengerasan membran mukus di dalam hidung. Penipisan pada jaringan-jaringan dalam hidung memudahkan bakteri untuk berkembang lalu menimbulkan infeksi. Di dalam hidung mungkin juga terbentuk kerak-kerak. Masalah ini paling umum dialami oleh orang yang pernah menjalani beberapa kali operasi hidung.
Baca juga:  Hidung Tersumbat, Kenali Penyebabnya & Atasi Tanpa Obat

Walaupun kadang sangat mengesalkan, tetapi masalah hidung tersumbat sering kali bukanlah gejala yang perlu dikhawatirkan. Namun tetap saja adakalanya Anda perlu periksa ke dokter untuk mengatasi hidung tersumbat, terutama jika masalah ini tidak kunjung membaik.

Waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk membaik dari problem ini bisa berlainan, bergantung pada penyebabnya. Tetapi sebagian besar orang biasanya pulih setelah 10 hari. Jika gejala ini tetap ada selama lebih dari 10 hari, sebaiknya cari bantuan dokter untuk mengatasi hidung tersumbat.