5 Titik Pijat Refleksi untuk Atasi Hidung Tersumbat


By Fery Irawan

Hidung tersumbat dan kesulitan bernapas bisa sangat menyiksa. Ini tidak hanya terjadi ketika flu menyerang, tetapi juga saat timbul reaksi alergi.

Ketika alergi atau virus menyerang, saluran pencernaan bisa jadi mengalami inflamasi/radang sehingga terjadi pembengkakkan. Radang juga dapat menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak.

Keduanya, baik pembengkakan maupun produksi lendir yang berlebih, dapat menutup saluran nafas. Kesulitan bernafas inilah yang bisa sangat menyiksa penderitanya.

Pijat refleksi untuk atasi hidung tersumbat merupakan cara yang tepat untuk membuka sumbatan pada sinus, namun tentu saja tidak akan menyembuhkan penyebab problem itu sendiri.

Karena itu, pijat refleksi bukanlah pengobatan primer untuk problem sinus, sebaliknya hanya meringankan gejalanya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan untuk penyebab problem kesehatan Anda.

Penyebab Hidung Tersumbat Sering Berasal dari Sinus

Masalah hidung tersumbat sering berasal dari sinus, yaitu jaringan kecil berongga di dalam tengkorak. Letaknya ada di belakang tulang pipi dan dahi, membuka ke dalam rongga hidung.

Jaringan di dalam sinus menghasilkan lendir, yang biasanya mengalir ke hidung. Kadang jaringan ini bisa mengalami peradangan dan membengkak dengan cairan.

Sinus yang meradang tidak dapat menguras cairannya dengan baik, sehingga lendir dan cairan lain dapat menumpuk di hidung. Penumpukan cairan inilah yang menyebabkan hidung tersumbat.

Peradangan sinus yang mengakibatkan hidung tersumbat dapat disebabkan oleh infeksi virus pernapasan atau akibat paparan alergen (pemicu alergi) atau iritan (pemicu iritasi).

Bagaimana Cara Pijat Refleksi untuk Atasi Hidung Tersumbat?

Mengingat masalah hidung tersumbat sering kali disebabkan oleh masalah pada sinus, maka cara pijat refleksi untuk atasi hidung tersumbat dapat dilakukan pada titik-titik pijat untuk sinus. Pijat refleksi untuk sinus dipercaya dapat melancarkan aliran darah, mengendurkan otot-otot, dan membantu mengeluarkan lendir dari sinus.

Anda bisa melakukan sendiri pijat refleksi untuk sinus, hanya butuh beberapa menit saja. Berikut cara pijat refleksi untuk atas hidung tersumbat:

  • Gunakan cermin untuk membantu menemukan titik-titik pijat refleksi pada wajah Anda.
  • Berikan tekanan pijat yang kuat tetapi lembut pada titik-titik tersebut selama sedikitnya 3 menit. Anda dapat memijat menggunakan jari, jempol, atau benda tipis dan tumpul seperti ujung penghapus pensil.
  • Ulangi sepanjang hari selama beberapa hari.

Anda dapat melakukan pijatan dengan cara menekan titik-titik pijat refleksi atau menggosok atau memutar jari dengan lembut dengan gerakan melingkar di atas area tersebut. Atau Anda dapat menemui ahli pijat refleksi yang sudah berpengalaman atau yang sudah bersertifikat.

5 Titik Pijat Refleksi untuk Atasi Hidung Tersumbat

Berikut adalah sejumlah titik pijat refleksi untuk mengatasi masalah pada sinus, yang juga bermanfaat untuk melegakan hidung tersumbat.

1. Titik LI20

Titik LI20 terdapat di kedua samping lubang hidung, tepat di samping cuping hidung Anda. Untuk cara pijat refleksi pada titik ini, letakkan satu jari di kedua sisi cuping hidung Anda dan beri tekanan.

Titik Pijat Refleksi untuk Atasi Hidung Tersumbat
Credit: Diego Sabogal – Healthline

2. Titik BL2

Titik BL2 terdapat di antara pangkal hidung dan sisi dalam kelopak mata atas. Untuk cara pijat refleksi pada titik ini, gunakan kedua tangan untuk meletakkan jari telunjuk di atas pangkal hidung. Geser jari ke dalam ruang kosong kecil di antara alis dan hidung. Istirahatkan jari di sini. Anda seharusnya bisa merasakan kekencangan tulang alis Anda.

Credit: Diego Sabogal – Healthline

3. Titik Yintang

Titik Yintang (GV24.5) berada di antara kedua alis, di tengah-tengah. Untuk mencari titik pijat refleksi untuk atasi hidung tersumbat ini, coba letakkan satu atau dua jari di antara kedua alis. Lalu temukan area tepat di atas batang hidung, dimana dahi terhubung dengan hidung. Berikan tekanan atau gosok area tersebut selama beberapa menit.

Credit: Diego Sabogal – Healthline

4. Titik SI18

Titik SI18 berada di kedua sisi hidung, tepat di bawah tulang pipi. Untuk cara pijat refleksi untuk atasi hidung tersumbat pada titik ini, coba letakkan jari telunjuk dari kedua tangan di tepi luar setiap mata. Lalu geser jari ke bawah sampai Anda bisa merasakan bagian bawah tulang pipi. Area ini harus sejajar dengan tepi bawah hidung. Beri tekanan pada titik-titik ini secara bersamaan atau satu per satu.

Credit: Diego Sabogal – Healthline

5. Titik GB20

Titik GB20 berada di lekukan bagian belakang kepala, tempat dimana otot leher menempel dengan kepala. Untuk cara pijat refleksi pada titik ini, coba genggam kedua tangan di belakang kepala. Lalu geser ibu jari ke atas dan ke bawah untuk menemukan lekukan tepat di belakang telinga di dasar tengkorak. Berikan tekanan di sini menggunakan kedua ibu jari.

Cara Pijat Refleksi untuk Atasi Hidung Tersumbat
Credit: Diego Sabogal – Healthline

Melakukan Pijat Refleksi dengan Teknik Thumb Walking

Anda dapat mencoba teknik yang dinamakan ‘thumb walking’. Thumb walking adalah teknik melakukan pijat pada titik-titik refleksi, misalnya titik sinus, menggunakan jempol secara perlahan dengan gerakan lurus. Ini biasanya tidak terasa sakit tetapi cukup efektif untuk mencapai simpul sarafnya.

Lakukan pijat refleksi dengan mengunakan jempol pada satu titik, lalu pindah ke titik di sebelahnya dengan hanya menggeser jari Anda. Tidak perlu berangkat terlalu jauh dari titik sebelumnya sehingga setelah pindah titik beberapa kali, seolah-olah akan ada jalur di kaki yang Anda pijat.

Perhatikan untuk tidak melakukan tekanan yang terlalu kuat sejak awal. Yang sakit tentu sudah cukup tersiksa dengan penyakitnya dan tidak butuh ‘rasa sakit’ tambahan dari pijatan Anda. Lakukan pijat perlahan terlebih dahulu, lalu jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa mulai memberikan pemijatan yang lebih intens.

Tips Lain untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain dengan cara pijat refleksi untuk atasi hidung tersumbat, ada sejumlah tips praktis lain yang membantu melegakan pernapasan dari hidung Anda.

  • Obat Dekongestan: Obat ini membantu meredakan sumbatan di hidung dan nyeri di sinus dengan mengurangi aliran darah dan pembengkakan pada membran sinus.
  • Semprotan hidung (nasal spray): Semprotan hidung mengandung saline untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang terperangkap dalam hidung. Beberapa jenis semprotan ini juga mengandung kortikosteroid, yang dapat mengurangi peradangan pada sinus.
  • Humidifier: Ini adalah alat yang menambahkan kelembapan ke udara. Meningkatkan kelembapan dalam ruangan dapat membantu melegakan hidung tersumbat.
  • Menghirup uap panas: Uap memberikan kehangatan dan kelembapan yang dapat membuka saluran hidung dan meredakan tekanan sinus yang menyakitkan. Anda dapat menghirup uap saat mandi air panas.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara pijat refleksi untuk atasi hidung tersumbat. Memang pijat refleksi dapat membantu melegakan hidung tersumbat, tetapi cara ini tidak dapat mengobati penyebab dari gejala tersebut.

Jadi apabila gejala hidung tersumbat tidak membaik atau semakin parah, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya lalu memberikan perawatan yang sesuai.

Sumber

Healthline. How to Use Pressure Points for Sinus Relief. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-sinus

Medical News Today. What to know about sinus massage. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sinus-massage

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>