Gejala Meningitis, Kenali Sekarang Sebelum Terlambat

338

Diedit:

Meningitis merupakan gejala peradangan terkait lapisan selaput pelindung jaringan otak juga sumsum tulang belakang, dan menyebabkan eksudasi berupa serosa atau pus – Dikarenakan virus dan bakteri. Penyakit Meningitis ini sendiri bisa disebabkan karena mikroorganisme, luka fisik, jamur, kanker, dan pemakaian obat-obatan tertentu.

Selain itu, Meningitis juga diakibatkan karena parasit yang telah menyebar pada darah kemudian melebur di cairan otak seseorang. Meningitis dapat dikategorikan sebagai penyakit serius dan berbahaya, sehingga jika Anda mengetahui gejala Meningitis terjadi pada diri Anda, maka Anda harus segera memberikan penanganan yang benar.

Ini semua mengingat bahwa penyakit Meningitis dekat dengan tulang belakang dan otak, dan karenanya bisa beresiko kerusakan gerak, pikiran, bahkan mengakibatkan nyawa melayang. Mari baca selengkapnya.

Penanganan yang Berbeda

Pasien yang telah didiagnosa terjangkit penyakit Meningitis ini sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut – Ini berlaku untuk pasien Meningitis yang disebabkan karena virus, jamur, ataupun bakteri, semuanya sama.

Tetapi memang penyebab pasti mengapa Meningitis menyerang Anda juga harus diketahui dengan pasti, dikarenakan antara penyakit Meningitis yang diakibatkan oleh hal yang berbeda maka penanganan atau terapi yang harus dilakukan juga berbeda, disesuaikan dengan penyebabnya masing-masing.

Gejala Meningitis pada Anak-Anak

Penyakit Meningitis tak hanya dapat menyerang orang dewasa saja, melainkan juga dapat menyerang anak-anak dan bayi. Untuk gejala dari anak yang terserang Meningitis adalah sebagai berikut ini:

  • Menangis terus menerus
  • Anak bisa merasa gelisah dan tak mau disentuh
  • Anak terlihat kurang responsif dan bingung
  • Demam tinggi pada tangan – Kaki anak juga terasa dingin
  • Untuk kasus beberapa anak, mereka mudah mengantuk juga sulit untuk dibangunkan
  • Timbul ruam merah yang tak bisa hilang saat gelas digulirkan dan sedikit ditekan pada bagian atasnya
Baca juga:  Akibat Meningitis Pada Otak Penderitanya

Gejala Meningitis pada Orang Dewasa

Keenam gejala yang disebutkan sebelumnya merupakan gejala Meningitis pada bayi dan anak-anak yang berusia masih kecil. Sementara itu, untuk orang dewasa dan anak-anak dengan usia yang lebih besar, gejalanya adalah seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Leher terasa kaku
  • Sakit kepala parah
  • Muntah-muntah
  • Sensitif pada cahaya atau disebut juga photophobia
  • Napas menjadi cepat
  • Demam tinggi dengan suhu 38 derajat C bahkan lebih
  • Muncul ruam pada kulit dengan rupa bintik merah yang tersebar – Untuk gejala yang terakhir ini tak selalu terjadi pada semua penderita penyakit Meningitis, hanya beberapa kasus saja

Tipe Penyakit Meningitis

Sebagai tambahan informasi untuk Anda, penyakit Meningitis terbagi menjadi 2 type, yakni:

  • Meningitis virus. Meningitis yang disebabkan karena infeksi virus, dan dapat menyebar melalui bersin, lingkungan tak higienis, dan batuk
  • Meningitis bakterialis. Meningitis yang disebabkan karena bakteri. Contoh bakteri yang menyebabkan penyakit Meningitis ini yaitu Neisseria Meningitidis, dikenal juga dengan Streptococcus Pneumoniae. Penyebarannya dapat melalui kontak dengan jarak dekat.

Herbal untuk Membantu Pengobatan Meningitis

Chlorella merupakan herbal yang efektif untuk menyembuhkan penyakit Meningitis yang diderita seseorang. Chlorella merupakan sebuah tanaman kecil yang memiliki kandungan klorofil yang lebih banyak dibandingkan jenis tanaman yang lainnya.

Klorofil itu memiliki kandungan lebih dari 20 vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam chlorella ini juga dapat diserap dengan mudah oleh tubuh, kemudian dicerna dengan sempurna.

Penyakit Meningitis merupakan penyakit yang serius dan tak boleh dianggap enteng, jika dibiarkan bisa mengakibatkan kematian. Penyakit ini juga bisa menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak, termasuk bayi juga, namun dengan tanda-tanda yang berbeda. Sekian artikel tentang gejala meningitis, kenalilah sekarang sebelum terlambat.

Baca juga:  Apa Penyebab Meningitis?
Advertisement
Alinesia