Enzim Pangkal Kunci Kesehatan yang Diperlukan Tubuh

288

Diedit:

Tentu Anda dapat menebak salah satu faktor penentu atau kunci kesehatan terletak pada enzim yang diperlukan tubuh. Secara umum enzim dikenal sebagai katalis protein yang dibentuk dalam sel makhluk hidup, dengan demikian tubuh memerlukan unsur yang dibutuhkan ini untuk tetap bertahan hidup. Enzim adalah salah satu zat yang dihasilkan oleh setiap makhluk hidup, baik itu tumbuhan atau hewan. Sebagai contoh: kuncup sebuah tanaman berbiji yang bertumbuh menjadi daun, hal ini dimungkinkan karena adanya enzim. Demikian juga dengan metabolisme tubuh manusia!

Fungsi enzim tidak segitu saja, dalam sistem pencernaan dan penyerapan, atau pun detoksifikasi racun juga melibatkan enzim. Ada hampir 5000 jenis enzim yang bekerja dalam tubuh manusia. Bila dilihat dari caranya enzim terbentuk, ada 2 kategori, yaitu; enzim yang dihasilkan dalam tubuh dan enzim yang berasal dari makanan (luar tubuh). Ada 3000 jenis enzim yang dibentuk dalam tubuh, khususnya oleh bakteri usus. Apabila Anda mengonsumsi makanan segar yang banyak mengandung enzim tentu akan membantu produksi enzim yang ada di dalam tubuh, seperti sayuran tanpa pestisida.

Walaupun Anda dapat meningkatkan enzim yang ada dalam tubuh, Anda juga perlu waspada terhadap aktivitas atau pola hidup yang dapat mengurangi jumlah enzim yang terdapat dalam tubuh Anda. Apa sajakah itu? Konsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok adalah hal yang umum dilakukan oleh banyak orang. Selain itu, siapa yang sangka jika makan berlebihan dan penggunaan obat-obatan secara berlebihan juga turut menguras cadangan enzim yang ada dalam tubuh Anda. Belum lagi, kondisi atau lingkungan yang menyebabkan stres – hal ini semua tentu dapat berakibat buruk.

Hentikan kebiasaan makan-makanan yang hampir basi, karena ini dapat meningkatkan produksi racun dalam usus besar, sehingga tubuh harus mengeluarkan lebih banyak enzim guna menetralisasinya dalam proses detoksifikasi. Hal lainnya yang sering diabaikan karena tidak terlihat adalah paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dari matahari dan gelombang elekromagnetik atau radiasi dari berbagai alat elektronik yang memancarkan sinyal, seperti telepon genggam. Mengapa? Karena aktivitas yang tidak kelihatan ini dapat memicu terjadinya radikal bebas, sehingga daya tahan tubuh melemah.

Baca juga:  Enzim Pangkal Enzim Ajaib yang Dapat Beradaptasi

Jumlah enzim yang banyak akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan pola hidup yang tidak sehat akan menurunkan jumlah enzim dan meningkatkan resiko serangan penyakit. Energi hidup akan bertambah apabila banyak enzim tersimpan dalam tubuh Anda – inilah kunci yang membuat Anda dapat bertahan dan tak mudah jatuh sakit. Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk menciptakan suatu lingkungan yang sehat dalam sistem pencernaan Anda, sehingga bakteri baik yang ada dalam tubuh dapat menghasilkan enzim. Juga, hindari peningkatan kadar stres yang tidak perlu!

Advertisement
Alinesia