Centenarian Kunci Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur

407

Diedit:

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai enzim, mari kita perhatikan apa yang dimaksud dengan hidup sehat dan panjang umur! Ya, semua orang menginginkan hidup yang panjang. Seberapa lama jangka waktu hidup yang Anda inginkan 70 tahun, 80 tahun atau 100 tahun?

Timbul satu pertanyaan, apakah mungkin seseorang dapat hidup sampai umur 100 tahun? Hal ini terdengar mustahil, namun tidak demikian dengan para ‘centenarian’ – mereka bukanlah tokoh dalam sebuah film fiksi ilmiah ataupun film aksi. Para ‘centenarian’ memang nyata, sama seperti manusia normal lainnya, perbedaannya hanyalah pada usia mereka yang cukup lama. Apakah ada buktinya? Sebuah penelitian centenarian tahun 2006 yang dipimpin oleh Dr. Makoto Suzuki memperlihatkan ada 740 orang centenarian dari 1,3 juta penduduk di kepulauan Okinawa saat itu.

Apa yang menyebabkan mereka memiliki umur yang luar biasa panjang? Faktor genetika memiliki peranan penting, kebanyakan para centenarian di Okinawa adalah wanita. Namun, bukan berarti para centenarian hanya ada di sana saja. Anda dapat menemukan mereka di beberapa tempat yang tersebar di belahan bola bumi ini, misalnya; seorang wanita asal Kanada, bernama Muriel Duckworth. Atau, seorang pria asal Kamboja, bernama Chau Sen Cocsal Chhum.

Selain itu, faktor pola hidup adalah kunci lainnya yang membuat mereka dapat hidup lebih lama. Di usia yang sudah lanjut, mereka tetap melakukan aktivitas fisik yang dapat mereka lakukan, seperti; berkebun, berjalan dan melakukan tari-tarian. Mereka terbebas dari jerat kebiasaan merokok, bermabuk-mabukan dan makan berlebihan. Tak ada pil ajaib atau ramuan khusus yang membuat mereka panjang umur. Asupan makanan yang mereka konsumsi mengandung serat alami, omega 3, rendah kalori dan banyak nutrisi. Mereka tahu waktunya untuk mengatakan tidak, sebelum kenyang!

Selain beberapa hal diatas, masih ada kunci lainnya yang membuat mereka tidak sekadar panjang umur, tapi juga sehat? Mengapa ini penting? Bayangkan Anda memiliki umur hingga 80 tahun bahkan 100 tahun, namun sakit-sakitan. Apakah Anda dapat menikmati kehidupan selama sisa hidup Anda? Itukah yang Anda inginkan, tentu tidak! Maka dari itu seperti sebuah pepatah latin yang mengatakan ‘Mens sana In Corpore Sano’ artinya ‘di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat’, para centenarian selalu optimis. Ini membuat mereka terhindar dari stres yang memicu timbulnya penyakit.

Apa yang dapat Anda simpulkan? Walau faktor genetika adalah kunci utama untuk memiliki umur lebih dari 100 tahun, namun jangan abaikan faktor lainnya yang dapat Anda lakukan sejak sekarang. Banyak bukti memperlihatkan bahwa menerapkan pola hidup sehat, sangat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas kehidupan hingga detik-detik terakhir. Apakah ini sulit? Dengan tekad yang kuat Anda bisa mewujudkannya! Apakah ada kata terlambat untuk memperpanjang kehidupan Anda? Kata ini hanya terucap, jika Anda tidak pernah menjalaninya dengan maksimal!

Advertisement
Alinesia