• Home
  • Blog
  • Manggis
  • Cara Membuat Jus Kulit Buah Manggis yang Sarat Khasiat Kesehatan

Cara Membuat Jus Kulit Buah Manggis yang Sarat Khasiat Kesehatan


By Fery Irawan

Manggis dijuluki sebagai “ratu dari segala buah” dan memiliki kandungan gizi yang padat serta memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Tak hanya bagian buahnya, kulit manggis pun dipercaya sarat akan manfaat. Tak heran jika banyak yang ingin tahu cara membuat jus kulit buah manggis.

Kenapa kulitnya, buah buahnya? Dalam artikel “11 Potensi Manfaat Kulit Manggis” dibahas bahwa bagian kulit buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengoptimalkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan jantung, mengendalikan kadar kolesterol, hingga mencegah kanker.

Bagian kulit buah manggis sudah umum dijadikan obat tradisional, dan sudah ada banyak produk ekstrak kulit manggis beredar di pasaran.

Mengingat tentunya tak akan enak rasanya kalau Anda mengonsumsi kulit buah manggis yang kaya akan kandungan xanthone ini secara mentah-mentah, makanya jalan terbaiknya adalah dengan dibuat jus.

Dengan dibuat jus, apalagi dengan dicampur berbagai buah-buahan segar lainnya membuat rasa kulit manggis yang sepat dan pahit akan sedikit diminimalisir. Bahkan, Anda bisa membuat jus kulit buah manggis yang bisa membuat ketagihan.

Bagaimana Cara Membuat Jus Kulit Buah Manggis?

Mari perhatikan cara membuat jus kulit buah manggis, mulai dari bahan-bahannya, cara pengolahannya, aturan konsumsinya, serta pengingat-pengingat penting tentang konsumsi jus kulit manggis.

Bahan-Bahan untuk Jus Kulit Manggis

Berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan untuk memulai membuat jus kulit buah manggis.

  • Beberapa buah manggis (disesuaikan dengan kebutuhan, bisa 2-3 butir).
  • 1 gelas air matang.
  • Madu secukupnya.
  • Gula yang memiliki kandungan kalori rendah (kalau bisa gula aren).
  • Blender.

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus

Setelah bahan-bahan di atas Anda persiapkan, maka selanjutnya ialah mulai membuat jus kulit buah manggis. Berikut adalah cara  membuat jus kulit buah manggis yang harus Anda lakukan.

  • Keroklah kulit buah manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Dalam tahapan ini, Anda harus pandai memilih buah manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang berkualitas tinggi. Saat melakukan pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.
  • Setelah hasil kerokan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya ialah merebus kulit buah manggis tersebut. Langkah ini sebenarnya alternatif kalau Anda tidak mau rasa jusnya terlalu pekat dan pahit. Dengan direbus terlebih dahulu, maka rasa sepat dan pahit bisa diminimalisir. Disarankan untuk tidak membuang air rebusan kulit manggis tersebut dan sebaiknya simpanlah sisa air rebusan tersebut didalam kulkas, untuk digunakan lagi pada lain kesempatan. Bahkan beberapa herbalis menganjurkan untuk menggunakan air rebusan tersebut sebagai instrumen terapi pengobatan beberapa penyakit.
  • Masukkanlah hasil kerokan kulit buah manggis atau air rebusan kulitnya (jika memakai langkah yang kedua) kedalam blender, tambahkan air matang sebanyak satu gelas, dan gula aren. Anda juga bisa mencampurkan madu dan beberapa buah sesuai selera Anda seperti alpukat, mangga, sirsak dan lainnya untuk mengurangi rasa sepat dan pahit.
  • Jus kulit buah manggis pun telah siap diminum. Sisanya Anda bisa menyimpannya  ke dalam wadah yang memiliki penutup, seperti botol, tupperware, dan simpanlah di dalam lemari es (kulkas).

Aturan Konsumsi Jus Kulit Manggis:

Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.

Pengingat-pengingat yang patut diperhatikan:

  • Sebagaimana diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak, begitu pula dengan jusnya. Oleh sebab itu, Anda dipersilakan untuk melakukan improvisasi sendiri baik itu dengan mencampurkan buah-buahan lainnya, mencampurkan cuka apel, perasan jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus ini terasa lebih enak dan tidak membuat eneg.
  • Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kulit buah manggis ini dalam keadaan perut yang masih kosong (diminum setelah makan).
  • Yang patut diketahui juga bahwa permukaan jus kulit buah manggis akan menghitam kalau terkena udara (makanya disarankan untuk disimpan di tempat tertutup).
  • Pada awal pemakaian, sangat mungkin perut Anda akan merasa mual dan tidak enak. Namun, hiraukan saja karena tidak berbahaya. Jika sudah rutin dilakukan, Anda akan terbiasa dan perut bisa menerimanya dengan legowo.

Jus kulit buah manggis bukanlah sembarang jus. Namun jus yang memiliki kandungan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang mengonsumsinya. Bagian berikut akan mengupas sejumlah manfaat kesehatan dari kulit buah manggis.

Ilustrasi Cara Membuat Jus Kulit Manggis
Kulit dari Buah Manggis Sarat Manfaat Kesehatan (Credit Photo: phloen – Shutterstock)

Manfaat Kesehatan dari Kulit Buah Manggis

Ada beragam manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan Anda. Penelitian telah melaporkan bahwa kulit manggis mengandung berbagai senyawa bioaktif yang berpotensi dalam pengobatan, antara lain asam fenolik, tanin, xanthine, antosianin, dan senyawa-senyawa bioaktif lainnya.

Senyawa-senyawa tersebut memiliki berbagai efek pengobatan seperti aktivitas antioksidan, anti-mikroba, dan anti-inflamasi. Berikut di bawah ini adalah sejumlah manfaat kesehatan dari kulit buah manggis.

Membantu Mencegah Kanker

Kulit manggis mengandung antioksidan yang membantu mengatasi radikal bebas pemicu pertumbuhan sel-sel kanker. Juga ada kemampuan anti-proliferasi untuk membantu memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya ini.

Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh

Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang membantu memperkuat kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang optimal dapat membantu melindungi Anda dari infeksi virus, bakteri, dan kuman penyebab lainnya.

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Alasan lain untuk tahu cara membuat jus kulit buah manggis adalah karena manfaatnya untuk mengendalikan kolesterol. Kulit manggis membantu menurunkan kadar total kolesterol dan kadar kolesterol “jahat” LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL.

Memelihara Kesehatan Jantung

Kulit manggis dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol, yang turut menjaga kesehatan jantung. Bila penumpukan plak kolesterol di pembuluh jantung bisa dihindari, maka jantung akan terus bekerja dengan optimal.

Mengingat adanya beragam manfaat kesehatan dari kulit manggis, tidak heran jika banyak orang ingin mencari tahu cara membuat jus kulit buah manggis.

Namun sampai saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan dari konsumsi kulit buah manggis.

Oleh karena itu jika Anda ingin mengonsumsi jus kulit manggis untuk membantu pengobatan suatu masalah kesehatan, disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter.

Dan pastikan agar tidak berlebihan mengonsumsinya, supaya mendapat manfaatnya bagi kesehatan tanpa efek negatif bagi tubuh. Selamat mencoba cara membuat jus kulit buah manggis ini!

Sumber

Suttirak, W., & Manurakchinakorn, S. (2014). In vitro antioxidant properties of mangosteen peel extract. Journal of food science and technology, 51(12), 3546–3558. https://doi.org/10.1007/s13197-012-0887-5

Hariyanto Raharjo, Loo & Monica, Monica. (2017). Effect of Mangosteen’s fruit peel extract toward to total cholesterol, LDL, HDL serum in rats were given by used cooking oil. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma. 4. 45. http://dx.doi.org/10.30742/jikw.v4i2.13

Alodokter. Inilah 5 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya. https://www.alodokter.com/klaim-manfaat-kulit-manggis-dan-kebenarannya

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>