Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Manfaat Kulit Manggis Manfaat Kulit Manggis Pexels

11 Potensi Manfaat Kulit Manggis untuk Mengoptimalkan Kesehatan

Siapa tak kenal buah manggis? Buah yang punya julukan “ratu dari segala buah” ini sudah berabad-abad digunakan secara alami untuk mengatasi beragam masalah kesehatan oleh orang-orang di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bukan hanya daging buahnya saja, bagian kulit manggis juga dimanfaatkan sebagai obat.

Selain dimanfaatkan secara tradisional, banyak juga yang mengolahnya menjadi produk herbal ekstrak kulit manggis yang beredar di pasaran. Sebenarnya apa saja potensi manfaat kulit manggis bagi kesehatan? Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Mencegah Kanker

Kulit manggis mengandung antioksidan yang berguna dalam mengatasi serangan radikal bebas pemicu pertumbuhan sel-sel kanker. Selain sebagai pencegah pertumbuhan kanker, beberapa orang juga memanfaatkan kulit manggis untuk membantu pengobatan kanker.

Kulit manggis mempunyai kemampuan anti-proliferasi yang berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan serta perkembangan dari sel-sel kanker. Kemampuan ini tentunya membantu dalam pengobatan kanker.

Akan tetapi Anda tidak dianjurkan untuk hanya mengandalkan kulit manggis dalam mengobati kanker, karena herbal itu tidak cukup efektif untuk membunuh sel kanker sendirian. Oleh sebab itu harus tetap diimbangi dengan pengobatan medis.

Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh

Di dalam kulit manggis terdapat kandungan vitamin C dosis tinggi yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C membantu mengaktifkan kekebalan tubuh sehingga jika terjadi infeksi kuman yang berbahaya, maka kekebalan tubuh sudah siap membasminya.

Bagi yang sedang dalam masa pemulihan dari penyakit, khasiat kulit manggis juga bagus untuk meningkatkan kemampuan tubuh mereka dalam menyembuhkan diri.

Melancarkan Pencernaan

Kulit manggis memiliki serat dalam kadar tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit/konstipasi. Kandungan serat tersebut akan mendorong proses penyerapan nutrisi dari makanan oleh usus dan mendorong keluar sisa-sisa pencernaan makanan.

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kulit manggis mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL sekaligus menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL, juga kadar trigliserida darah. Kemampuan ini dimilikinya berkat kandungan serat di dalamnya.

Serat ini membantu mengikat serta membawa kolesterol agar bisa secepatnya diubah menjadi asam empedu lalu dikeluarkan dari dalam tubuh. Dengan begitu kolesterol tidak menumpuk di pembuluh darah yang akan mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya.

Memelihara Kesehatan Jantung

Karena terdapat manfaat kulit manggis untuk mengendalikan kadar kolesterol, maka hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jika penumpukan plak kolesterol di pembuluh darah jantung bisa dihindari, maka kinerja jantung akan tetap optimal.

Disamping itu, kulit manggis juga mengandung zat aktif yang berguna sebagai kardioprotektor, atau pelindung jantung, yang mampu menegah beberapa penyakit jantung, misalnya penyakit jantung rematik dan kematian mendadak pada sel-sel jantung.

Mencegah Serangan Stroke

Masih berhubungan dengan khasiat kulit manggis untuk memelihara pembuluh darah, Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya untuk mencegah stroke. Kulit manggis mengandung antioksidan yang sanggup menjaga kelenturan dinding pembuluh darah sehingga tidak mengeras. Kemampuannya ini akan mencegah serangan stroke serta berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Menjaga Kepadatan Tulang

Di dalam kulit manggis juga terkandung kalsium yang diketahui sangat penting untuk mempertahankan kepadatan tulang agar tidak mudah mengalami pengeroposan. Jika masih dalam masa pertumbuhan, konsumsi kulit manggis dapat membantu menunjang pertumbuhan agar lebih otpimal.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Selain memiliki kandungan vitamin C, ada juga kandungan vitamin B kompleks di dalam kulit manggis. Karena itu terdapat khasiat kulit manggis untuk mempertahankan serta meningkatkan stamina tubuh.

Vitamin B punya peran penting dalam proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat sehingga bisa diubah menjagi sumber energi untuk bahan bakar melakukan aktivitas serta metabolisme organ tubuh lainnya. Vitamin B juga berperan dalam memelihara koordinasi sistem saraf tubuh supaya bisa berfungsi dengan semestinya.

Memperlambat Penuaan

Kulit manggis mengandung antioksidan yang juga bagus untuk memperlambat proses penuaan. Manfaat kulit manggis ini berkat kemampuan antioksidan untuk menyingkirkan sel-sel mati kemudian mendorong regenerasi sel-sel baru. Salah satu manfaatnya bisa terasa pada kulit Anda yang diperlambat kemunculan keriput-keriput halusnya.

Mengatasi Jerawat

Kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-radang yang bagus dimanfaatkan untuk membantu mengatasi jerawat dan mencegah kemunculan jerawat. Kulit manggis juga mengandung kandungan anti-bakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang dimiliki kulit manggis dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A sudah lama dikenal sebagai vitamin yang penting untuk memelihara ketajaman penglihatan serta melindunginya dari risiko kebutaan, misalnya akibat penyakit glaukoma.


Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Kulit manggis sebaiknya tidak dimakan langsung mentah-mentah karena rasanya tidak enak dan pahit. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kulit manggis, cobalah olah sendiri dengan langkah-langkah berikut:

  • Pilih 1 – 2 buah manggis yang telah matang dan cuci sampai bersih.
  • Potong menjadi 2, lalu ambil dan pisahkan daging buah dari kulit manggis.
  • Kerok bagian dalam kulit manggis menggunakan sendok atau pisau.
  • Rebuslah kulit manggis yang sudah dikerok di dalam air untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Masukkan kulit manggis yang sudah direbus, 100 ml air rebusan tadi, 100 ml air biasa (bisa diganti es batu), dan madu secukupnya ke dalam blender. Boleh juga tambahkan buah-buahan seperti alpukat, sirsak, mangga, atau daging buah manggis itu sendiri.
  • Blender hingga semuanya bercampur halus.
  • Kini Anda bisa menikmati jus kulit manggis dengan rasa yang lebih lezat.

Sisa jus kulit manggis bisa disimpan di dalam wadah yang memiliki tutup, seperti botol atau toples, lalu taruhlah di kulkas. Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, dengan aturan 3 – 4 sendok makan setelah makan.


Berlimpahnya potensi khasiat kulit manggis menjadikannya sebagai herbal yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pengobatan berbagai masalah kesehatan. Anda bisa mencoba mengonsumsinya dengan mengolahnya menjadi jus.

Jika sudah diolah menjadi jus, terlebih sudah dicampur madu atau buah-buahan lain, maka tidak akan memiliki rasa yang terlalu pahit. Anda bisa meminumnya secara teratur dan berkala untuk mendapatkan manfaat kulit manggis yang diinginkan.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
More in this category: « Sekilas Tentang Buah Manggis
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram