Cara Cepat Atasi Kutu Air dengan Bahan Alami


By Cindy Wijaya

Sebagaimana sudah kami bahas sebelumnya, bahwa kutu air adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis jamur dermatophyter dan trichophyton . Keduanya adalah jenis jamur yang lazim hidup pada permukaan kulit dan bersifat pasif. Namun bila jamur terpapar air kotor, mereka akan menghimpun air kotor tadi dalam lepuhan tepat di bawah kulit dan menjadi aktif merusak sel kulit.

Anda sebelumnya sudah mengenal cara mengatasi kutu air secara medis, kini kami akan mengenalkan cara cepat atasi kutu air yang lain. Sebenarnya Anda jbisa temukan cara cepat atasi kutu air dengan hanya mengandalkan beberapa bahan herbal yang mudah Anda temukan dirumah atau di sekitar lingkungan Anda.

Cara alami ini bisa jadi alternatif ketika sulit bagi Anda dalam mengakses bahan pengobatan medis. Atau Anda ingin melakukan perawatan dengan cara lebih murah biaya dan alami. Dan beberapa cara cepat atasi kutu air dengan alami tersebut antara lain dengan bahan-bahan berikut ini.

Bawang putih

Selama ini memang sudah lama dikenal kandungan alisin dalam bawang putih terbukti ampuh bekerja sebagai anti inflamasi dan anti biotik. Bawang putih juga lama dikenal memiliki sulfur yang sangat efektif berfungsi sebagai anti septik. Di sinilah pula peran bawang putih dalam membantu mengatasi kutu air.

Oleskan bawang putih yang sudah Anda haluskan pada area kulit yang gatal, diamkan sepanjang malam. Bila kutu air Anda masih dalam tahap ringan, lepuhan kutu air seketika akan kempis di hari berikutnya. Namun untuk jenis yang lebih berat, Anda akan membutuhkan waktu 2 – 3 hari untuk sembuh total. Tetapi tetap gunakan bawang putih ini selama 5 hari untuk membunuh jamur hingga tuntas.

Air garam

Air garam mengandung kadar iodium tinggi yang juga bekerja ganda, sebagai anti septik serta anti jamur juga mengandung banyak agen yang membantu perbaikan sel kulit. Dengan merendam kaki yang mengalami kutu air dalam air hangat larutan garam selama 20 menit perhari, Anda akan membantu mengatasi jamur kutu air. Lakukan setidaknya selama 5 hari untuk hasil yang tuntas.

Cuka apel

Cuka apel memberi banyak manfaat dalam memerangi kutu air. Kandungan asamnya mengembalikan kadar ph kulit, sementara ketika terjadi infeksi kutu air, kadar ph kulit akan berkurang dan menyebabkan kulit terasa terlalu lembab dan sensitif terhadap gatal.

Selain itu dalam cuka terdapat kandungan asam maltat tinggi yang bekerja sebagai anti jamur efektif untuk memerangi kutu air, memasifkan akitivitasnya dan mengeringkan kulit yang lembab. Anda cukup larutkan air dengan cuka apel dalam perbandingan 1: 1. Anda gunakan larutan sebagai perendam atau kompress.

Air jeruk nipis atau lemon

Kandungan anti biotik alami dalam jeruk lemon atau nipis terbukti ampuh menurunkan keaktifan jamur penyebab kutu air. Vitamin C dalam jeruk akan meningkatkan perlawanan tubuh terhadap infeksi, mempercepat pengeringan luka atau lepuhan dan membantu mempercepat perbaikan sel kulit dengan bantuan tangerin dalam jeruk nipis atau lemon.

Daun sirih

Rebus 6 lembar daun sirih ukuran sedang dalam 4 gelas air, angkat ketika air mulai tampak keruh dan menggelap, lalu biarkan hingga menjadi hangat. Gunakan air rebusan ini untuk merendam kaki yang terkena kutu air setidaknya selama 20 menit. Terapi ini bisa Anda lakukan sebanyak 2 kali sehari dan ulangi perendaman ini selama 5 hari.

Kandungan fenol dan kavikol diketahui menjadi agen anti biotik alami yang sangat kuat. Selain itu kandungan vitamin K, polifenol, dan flavonoidnya bekerja membantu perbaikan sel dan mempercepat pengeringan luka.

Minyak kelapa murni

Anda ternyata juga bisa mengandakan minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil sebagai terapi cara cepat atasi kutu air. Cukup dengan mengoleskan area infeksi dengan kutu air dan mendiamkannya semalaman. Biasanya di hari berikutnya, kutu air akan tampak layu dan akhirnya kembali normal.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa terbukti membantu mengatasi kerusakan jaringan dengan sangat efektif, mengatasi kulit yang berkerak dan luka dengan cepat dan menjadi semacam racun bagi jamu.

Teh

Didihkan air sebanyak 1,5 liter dan masukan 2 kantung kecil atau ½ kantung besar teh tubruk ke dalamnya. Diamkan sesaat sampai air menghangat dan gunakan larutan teh kental ini sebagai perendam kaki Anda yang terinfeksi kutu air.

Perendaman selama ½ jam akan bekerja efektif mengurangi intensitas keaktifan jamur, mengeringkan lepuhan dan luka infeksi kutu air dan memberi efek racun pada jamur. Ini berkat kandungan asam tannik dalam teh yang memang berfungsi sebagai anti jamur dan anti inflamasi.

Untuk mempercepat penyembuhan kutu air, terutama bila kondisi luka yang muncul sudah lebih dalam dan melebar, sebaiknya Anda juga menambahkan sejumlah asupan untuk membantu meningkatkan imunitas.

Fungsi imunitas akan dibutuhkan untuk membantu melawan serangan jamur. Anda bisa tambahkan asupan Noni juice yang terbukti memiliki khasiat stimulan imunitas yang efektif. Kandungan terpenes dalam Noni juice juga efektif mempercepat perbaikan sel pada kulit yang terinfeksi. Ini akan meningkatkan efektifitas cara cepat atasi kutu air dengan cara alami.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}