Buah dan Sayuran dengan Kandungan Air Tertinggi

521

Diedit:

Menurut para ahli, air meliputi sekitar 60% dari keseluruhan berat tubuh kita dan bahkan otak kita hampir 75% nya adalah air. Anda pasti sudah akrab dengan anjuran minum sekurangnya 8 gelas per hari. Mungkin kedengarannya agak banyak tapi Anda tidak perlu khawatir, tidak semua air yang dibutuhkan harus diminum. Anda pun bisa mendapat banyak air dengan memakan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi.

Baik buah-buahan maupun sayuran mengandung cairan dalam jumlah besar. Apabila Anda mengonsumsinya, tubuh juga menyerap cairan. Di bawah ini dijabarkan jenis-jenis buah dan sayur yang paling banyak mengandung air.

Semangka

Kandungan air dalam semangka—yang mencapai 92 persen—termasuk di antara yang tertinggi untuk kategori buah-buahan. Meskipun semangka nikmat disantap kapanpun, namun waktu yang paling baik untuk menikmatinya adalah saat cuaca sedang terik di musim panas, saat dimana semangka mencapai puncak kemanisannya serta saat paling berair.

Stroberi

Serupa dengan semangka, stroberi pun menempati posisi tertinggi dengan kandungan air sampai 92 persen. Anda dapat membeli semangka di waktu panennya—dari akhir bulan Mei sampai akhir Juni—pada saat buah ini sedang matang-matangnya. Kalau tidak mau segera dimakan, simpanlah di dalam kulkas agar tetap bisa dinikmati meski musimnya telah habis.

Jeruk Bali

Salah satu jenis jeruk ini mendapat tuduhan yang tidak adil akibat rasanya yang terlalu asam atau pahit, tanpa mempertimbangkan kandungan airnya yang istimewa. Begitu Anda mulai menggigit isi jeruk bali yang berwarna kemerahan, Anda mulai merasakan segarnya jeruk bali karena kadar airnya mencapai 91%. Jika tidak sanggup menahan rasa masamnya, cobalah menaburkan sedikit gula di atasnya.

Tomat

Kandungan air dalam semangka masih kalah dibandingkan dengan tomat merah yang mencapai 94%. Anda boleh jadi terkejut ketika membacanya, tapi itulah faktanya. Bahkan persentase kadar air dalam tomat hijau pun lebih tinggi, sekitar 93%. Ini artinya air meliputi 115 gram dari total berat tomat yang berkisar 123 gram.

Selada dan Kubis

Kalau Anda mencari buah atau sayur lain yang berkadar air lebih tinggi dari tomat, carilah di dalam semangkuk salad. Selada memiliki persentase tertinggi, dengan angka 96%. Pilihan sayur lainnya adalah kubis yang memiliki 92-93 persen kadar air. Apabila Anda benar-benar ingin menambah asupan cairan, santaplah salad dengan perpaduan berbagai sayuran hijau. Ingat juga bahwa semakin gelap warna daunnya, semakin kaya kandungan nutrisinya.

Timun

Bahan dasar acar ini memiliki kandungan air yang sebanding dengan selada. Jadi dalam 53 gram timun, terdapat 50 gram kandungan air. Hidangkan salad bersama irisan-irisan timun supaya Anda bisa memperoleh manfaatnya. Atau, Anda bisa membuat jus timun bersama campuran bayam atau sayur kale. Tambahkan sedikit gula dan garam untuk menetralisir cita rasanya.

Tidak dapat dipungkiri, air memang sangat vital dalam kehidupan kita. Kita memerlukannya untuk mengatur temperatur, membuang sampah, serta melindungi organ dalam tubuh. Kapanpun ada kesempatan, masukkanlah buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air tertinggi seperti di atas ke dalam menu harian Anda.

Baca juga:  Apakah Benar Makan Buah Bisa Berbahaya?
Advertisement
Alinesia