Bibir Pecah-Pecah dan Kering: Penyebab dan Cara Mengobatinya

708

Diedit:

Bibir pecah-pecah, biasanya disertai bibir kering, sebenarnya apa yang menyebabkan kondisi kesehatan ini terjadi? Kenali juga bagaimana cara tepat untuk menyembuhkannya. Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting, selain untuk kecantikan dan menjadikan penampilan lebih menarik, kesehatan bibir juga akan berpengaruh pada kenyamanan Anda ketika menyantap makanan.

Selain masalah sariawan, bibir pecah akan membuat Anda kurang nyaman ketika makan. Solusi dalam mengatasi masalah yang satu ini bukanlah dengan menutupi bibir menggunakan lipstik, namun Anda harus menyelesaikan bagaimana agar bibir pecah-pecah tersebut menjadi bibir normal yang sehat dan terlihat merona indah.

Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Kering

Penyebab bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Selain itu masalah dehidrasi juga dapat menyebabkan masalah ini terjadi pada diri Anda. Bibir pecah-pecah akan membuat rasa percaya diri Anda turun drastis. Sebenarnya masalah ini tak hanya mendapat perhatian dari kaum wanita saja, melainkan juga kaum pria. Khususnya untuk seseorang yang bekerja dan bukan bekerja sebagai back office, misalnya bekerja sebagai marketing, di mana orang tersebut harus bertemu atau berinteraksi dengan orang lain dalam bekerja. Maka bibir yang terlihat pecah-pecah ini akan membuat Anda terlihat kurang menarik, dan hasil yang diperoleh pun akan kurang maksimal. Selain itu, bibir pecah-pecah juga dapat disebabkan karena pengaruh cuaca sekitar yang dingin dan kering.

Masalah bibir pecah-pecah tak boleh Anda pandang sebelah mata saja, karena jika tak segera ditangani, masalah tersebut dapat menjadi masalah kesehatan yang lebih bersifat kronis. Selain itu masalah ini dapat disebabkan karena gejala penyakit, gejala dari penyakit yang sifatnya lebih serius. Karena itu Anda harus berhati-hati juga, jangan menganggap ini adalah sebuah masalah kesehatan sepele yang dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi Anda jangan takut, karena masalah bibir pecah-pecah dapat ditangani hanya dengan menggunakan metode pengobatan rumah saja, tidak perlu menggunakan metode pengobatan yang menguras isi dompet Anda.

Baca juga:  7 Cara Membuat Scrub Bibir Alami Untuk Hilangkan Bibir Pecah-Pecah

Kumpulan Cara Alami Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Berikut di bawah ini merupakan beberapa cara atau metode alami yang dapat Anda coba dalam menyembuhkan gangguan bibir pecah-pecah yang Anda alami.

  • Madu

    Bibir pecah-pecah dapat diatasi dengan menggunakan madu. Caranya ambillah satu tetes madu menggunakan ujung jari, kemudian Anda berikan massage pada bibir yang kering, yang pecah-pecah tersebut. Dengan begitu, madu akan bisa memberikan manfaat dalam melembabkan dan juga melembutkan bibir Anda, selain itu madu juga dapat mencegah agar bibir tak mengalami keretakan.

  • Air putih

    Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu alasan juga mengapa bibir pecah-pecah dan kering. Kulit pun akan ikut tetap lembab selama Anda cukup minum air putih. Jangan mengganti air putih dengan minuman bersoda.

  • Wortel

    Dalam berhadapan dengan bibir pecah-pecah, wortel juga dapat Anda manfaatkan. Wortel bisa membantu melembabkan kulit bibir Anda, selain itu juga memerahkan bibir secara alami, dan membuang kulit mati. Untuk memanfaatkan wortel dalam mengatasi gangguan bibir pecah-pecah, Anda dapat mengolah wortel menjadi jus atau membuatnya menjadi masker wortel. Cara memanfaatkan sayur wortel yaitu parutlah wortel segar yang sudah Anda cuci bersih, parutan harus benar-benar halus. Saring airnya, ambil ampasnya. Anda bisa meminum airnya, sementara ampasnya untuk dioleskan pada bibir pecah-pecah.

  • Ekstrak lidah buaya

    Yang keempat, untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah adalah dengan menggunakan ekstrak tanaman lidah buaya. Caranya yaitu oleskan ekstrak dari lidah buaya ke bibir pecah-pecah dan kering yang Anda alami. Ambil manfaat ekstrak tanaman lidah buaya untuk membantu dalam menjaga dan melembabkan kulit bibir Anda, dan juga membuat agar kulit bibir tetap lembut.

  • Irisan mentimun

    Berikutnya adalah irisan mentimun. Mentimun merupakan sayur yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Anda dapat memassage bibir pecah-pecah menggunakan irisan mentimun, lakukan 2x per hari, hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu mentimun juga memiliki kandungan vitamin C, di mana ini bagus untuk menghilangkan bibir pecah-pecah, karena bibir akan menjadi lebih lembab.

  • Mawar

    Bunga mawar tak hanya terlihat indah, dan tidak hanya dimanfaatkan untuk dilihat saja, melainkan lebih dari itu. bibir pecah-pecah dapat diobati menggunakan bunga mawar, dengan cara membuat adonan berbahan bunga mawar yang telah dibersihkan. Adonan tersebut merupakan campuran dari bunga mawar dengan susu, jangan lupa bersihkan bunga mawar terlebih dahulu. Yang digunakan hanya kelopak bunga mawar, daunnya tidak perlu Anda pakai. Anda dapat mengoleskan adonan tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali per hari, lakukan tiap malam, sebelum Anda tidur. Adonan kombinasi bunga mawar dengan susu ini dapat menjadikan bibir agar selalu lembab, selain itu juga memiliki tingkat warna yang bagus. Bibir pecah-pecah hanya cerita lama setelah Anda menggunakan herbal ini.

Baca juga:  7 Cara Membuat Scrub Bibir Alami Untuk Hilangkan Bibir Pecah-Pecah

Anda sudah bisa melihat jika banyak sekali bahan-bahan herbal, seperti mawar hingga ekstrak lidah buaya, untuk menjadikan bibir pecah-pecah menjadi lembab dan sehat seperti sedia kala. Walaupun cuaca di sekitar kering dan dingin. Penampilan Anda pun akan terlihat semakin menarik tanpa bibir yang pecah-pecah tersebut, Anda juga akan dapat tampil dengan lebih percaya diri, selamat mencoba.