7 Cara Membuat Scrub Bibir Alami Untuk Hilangkan Bibir Pecah-Pecah


By Cindy Wijaya

Jika Anda memiliki bibir pecah-pecah, kering, dan mengelupas, mungkin jadi kurang percaya diri terhadap penampilan Anda. Nah, cobalah solusi alami dengan menggunakan beberapa bahan yang sudah tersedia di lemari dapur. Manfaatkan bahan-bahan alami ini untuk membuat sendiri scrub bibir alami.

Sama seperti wajah Anda, bibir juga perlu dikelupas secara teratur agar tetap lembut dan lentur. Pengelupasan kulit bibir adalah cara yang bagus untuk menyingkirkan serpihan, pecah-pecah, atau kulit kering dari bibir. Pengelupasan juga mengurangi bintik-bintik gelap di bibir. Setelah pengelupasan kulit, bibir akan terlihat sehat dan indah.

Berikut adalah sejumlah cara membuat scrub alami untuk memperoleh kembali bibir yang lembut dan berwarna cerah.

1. Gula

Gula adalah bahan yang paling banyak tersedia di dapur yang dapat dijadikan scrub bibir alami. Tekstur gula yang kasar sanggup mengikis sel-sel kulit mati dari bibir. Jenis gula yang terbaik untuk scrub bibir ialah gula merah yang sedikit lebih lembut daripada gula putih. Jika bibir Anda termasuk sensitif atau gampang sakit, cobalah gula kastor yang jauh lebih halus.

Campurkan sejumput gula dengan beberapa tetes madu untuk membuat scrub bibir. Oleskan campuran kasar ini pada bibir dan gosokkan secara lembut selama 1 sampai 2 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan lembapkan dengan lip balm. Gunakan scrub alami ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

2. Stroberi

Stroberi bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati serta membuat bibir yang menghitam kembali menjadi merah muda. Juga, kandungan mineral dan vitamin stroberi sanggup menjaga bibir Anda tetap sehat dan indah.

Potong sebuah stroberi menjadi dua. Gerus setengah bagian stroberi lalu oleskan ke bibir dan diamkan selama 10 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat. Gunakan scrub bibir pecah-pecah ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Kelopak Mawar

Bunga mawar yang tumbuh indah di halaman rumah Anda ternyata juga bisa dijadikan scrub bibir kering yang efektif. Kelopak mawar dapat melembutkan, mendinginkan, dan melembapkan bibir kering dan pecah-pecah, sekaligus mampu menambahkan warna merah muda alami untuk bibir yang berwarna gelap.

Campurkan 1 sendok makan kelopak mawar yang sudah digerus dengan 1 sendok teh krim susu. Aduk sampai rata dan oleskan scrub ini ke bibir. Biarkan sampai 5 menit lalu dengan lembut gosok menggunakan sikat gigi yang berbulu halus atau gunakan jari-jari Anda. Setelahnya bilas dengan air hangat. Gunakan scrub bibir alami ini 2 kali seminggu.

4. Bubuk Kopi

Bubuk kopi memiliki tekstur yang halus serta lembut di bibir, tetapi cukup kuat untuk menyingkirkan kulit yang terkelupas. Ditambah lagi, aroma bubuk kopi menyegarkan, sehingga menjadikannya pilihan favorti sebagai scrub bibir alami.

Tuangkan 1 sendok teh bubuk kopi kasar ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1 sendok teh madu dan sedikit minyak zaitun. Aduk sampai rata lalu oleskan scrub ini ke bibir. Pijat bibir selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat dan oleskan bibir yang sudah dikeringkan dengan lip balm. Cara melembutkan kulit kering ini bisa dilakukan seminggu sekali.

5. Lidah Buaya

Ini adalah bahan alami lain yang bisa membantu menghilangkan masalah bibir pecah-pecah. Lidah buaya dapat melembutkan kulit bibir dan bahkan sanggup mencerahkan bibir yang berwarna gelap. Sifatnya yang menenangkan juga sanggup meremajakan sel-sel kulit bibir.

Masukkan 1 sendok makan tepung beras ke dalam mangkuk. Tambahkan potongan gel lidah buaya secukupnya dan campurkan sampai benar-benar merata menjadi scrub pasta. Gosokkan scrub secara perlahan ke bibir selama 2 menit, lalu diamkan sampai 5 menit. Sesudahnya bilas dengan air dingin. Gunakan scrub bibir kering ini hanya seminggu sekali.

6. Oatmeal

Teksturnya yang kasar dapat dimanfaatkan sebagai pengelupas alami untuk bibir pecah-pecah. Protein yang dimiliki oatmeal juga sanggup menjaga bibir tetap terhidrasi sehingga kulitnya tetap lembut dan lentur.

Campurkan ½ sendok teh oatmeal bubuk, air perasan lemon, dan yogurt tanpa pemanis/perasa (plain yogurt). Oleskan scrub alami ini di bibir, diamkan selama 5 menit lalu gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi yang lembut atau hanya jari. Bilas dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan sedikit minyak kelapa. Gunakan scrub bibir ini hanya seminggu sekali.

7. Baking Soda

Untuk mengatasi masalah bibir kering atau pecah-pecah juga bisa dengan scrub baking soda. Bahan ini dapat secara efektif mengelupaskan sel-sel kulit mati yang berkontribusi membuat bibir pecah-pecah dan terlihat kering.

Masukkan ½ sendok teh baking soda ke dalam mangkuk, tambahkan sedikit air sehingga membentuk pasta berpasir. Gunakan jari Anda untuk menggosokkan scrub ini ke bibir dengan gerakan melingkat. Bilas bibir dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan dengan lip balm atau minyak kelapa organik. Ulangi cara mengatasi bibir pecah-pecah ini hanya seminggu sekali.

Walaupun masalah bibir pecah-pecah bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bagi beberapa orang masalah ini malah berubah semakin parah jika tidak ditangani. Jika sudah parah, bibir kering bisa berubah menjadi peradangan di bagian permukaan bibir dan lebih sulit disembuhkan.

Karena itu selagi masalahnya belum terlalu parah, cobalah buat sendiri scrub bibir alami seperti yang disebutkan di artikel ini. Mudah-mudahan warna cerahnya bisa kembali berbarengan dengan kembali melembutnya kulit bibir Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}