Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Human Papiloma Virus Pada Wanita?

591
Google Image

Diedit:

Mengidap Human Papiloma Virus bukan lagi hal yang perlu Anda takuti, mengapa? Karena kedokteran modern telah berupaya mengatasi masalah tersebut dengan beragam cara. Selain metode pemeriksaan pap smear, pola hidup Anda hendaknya selalu dijaga. Misalnya, apakah Anda terbiasa menyalahgunakan tembakau? Bagaimana dengan pola makan?

Cara Mencegah Infeksi Human Papiloma Virus!

Perkembangan HPV dapat dihambat dan dikurangi dampaknya dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna merah, seperti wortel. Beragam sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, E, dan asam folat terbukti mengurangi resiko kanker rahim. Ada baiknya memastikan agar sayur dan buah bebas dari bahan kimia atau pestisida.

Beruntungnya dimasa sekarang sudah tersedia beragam vaksin yang dapat digunakan dalam memberantas masalah yang diakibatkan oleh HPV, seperti: Gardasil yang dinyatakan dapat mengatasi HPV penyebab kutil kelamin, dan Cervarix guna melindungi Anda dari kanker leher rahim.

Menurut Mayo Clinic vaksin demikian hendaknya diberikan sejak anak berusia 11 dan 12 tahun. Jika orang dewasa belum mendapatkan vaksin tersebut ada baiknya untuk memperolehnya, terutama jika seorang wanita masih berusia 21 tahun atau pria berusia 26 tahun. Intinya berikan vaksin sebelum Anda aktif secara seksual dan ingat bahwa vaksin hanya bersifat pencegahan.

Cara Mengobati Infeksi Human Papiloma Virus!

Metode pengobatan bagi pasien yang terinfeksi human papilloma virus cukup banyak dan biasanya sifatnya topikal (pengobatan setempat). Hal ini dapat dilakukan dengan menghentikan sel-sel yang terinfeksi HPV atau membuang bagian sel yang rusakdengan bedah listrik. Adapula cara lain yang dilakukan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh agar bekerja lebih aktif sehingga membentuk antibodi guna melawan virus tersebut.

Cara lainnya adalah melalui proses pembekuan sel dengan nitrogen cair dan kemudian jaringan sel tersebut dibuang, disebut juga cryotheraphy. Organisasi Kesehatan Dunia memberikan pernyataan bahwa, kanker leher rahim dapat disembuhkan secara total jika terdeteksi sejak dini, bahkan sebelum Anda merasakan gejala awal dari kanker leher rahim tersebut.

Baca juga:  Obat Rumahan Untuk Membantu Mengatasi Infeksi HPV

Namun, bukan berarti Anda tidak dapat sembuh jika sudah mencapai stadium lanjut, cara diatas dapat membantu proses pengobatan. Lalu sikap apa yang perlu ditunjukan oleh setiap wanita? Seorang dokter spesialis kolposkopi bernama Monstserrat Flores mengatakan:

“Jika Anda mengetahui problem yang sedang Anda alami, sebaiknya Anda menghindari 2 tindakan berikut: Pertama, menganggap sepele penyakit yang diderita, sehingga mengabaikan pengobatan yang seharusnya dijalani. Kedua, Fobia terhadap kanker dan salah menjalani prosedur pembedahan yang tidak dibutuhkan.”

Beberapa obat-obatan yang juga dikenal dapat mengatasi infeksi HPV adalah salicylic acid, imiquimod (Aldara, Zyclara), podofilox (condylox), maupun trichloroacetic acid. Ingatlah bahwa obat-obatan tersebut dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, maka dari itu penggunaannya harus berdasarkan anjuran dokter! Demikianlah cara mengobati infeksi human papilloma virus.

Advertisement
Alinesia