Bagaimana Anda Memilih Kursi Pijat Refleksi Terbaik?


By Fery Irawan

Kursi pijat refleksi merupakan salah satu alat yang sering digunakan dalam teknik pijat refleksi. Sebenarnya, tidak banyak peralatan yang digunakan untuk pemijatan semacam ini karena pijat refleksi sendiri merupakan terapi yang sangat sederhana.

Pada pijat refleksi, tekanan diberikan pada titik-titik di kaki untuk membantu keseimbangan berbagai sistem tubuh. Telapak kaki sendiri dibagi dalam zona yang berbeda-beda, dan tiap zonanya mewakili bagian tubuh yang berbeda.

Pijat refleksi mendukung fakta bahwa pemijatan pada tiap zona di kaki dapat melancarkan aliran energi ke berbagai bagian tubuh. Jika aliran energi tersumbat, itu akan terdeteksi dari benjolan-benjolan kecil yang dapat dirasakan dengan memijat telapak kaki.

Bagaimana Kursi Pijat Refleksi Membantu Terapi?

Pijat refleksi biasanya dimulai dengan melakukan sanitasi terhadap kaki pasien. Lalu, kadang-kadang diikuti dengan mengoleskan sedikit pelumas atau minyak pijat, kemudian pemijatan dimulai. Ketika menjalani semua proses ini, tentu sangat dibutuhkan posisi yang nyaman.

Untuk itulah kursi khusus untuk pijat refleksi sangat berperan. Selain untuk kenyamanan orang yang dipijat, kursi pijat refleksi juga dapat membantu terapis pijat berfokus pada kaki pasien, mengingat khususnya di area itulah sang terapis harus bekerja.

Sekedar menggunakan kursi pijat refleksi saja tidak akan menjamin keefektifan pemijatan itu sendiri. Namun, tentu saja kursi itu merupakan sarana yang penting untuk menyediakan lingkungan yang santai dan relaks untuk pasien.

Bagaimana Memilih Kursi Pijat Refleksi?

Untuk memilih kursi pijat refleksi yang terbaik, pertama-tama Anda harus tahu apa tujuan Anda membelinya. Penting juga untuk mencari kursi yang cukup nyaman namun tidak memakan banyak tempat.

Dan mengingat bahwa kursi pijat refleksi bervariasi harganya, cobalah sesuaikan anggaran Anda dengan kebutuhan Anda. Kursi pijat refleksi yang bagus haruslah dapat disesuaikan posisi sandarannya.

Kursi tersebut juga harus berukuran cukup besar, cukup panjang, dan dapat menahan beban yang bervariasi karena tentu saja Anda tidak dapat memilih ukuran tubuh dan berat tubuh pasien Anda.

Lebih baik lagi jika ada sandaran tangannya sehingga pasien bisa berada dalam posisi yang lebih nyaman. Pastikan juga agar kursi itu bisa menopang kaki pasien sehingga dapat berselonjor. Tentu akan kurang nyaman dan tidak efektif jika kaki ditopang oleh terapis.

Hal lain yang bisa dipertimbangkan ketika akan membeli kursi pijat refleksi adalah apakah kursi tersebut menyita banyak ruang. Bagi para terapis yang membuka praktek pijat refleksi di rumah, ada baiknya juga jika bisa memperoleh kursi yang ringan dan bisa dilipat atau dibongkar-pasang karena hal itu akan sangat menghemat ruang.

Saat tidak digunakan untuk terapi, kursi dapat dengan mudah disimpan dan ruangan jadi bisa difungsikan untuk hal lain di luar jam praktek. Harga kursi pijat refleksi bisa sangat bervariasi.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kursi semacam ini, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan anggaran Anda. Satu kursi pijat yang nyaman bisa mencapai hingga jutaan rupiah, dan semakin lengkap fiturnya, tentu semakin mahal.

Namun, banyak terapis yang membuka praktek di rumah memilih untuk menggunakan kursi rumahan biasa. Ini mungkin jauh lebih murah, tetapi tentu saja dapat mengurangi kenyamanan pasien.

Sekali lagi, keefektifan pijat refleksi memang tidaklah semata-mata bergantung pada kenyamanan kursi pijat refleksi, tetapi, tentu tidak ada salahnya bukan untuk memberikan kenyamanan ekstra untuk pasien Anda?

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}