Apakah Mata Minus Bisa Berkurang?

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 


Rabun jauh, sering disebut sebagai mata minus, adalah gangguan penglihatan yang membuat kita sulit melihat jauh; benda-benda di kejauhan jadi tampak buram. Jika memiliki mata minus, Anda mungkin masih bisa membaca jarak dekat, tapi kesulitan membaca tulisan jarak jauh—misalnya tulisan di papan tulis atau di petunjuk jalan.

Apakah mata minus bisa berkurang? Jika bisa, bagaimana cara mengurangi mata minus? Dan apakah mata minus bisa kembali normal? Simaklah penjelasannya dalam artikel ini.

Apakah Mata Minus Bisa Berkurang?

Kadang-kadang mata minus bisa diobati, tapi tergantung pada kondisi setiap orang. Pada anak-anak, dokter mungkin bisa melakukan pengobatan untuk mencegah mata minus berkembang dengan mengurangi perpanjangan mata seiring pertumbuhan anak.

Pada orang dewasa, operasi bisa menjadi pilihan untuk mengobati mata minus. Meskipun operasi laser dapat memperbaiki rabun jauh secara permanen, tapi beberapa orang mungkin bisa memburuk lagi penglihatannya seiring berjalannya waktu.

Jadi, apakah mata minus bisa berkurang? Keluhan mata minus bisa dikurangi dengan bantuan pengobatan atau operasi oleh dokter ahli. Dengan begitu, penglihatan bisa menjadi lebih tajam.

Apakah Mata Minus Bisa Kembali Normal?

Sayangnya sampai saat ini belum ada cara untuk mengembalikan mata minus menjadi normal kembali. Rabun jauh biasanya disebabkan oleh perubahan progresif pada struktur mata.

Perubahan tersebut tidak bisa diubah kembali menjadi normal, tapi penglihatan buram yang disebabkannya bisa diperbaiki. Dan, jika rabun jauh terdeteksi sejak awal, ada kemungkinan untuk memperlambat perkembangannya. (Sumber: All About Vision)

Bagaimana Cara Mengurangi Mata Minus?

Kita sudah tahu jawaban apakah mata minus bisa berkurang. Pengobatan dan operasi bisa membantu memperbaiki penglihatan pada penderita rabun jauh. Tujuan utama pengobatan tersebut adalah untuk memperbaiki penglihatan dengan membantu memfokuskan cahaya pada retina menggunakan lensa korektif atau operasi refraktif.

Bagaimana cara mengurangi mata minus? Berikut adalah beberapa cara medis untuk menangani gangguan penglihatan rabun jauh. (Sumber: Mayo Clinic)

Lensa Resep

Memakai lensa korektif dapat mengobati rabun jauh dengan melawan peningkatan kurva kornea atau bertambahnya panjang mata Anda. Tapi Anda harus selalu memakai lensa ini agar penglihatan tetap tajam. Jenis-jenis lensa resep antara lain:

Kacamata:

Memakai kacamata merupakan cara simpel dan aman untuk mempertajam penglihatan rabun jauh. Lensa kacamata juga bisa dirancang untuk mengoreksi kombinasi kelainan refraksi, seperti gabungan rabun jauh, astigmatisme (silinder) dan presbiopi (mata tua).

Lensa kontak:

Lensa kontak berukuran kecil dan langsung ditempatkan pada korena. Satu lensa kontak bisa memperbaiki lebih dari satu kelainan refraksi. Ada berbagai bahan lensa kontak dan cara perawatannya. Dokter spesialis mata Anda bisa merekomendasikan lensa kontak yang paling sesuai dengan resep dan gaya hidup Anda.

Ilustrasi bagaimana cara mengurangi mata minus
Photo by ภาพของ Chakrapong Worathat via Canva

Operasi Refraktif

Operas refraktif mengurangi kebutuhan kacamata dan lensa kontak. Dokter bedah mata akan menggunakan laser untuk membentuk ulang kornea, sehingga terjadi pengurangan kebutuhan untuk memakai lensa resep. Tapi meski sudah operasi, Anda mungkin kadang-kadang masih harus memakai kacamata.

LASIK:

Dalam operasi ini, dokter bedah mata akan membuat penutup tipis berengsel di korena. Lalu menggunakan laser untuk mengangkat jaringan kornea untuk meratakan bentuk kubahnya. Pemulihan LASIK biasanya lebih cepat dan menimbulkan lebih sedikit ketidaknyamanan dibandingkan operasi kornea lain.

LASEK:

Dokter bedah mata membuat penutup ultra tipis hanya pada lapisan pelindung luar kornea, yang disebut epitel. Laser digunakan untuk membentuk kembali kornea dan meratakan lengkungannya. Epitel lalu dipasang kembali pada tempatnya.

PRK:

Operasi ini mirip LASEK, kecuali epitel akan diangkat seluruhnya. Kemudian dokter menggunakan laser untuk membentuk ulang kornea. Lensa kontak pelindung sementara menutupi kornea hingga epitel tumbuh kembali secara alami, menyesuaikan dengan bentuk baru kornea Anda.

Ahli Herbal

Cari produk herbal untuk penyakit Anda? Ayo konsultasi gratis dengan ahli herbal DEHERBA.COM!

WHATSAPP SEKARANG

SMILE:

Dalam operasi ini, tidak ada penutupan atau pengangkatan epitel. Sebaliknya, laser digunakan untuk memotong sepotong kecil kornea berbentuk cakram, yang disebut lentikula. Lentikula kemudian dikeluarkan melalui sayatan kecil pada kornea.

Sayangnya, tidak semua penderita rabun jauh bisa melakukan operasi. Operasi hanya disarankan jika mata minus tidak lagi bertambah atau memburuk. Untuk mempertimbangkan apakah Anda bisa operasi atau tidak, bicarankanlah dengan dokter mata Anda dan tanyakan manfaat serta risiko dari berbagai pilihan operasi yang tersedia.

Apakah Wortel Bisa Mengurangi Minus pada Mata?

Ilustrasi apakah wortel bisa mengurangi minus pada mata
Photo by Armastas from Getty Images

Wortel sering dianggap bermanfaat untuk mempertajam penglihatan, bahkan dipercaya bisa memperbaiki mata minus. Apakah wortel bisa mengurangi minus pada mata?

Sayangnya, itu tidak benar. Kandungan gizi pada wortel tidak bisa mengatasi mata minus. Itu karena gangguan rabun jauh terjadi akibat bentuk bola mata yang menjadi lebih panjang daripada seharusnya. Perubahan panjang tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi normal tidak soal berapa banyak wortel yang dimakan.

Meski begitu, kandungan gizi wortel memang baik untuk menjaga kesehatan mata, berkat kandungan beta karoten dan lutein yang limpah di dalamnya. Jadi Anda tetap bisa mengonsumsi wortel dengan tujuan untuk menjaga kesehatan mata, tapi bukan untuk mengurangi mata minus.

Apakah Senam Mata Bisa Mengurangi Minus pada Mata?

Ilustrasi apakah mata minus bisa kembali normal
Photo by Wirestock from Getty Images

Selain wortel, hal lain yang sering dipercaya dapat mengurangi mata minus adalah senam mata. Sayangnya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa senam mata bisa mengurangi rabun jauh pada orang dewasa maupun pada anak-anak.

Bahkan lembaga kesehatan American Academy of Ophthalmology tidak merekomendasikan untuk melakukannya. Sebab perubahan pada bentuk bola mata yang menyebabkan rabun jauh tidak bisa diperbaiki dengan senam mata.

Namun, senam mata mungkin bisa membantu orang yang memiliki kondisi convergence insufficiency. Kondisi ini membuat kedua mata tidak bisa bekerja sama untuk fokus pada objek jarak dekat. Senam mata dengan push-up pensil mungkin bisa membantu mengatasinya.

Kesimpulan

Apakah mata minus bisa berkurang? Meski tidak bisa kembali normal, mata minus bisa dikurangi keluhannya. Pada anak-anak, dokter mungkin bisa melakukan pengobatan untuk mencegah mata minus berkembang.

Bagaimana cara mengurangi mata minus? Gangguan penglihatan rabun jauh bisa diperbaiki menggunakan lensa korektif (dengan kacamata atau lensa kontak) dan dengan operasi (LASIK, LASEK, PRK, SMILE). Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata untuk mengetahui cara terbaik mengurangi keluhan mata minus Anda.

Apakah wortel bisa mengurangi minus pada mata? Tidak. Memang wortel bagus untuk menjaga kesehatan mata, tapi wortel tidak bisa memperbaiki gangguan rabun jauh.

Apakah senam mata bisa mengurangi minus pada mata? Tidak ada bukti yang menunjukkan senam mata bisa memperbaiki rabun jauh.

Karena tidak ada cara alami untuk memperbaiki rabun jauh, Anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika ingin mengurangi minus mata. Dokter dapat memberikan resep lensa yang cocok sesuai minus mata Anda, atau merekomendasikan operasi untuk memperbaiki rabun jauh secara permanen.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang apakah minus mata bisa berkurang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}