Apa Sajakah Manfaat Vitamin A bagi Tubuh?

402

Diedit:

Vitamin A disebut-sebut sebagai kunci agar dapat memiliki penglihatan yang tetap tajam seraya usia terus bertambah. Ya, memang vitamin ini selalu dikaitkan dengan kesehatan mata. Manfaat vitamin A bagi mata tidak perlu diragukan lagi, namun Anda juga perlu tahu bahwa vitamin ini memberikan dampak positif yang lebih luas bagi seluruh tubuh—bukan cuman mata.

Vitamin A adalah nutrisi yang amat dibutuhkan tubuh. Kedua jenis vitamin A—retinal dan retinol—membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga kelembapan mata serta kulit.

Retinol merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang berperan penting dalam memastikan kesehatan mata dan perkembangan tulang. Kekurangan vitamin A adalah penyebab kebutaan yang paling umum di kalangan anak-anak. Vitamin ini bisa mencegah rabun di malam hari dan problem mata kering, sekaligus mempertahankan ketajaman penglihatan.

Sumber Penting dari Vitamin A

Minyak hati ikan, krim, kuning telur, hati sapi, keju cheddar, susu yang diperkaya vitamin A, dan produk mentega adalah sumber-sumber makanan yang kaya vitamin A. Buah dan sayuran yang berwarna kuning atau oranye yang mengandung pigmen karoten juga merupakan salah satu sumber terbaik. Pastikan untuk menyertakan makanan seperti ubi jalar, wortel, brokoli, bayam, mangga, labu, tomat, oatmeal, aprikot, persik, kacang polong, dan pepaya ke dalam menu makanan harian secara bergantian untuk menjamin asupan vitamin A.

Apa yang Terjadi Bila Kekurangan Vitamin A?

Beberapa gejala utama dari kekurangan vitamin A biasanya termasuk keratinisasi kulit, rabun senja, sensasi terbakar atau gatal di mata, radang kelopak mata, xeroftalmia (kekeringan pada konjungtiva), rambut berketombe, kuku rapuh dan gampang patah, gangguan seksual, dan perubahan-perubahan pada jaringan tubuh yang berkaitan dengan kanker. Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kelelahan, insomnia, dan depresi.

Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan

Anda membutuhkan asupan vitamin A yang mencukupi supaya bisa memiliki tubuh yang sehat sekaligus menikmati banyaknya khasiat lain dari vitamin ini. Berikut adalah beragam manfaat vitamin A bagi tubuh:

  • Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Vitamin A menambah imunitas tubuh terhadap infeksi dengan cara meningkatkan respon limfositik terhadap antigen penyebab penyakit. Hal ini membuat selaput lendir menjadi lembap untuk menjaga kekebalan serta meningkatkan aktivitas sel darah putih. Bukan hanya mencegah kuman masuk ke dalam tubuh, tapi ini juga membantu melawan infeksi yang terjadi apabila kuman bisa menyusup masuk sistem tubuh.
  • Merawat Kesehatan Mata: Vitamin A dapat membantu memperbaiki penglihatan. Ini memungkinkan mata untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya, menjaga mata basah, dan juga meningkatkan penglihatan di malam hari. Vitamin A memastikan kesehatan retina dan juga mencegah rabun malam hari dengan menaikkan kemampuan adaptasi mata terhadap cahaya dan kegelapan. Ini juga secara signifikan dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular, yang umumnya terkait dengan penuaan.
  • Membentuk Kulit yang Lembut dan Lentur: Vitamin A membantu menjaga tubuh Anda bebas dari radikal bebas dan racun yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Selain itu kulit Anda juga dibuat jadi lebih lembut dan lentur karena vitamin A memastikan retensi dari kelembapan kulit sehingga mencegah problem kulit kering, keratinisasi, dan penyakit kulit psoriasis.
  • Tulang dan Gigi yang Kuat: Vitamin esensial ini juga sanggup memperkuat tulang dan gigi. Manfaat vitamin A bisa membantu proses pembentukan dentin—lapisan berbahan keras yang berada tepat di bawah permukaan gigi—sehingga meningkatkan kekuatannya.
  • Mencegah Kencing Batu: Vitamin A dapat mencegah pembentukan batu di urin yang diakibatkan oleh penumpukan kalsium fosfat. Disamping itu juga sanggup membantu merawat lapisan saluran kemih sehingga mengurangi kemungkinan berulangnya pembentukan batu urin.
  • Mencegah Distrofi Otot: Dengan menjaga kesehatan tulang serta mempertahankan bentuk tulang yang sehat, vitamin A memainkan peranan penting dalam memastikan pertumbuhan otot yang benar pada masa pertumbuhan anak-anak dan remaja. Hal ini tentunya mencegah kemungkinan terkena distrofi otot.
  • Mencegah Timbulnya Jerawat: Vitamin A membantu mengurangi produksi sebum berlebih, yang merupakan salah satu pemicu jerawatan. Jaringan pelindung kulit pun diperkuat untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas permukaan kulit secara keseluruhan. Vitamin A sangat penting bagi pemeliharaan jaringan dan selaput mukus di kulit. Vitamin ini menyingkirkan racun keluar dari tubuh serta membersihkan sistem-sistem dalam tubuh karena kemampuannya yang bersifat antioksidan.
  • Mencegah Kanker: Manfaat vitamin A sebagai salah satu antioksidan yang kuat dapat mencegah beberapa jenis kanker tertentu.
  • Memperbaiki dan Mengganti Jaringan Lama: Vitamin A punya peranan penting dalam mengganti jaringan tua yang sudah usang dengan jaringan baru, sekaligus menjaga kepadatan serta kekuatan dari tulang dan gigi Anda.
  • Memperlambat Proses Penuaan: Vitamin A terkenal dengan kemampuannya untuk mengeleminasi kerutan-kerutan dan garis-garis halus di kulit. Proses penuaan dapat diperlambat dengan manfaat vitamin A dalam meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sekilas Pengingat mengenai Manfaat Vitamin A:

Jumlah vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh tidaklah banyak, dan kelebihan vitamin A yang tidak terserap tubuh akan dikeluarkan dari tubuh. Jadi pastikanlah Anda mendapatkan asupan vitamin A dengan jumlah yang memadai—tidak kurang atau lebih. Kelebihan dosis vitamin A justru bisa menimbulkan gejala-gejala yang merugikan seperti penghilatan kabur dan mual. Bahkan gejala yang parah termasuk terhambatnya pertumbuhan, serta pembesaran limpa dan hati juga mungkin dialami apabila overdosis vitamin A.

Demikianlah beragam manfaat vitamin A bagi tubuh Anda. Setelah mengetahuinya, sudah pasti Anda akan semakin tergerak untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin A setiap harinya, bukan? Mulailah dengan rutin makan makanan-makanan yang merupakan sumber penting dari vitamin A.

Baca juga:  7 Sumber Vitamin A yang Gampang Diperoleh
Advertisement
Alinesia