Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan?


By Cindy Wijaya

Jeruk nipis sudah cukup terkenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Buah citrus yang berasa asam ini dapat berbuat lebih banyak daripada yang obat-obat medis dapat lakukan. Inilah alasannya mengapa jeruk nipis sudah sejak dahulu kala digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Meski ada banyak produk yang berbahan jeruk nipis, tapi tahukah Anda apa saja manfaat jeruk nipis bagi kesehatan?

Di seluruh dunia, jeruk nipis dikonsumsi dalam berbagai bentuk, misalnya minuman segar, koktail, acar, selai, jeli, makanan ringan, permen, dan sebagai penyedap masakan. Minyak yang diekstrak dari kulit jeruk nipis digunakan dalam minuman ringan, minyak tubuh, produk kosmetik, minyak rambut, pasta gigi, sabun, disinfektan, deodoran, dan masih banyak produk lain yang tak terhitung banyaknya.

Berikut adalah 5 manfaat jeruk nipis yang menakjubkan bagi kesehatan.

Jeruk Nipis Baik bagi Kesehatan Wanita. Kandungan kalsium dan folat—2 nutrisi yang amat dibutuhkan wanita paska menopause maupun semua wanita pada umumnya. Satu buah jeruk nipis segar mengandung 22 miligram kalsium dan lebih dari 5 mikrogram folat. Cukup luar biasa untuk ukurannya yang mini!

Kulit Jeruk Nipis Membantu Melawan Penuaan Kulit. Kulit jeruk nipis mengandung senyawa penghambat produksi melanin. Seraya usia bertambah dan paparan sinar UV, melanin—pigmen pemberi warna kulit—dapat tumbuh bertumpuk sehingga menimbulkan bintik-bintik di kulit Anda. Rawatlah kulit dengan masker potongan kulit jeruk nipis untuk mengurangi efek penuaan kulit tersebut.

Jeruk Nipis Adalah Anti-Karsinogenik. Senyawa limonoid pada kulit jeruk terbukti mampu mencegah kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker darah. Para ilmuwan telah mengamati bahwa antioksidan limonoid sanggup menyebabkan kematian sel-sel kanker. Senyawa ini pun tetap aktif dalam jangka waktu lama di dalam aliran darah, membersihkan lebih banyak radikal bebas daripada teh hijau ataupun cokelat hitam.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Anda!

Jus Jeruk Nipis Membantu Mencegah Batu Ginjal. Jus dari perasan jeruk nipis segar mengandung asam sitrat lebih banyak daripada jus jeruk biasa. Asam sitrat merupakan inhibitor alami untuk menghambat pengkristalan kalsium menjadi batu ginjal. Sebaiknya Anda membuat sendiri jus perasan jeruk nipis daripada mengandalkan produk jus komersial yang belum tentu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

Jeruk Nipis Mengurangi Kolesterol. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam jeruk nipis, yakni hesperidin, telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis, Anda bisa mendapatkan manfaat penurun kolesterol dari senyawa hesperidin.

Ada bermacam-macam cara untuk mengonsumsi jeruk nipis, mulai dari memakannya mentah-mentah, mencampur air perasannya dengan segelas air hangat, atau mencampurnya dalam berbagai masakan. Entah bagaimanapun cara Anda mengonsumsi atau menggunakannya, pastikan selalu gunakan yang segar agar bisa mendapat manfaat jeruk nipis yang sepenuhnya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}