Apa Penyebab Kutil dan Bagaimana Menyembuhkannya?

571

Diedit:

Kutil—mungkin Anda sering mendengarkan nama penyakit ini, tetapi apakah Anda mengerti jenis penyakit apakah ini? Jika belum, maka Anda di tempat yang tepat untuk menemukan jawabannya, Anda dapat menemukan informasi terkait kutil di sini. Kulit di dalam dunia medis memiliki sebutan “Papilloma”. Papilloma termasuk sejenis tumor, namun bersifat jinak, yang ada pada kulit. Kutil sendiri terjadi karena adanya penebalan di lapisan luar dari kulit dan berlebihan.

Bentuk dari kutil dapat bermacam-macam, begitu pula dengan ukurannya. Kutil bisa memiliki ukuran yang besar namun bisa juga memiliki ukuran yang kecil, jadi belum tentu sama. Umumnya memang kutil pada kulit apabila dipegang tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali, serta jika ukurannya sudah sangat besar, kulit dapat berdarah jika terjadi lecet. Umumnya kutil yang memiliki ukuran besar memiliki bentuk layaknya bunga kol. Mari baca selengkapnya.

Apa Penyebab Kutil?

Lalu apakah yang menjadi faktor penyebab terjadinya kutil pada seseorang. Kutil ini diakibatkan oleh infeksi virus. Virus yang bertanggung jawab adalah virus HPV, Human Papilloma Virus. Virus ini memang termasuk jenis virus yang seringkali menyerang kulit, dan kutil merupakan salah satu efek serangannya.

Jenis-Jenis Kutil

Penyakit kutil dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat Anda temukan di bawah ini.

  • Filiform warts: Bentuk panjang serta umumnya ditemukan di daerah leher, ketiak dan kelopak mata
  • Plane warts: Bentuk datar, mulus dan bulat. Memiliki warna kecoklatan, kekuningan, dan terkadang menyesuaikan dengan warna kulit dari penderita kutil plane warts ini
  • Verrucas: Muncul pada tumit, jari kaki dan terkadang di telapak kaki. Jenis kutil yang satu ini menyakitkan serta umumnya tumbuh pada bagian dalam kulit disebabkan oleh tekanan telapak kaki. Ciri khas dari kutil Verrucas ini yaitu mempunyai titik hitam pada tengah, dan daerah putih pada sekitar kutilnya, sifatnya mengeras
  • Common warts: Merupakan jenis kutil yang memiliki permukaan kasar dan memiliki tekstur benjolan yang menebal. Umumnya memiliki sebutan plak atau papula. Kutil common warts ini juga timbul jari, buku jari, lutut dan siku. Mempunyai bintik kecil gelap, di mana asal bintik tersebut dari pembuluh darah yang beku
Baca juga:  Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Kutil?

Bedah Laser untuk Menghilangkan Kutil

Salah satu metode yang digunakan untuk menghilangkan kutil adalah dengan bedah laser. Memang metode ini termasuk jenis metode yang mahal harganya untuk dilakukan. Prosedur yang dipakai untuk menghilangkan kutil adalah dengan energi laser. Metode ini merupakan metode akhir yang dapat Anda pilih apabila metode yang lainnya tidak berhasil.

Biasanya menghilangkan kutil yang menggunakan bedah laser adalah untuk kutil yang tumbuh di area kulit yang cukup terpencil. Tentunya bedah laser memiliki efek samping, adapun efek samping yang akan dirasakan yakni rasa nyeri dan iritasi hingga beberapa minggu.

Bedah Listrik untuk Menghilangkan Kutil

Selain bedah laser, juga ada bedah listrik. Prosedur bedah listrik dikombinasikan bersama eksisi. Sesudah eksisi memotong daerah permukaan kutil, sisa jaringan kutil akan dibakar menggunakan kawat panas. Kawat tersebut dialiri oleh listrik, prosedur ini umumnya digunakan untuk menghilangkan kutil pada daerah anus dan vulva.

Herbal untuk Menghilangkan Kutil

Kulit pisang disebutkan bisa menghilangkan kutil. Apabila Anda memakan buah pisang yang telah matang, jangan buang kulitnya. Kerok bagian putih dari kulit pisang tersebut, sesudahnya tempelkan ke kutil yang Anda derita. Dengan melakukannya secara rutin, maka kutil pun akan menghilang dengan sendirinya.

Ingatlah bahwa cepat atau lambatnya proses penyembuhan kutil banyak bergantung pada kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda sendiri serta apa penyebab kutil tersebut. Sebagian besar kutil dapat hilang sendiri tanpa perlu perawatan khusus dalam waktu kira-kira 2 tahun.

Advertisement
Alinesia