7 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Sudah Teruji

197

Diedit:

Dulu, dan sampai baru-baru ini saja, masih diyakini bahwa sekali Anda menjadi pelupa, maka daya ingat Anda pasti akan semakin memburuk. Tapi sekarang terungkap bahwa anggapan ini tidak benar. Setiap hari, otak Anda memiliki kesempatan untuk menumbuhkan sel-sel baru serta membentuk hubungan saraf baru—asalkan Anda memberikan apa yang dia butuhkan.

Kemampuan otak untuk berubah dan berkembang, untuk menjadi lebih baik, sepanjang hidup disebut neuroplastisitas. Sederhananya, otak Anda terus berubah. Dan semua kebiasaan sehari-hari memengaruhi—entah itu menjadi lebih baik atau lebih buruk—kinerja otak, termasuk ingatan Anda.

Dalam panduan mengenai cara meningkatkan daya ingat ini, disusun sejumlah cara yang paling efektif untuk meningkatkan ingatan dengan memanfaatkan potensi otak Anda sendiri. Dan semua tips berikut didasarkan sudah diuji dan dibuktikan secara ilmiah.

Tingkatkan Daya Ingat dengan Makanan yang Tepat

Otak manusia adalah salah satu ciptaan yang paling kompleks di alam semesta. Jadi perlakukan otak sebagaimana mestinya, menganggapnya ibarat mesin canggih dengan memberikannya bahan bakar berkualitas tinggi. Mengonsumsi makanan yang tepat—dan hindari makanan yang salah—harus menjadi landasan dari setiap strategi jangka panjang untuk menjaga otak tetap tajam.

1. Ikuti Diet Mediterania yang Sudah Terbukti

Diet mediterania secara luas dianggap sebagai diet tersehat di planet ini. Orang yang makan dengan cara ini adalah orang yang memiliki kesehatan sangat baik dan umur panjang, serta sangat jarang mengalami penyakit Alzheimer. Diet ini juga telah terbukti mampu meningkatkan daya ingat serta konsentrasi dan memperlambat penurunan fungsi kognitif tubuh yang berkaitan dengan penuaan.

2. Konsumsi Makanan yang Dikenal Sanggup Meningkatkan Daya Ingat

Diet yang baik secara keseluruhan memiliki efek paling positif bagi ingatan, tetapi ada makanan-makanan tertentu yang menonjol manfaatnya bagi daya ingat Anda. Makanan-makanan ini bila dimakan secara teratur dapat:

  • Memperkuat ingatan dengan melancarkan aliran darah menuju otak
  • Menyediakan prekursor untuk neurotransmiteer (zat kimia otak)
  • Membentuk komponen struktural sel-sel otak
  • Melindungi sel otak dari penuaan serta kerusakan
Baca juga:  Cara Menambah Daya Ingat yang Gampang dan Ampuh

Berikut adalah daftar makanan yang dikenal sanggup meningkatkan daya ingat beserta kandungannya yang bermanfaat bagi kemampuan otak:

  • Alpukat—lemak tak jenuh tunggal, tirosin
  • Semua jenis Beri—anthocyanin, resveratrol
  • Minyak kelapa—MCT
  • Lemak ikan—asam lemak omega-3
  • Makanan fermentasi—probiotik
  • Sayuran berdaun hijau—vitamin C, K, dan B kompleks, magnesium
  • Minyak zaitun—lemak tak jenuh tunggal, vitamin E dan K
  • Sayuran laut—yodium, vitamin B12, inositol
  • Kunyit—kurkumin, turmeron
  • Kenari—asam lemak omega-3, lemak tak jenuh tunggal, polifenol

3. Hindari Lemak Trans yang Tidak Sehat

Lemak trans adalah lemak tercampur yang terdapat dalam makanan olahan yang berkontribusi memicu penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, kanker, dan penyakit lainnya. Lemak trans juga membahayakan fungsi otak Anda. Mereka menyebabkan peradangan, memperbesar kerusakan akibat radikal bebas, dan menghambat produksi rantai panjang asam lemak omega-3.

Konsumsi lemak trans bukan hanya memperburuk daya ingat Anda, tetapi juga meningkatkan risiko depresi hingga 50%. Tidak heran jika di sejumlah negara lemak trans sudah dilarang penggunaannya dalam makanan.

4. Hindari Gula

Gula putih adalah salah satu zat makanan yang terburuk bagi kesehatan otak serta daya ingat Anda. Daya ingat yang buruk, gangguan belajar, dan depresi—semuanya berkaitan dengan konsumsi gula berlebihan. Bahkan jika sudah menyebabkan kadar gula darah meninggi, ini akan mengakibatkan penurunan aktivitas di hippocampus—bagian dari otak yang paling kuat kaitannya dengan ingatan. Gula adalah salah satu tersangka utama penyebab penyakit Alzheimer—yang sekarang disebut-sebut banyak ahli kesehatan sebagai penyakit diabetes otak.

5. Hindari Monosodium Glutamat (MSG)

MSG adalah penambah cita rasa yang sangat populer namun juga kontroversial. MSG akan pecah di dalam tubuh berubah menjadi formaldehyde dan glutamat—sejenis excitotoxin yang dapat sangat memicu kematian sel-sel otak.

Baca juga:  Cara Menambah Daya Ingat yang Gampang dan Ampuh

Jika dikonsumsi oleh orang yang sensitif terhadap MSG, ini dapat menyebabkan brain fog—perubahan suasana hati, migrain, sakit perut, diare, kelainan detak jantung, dan asma. Bila Anda pernah merasa pusing, merasa panas, atau sakit kepala setelah makan di restoran, Anda mungkin sedang mengalami reaksi sensitif terhadap MSG.

6. Jaga Otak Tetap Terhidrasi

Bukan hanya apa yang Anda makan yang memengaruhi ingatan, tetapi juga apa dan berapa banyak yang Anda minum. Karena itu, cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya ialah mencukupi kebutuhan otak akan air.

Otak Anda terdiri dari 74% air dan hanya sekitar 2% dehidrasi saja sudah dapat mengurangi daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan kognitif lainnya. Dehidrasi ringan menyebabkan penyusutan ukuran otak yang berefek buruk bagi konsentrasi, kewaspadaan, dan ingatan jangka pendek. Efek dehidrasi pada otak menyerupai gejala-gejala penyakit Demensia (Kepikunan).

7. Batasi Konsumsi Kopi

Orang di seluruh dunia minum kopi untuk membuat mereka tetap fokus dan untuk memperbaiki suasana hati. Mungkin sedikit kafein bisa membantu kemampuan otak, namun kebanyakan kafein justru membuat Anda mudah marah, tidur, cemas, dan bahkan kecanduan.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan daya ingat yang bisa Anda coba. Mulai dari sekarang berikanlah perhatian lebih pada kesehatan otak, karena pastinya Anda tidak mau jadi pikun di masa tua nanti, kan?

Selain dari ke-7 tips ini, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa suplemen yang mampu meningkatkan daya ingat untuk mencegah pikun. Jika ingin tahu lebih banyak, silakan kunjungi artikel berikut: Ayo Cegah Pikun dengan Suplemen Alami!

AdvertisementSimplisia.com