Apa Khasiat Makan Kurma Setiap Hari?


By Cindy Wijaya

Selain kismis ada buah kering lain yang cukup populer di Indonesia, yaitu kurma. Kurma berasal dari pohon kurma yang tumbuh di daerah beriklim tropis. Meski bisa dimakan langsung dari pohonnya, tapi buah ini lebih mudah diperoleh dalam bentuk yang sudah dikeringkan.

Kurma mengandung gula alami, jadi mengeringkannya akan menambahkan rasa manisnya yang seperti karamel. Tapi meski manis, tidak berarti buruk bagi kesehatan. Karena kurma punya banyak manfaat dan kaya zat gizi yang dibutuhkan tubuh kita.

Poin Penting:

  • Apa khasiat makan kurma setiap hari?
  • Berapa banyak makan kurma setiap hari?
  • Apakah kurma memiliki efek samping?

Apa Khasiat Makan Kurma Setiap Hari?

Kurma mengandung berbagai macam zat gizi penting yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan sehari-hari kita. Mengganti camilan kita dengan kurma dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral harian kita. Apa khasiat makan kurma setiap hari? Berikut beberapa manfaatnya menurut MedicineNet.

Cukup Aman bagi Diabetes:

Kurma tinggi kandungan fruktosa, sehingga manis secara alami. Tapi kurma (buah kurma yang segar) punya indeks glikemik yang rendah, sehingga dampaknya relatif ringan terhadap kadar gula darah. Makanan dengan indeksi glikemik rendah hanya sedikit meningkatkan kadar gula darah setelah memakannya. Karena itu kurma segar cukup aman bagi penderita diabetes.

Kurangi Risiko Sakit Jantung:

Kurma tinggi kandungan serat pangan, yang bantu menurunkan kolesterol “jahat” LDL. Serat pangan cenderung berikatan dengan kolesterol dan mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah. Dengan begitu, penumpukan lemak di arteri bisa dicegah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Kaya Antioksidan:

Kurma kaya antioksidan, yang dapat mengurangi risiko dari berbagai penyakit. Antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan molekul-molekul tak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya pada tubuh dan mengarah pada penyakit.

Pencernaan Sehat:

Karena tinggi kandungan serat larut dan tak larut, kurma baik bagi pencernaan. Apa khasiat makan kurma setiap hari bagi pencernaan antara lain untuk mencegah sembelit, diare, dan peradangan pada saluran pencernaan.

Tingkatkan Bakteri Baik Usus:

Kurma kaya akan zat-zat penting, seperti asam amino dan serat pangan. Ini membantu membersihkan bakteri-bakteri jahat yang bersarang di usus sehingga mendorong pertumbuhan bakteri-bakteri baik.

Dukung Sistem Saraf:

Kurma tinggi kandungan kalium, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan detak jantung, fungsi pernapasan, dan fungsi ototo.

Perbaiki Metabolisme:

Apa khasiat makan kurma setiap hari ini dimungkinkan karena kurma kaya vitamin B, seperti asam pantotenat (pantothenic acid), folat, dan niasin.

Tingkatkan Energi:

Vitamin-vitamin yang terkandung dalam kurma dapat memperbaiki metabolisme, yang pada akhirnya juga dapat mengurangi rasa lelah dan tingkatkan energi.

Bantu Jaga Berat Badan:

Kurma membantu menurunkan kadar gula darah, yang pada akhirnya juga bermanfaat untuk mengendalikan berat badan ideal.

Kontrol Tekanan Darah:

Kandungan kalium dalam kurma penting untuk mengeluarkan sodium (natrium) dari dalam tubuh. Jadi, kalium mengatur tekanan darah dengan cara menghilangkan sodium dari tubuh. Kalium juga dibutuhkan agar jantung dapat berdetak dengan baik.

Cegah Anemia:

Kurma kaya zat besi yang penting untuk memproduksi sel-sel darah merah. Produk sel darah merah yang baik dapat mengurangi risiko anemia dan bisa mencegah gejala-gejala terkait anemia, seperti kelelahan dan rasa lemas.

Perkuat Tulang:

Apa khasiat makan kurma setiap hari ini dimungkinkan oleh kandungan mineral dalam kurma yang memperkuat tulang dan bantu mencegah berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis. Kurma mengandung mineral seperti selenium, mangan, tembaga, dan banyak lagi, yang berkontribusi pada perkembangan tulang yang sehat.

Turunkan Kolesterol:

Makan kurma setiap hari adalah cara yang enak dan sehat untuk menyingkirkan kelebihan kolesterol “jahat” LDL dari dalam tubuh.

Kesehatan Seksual:

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurma bermanfaat dalam meningkatkan stamina seksual dengan mengurangi risiko kemandulan yang disebabkan oleh berbagai masalah seksual.

Kurangi Risiko Kanker:

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurma membantu mengurangi risiko dan dampak dari kanker perut.

Dukung Kesehatan Mulut:

Apa khasiat makan kurma setiap hari bagi mulut? Kurma bantu menjaga dan meningkaktan kekuatan enamel gigi, juga mengurangi risiko kerusakan gigi karena mengandung fluoride.

Lawan Infeksi:

Kandungan sulfur yang cukup tinggi dalam kurma membantu tubuh dalam melawan berbagai masalah kesehatan dan alergi.

Perbaiki Kesehatan Rambut:

Kurma mengandung vitamin B5 yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Itu berguna untuk mengurangi kerontokan rambut, memperkuat rambut yang rapuh, dan mengurangi ujung bercabang. Makan 3-4 buah kurma setiap hari dapat membantu mengurangi masalah rambut.

Berapa Banyak Makan Kurma Setiap Hari?

Ilustrasi berapa banyak makan kurma setiap hari
Photo by Ninell_Art from Getty Images via Canva

MedicineNet menjelaskan berapa banyak makan kurma setiap hari adalah idealnya 100 g atau segenggam kurma untuk mendapatkan semua zat gizi pentingnya.

Namun, jumlah yang dikonsumsi mungkin berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada kebutuhan kalori dan kondisi kesehatan yang dimilikinya. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi tentang berapa banyak makan kurma setiap hari sesuai kondisi Anda.

Dr. Dixa Bhavsar, seorang ahli kesehatan Ayurveda juga menjelaskan berapa banyak makan kurma setiap hari. Ia menyarankan untuk memakan setidaknya dua butir kurma setiap hari. Tapi jika pencernaan sehat, dapat memakan sampai 4 butir kurma setiap hari, terutama bagi orang yang ingin menambah berat badan.

Rata-rata setiap 100 gram kurma mengandung zat-zat gizi berikut ini:

  • Kalori: 314 kkal
  • Protein: 2,14 gram
  • Lemak: 0,38 gram
  • Karbohidrat: 80,6 gram
  • Serat: 6,7 gram
  • Gula: 66 gram

Selain sumber mineral dan vitamin, kurma juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Kurma juga kaya akan mineral yang disebut selenium yang dapat menurunkan risiko kanker kandung kemih dan kanker prostat.

Apakah Kurma Memiliki Efek Samping?

Kurma yang sudah dikeringkan mengandung banyak antioksidan (polifenol), mineral, dan serat, tapi kandungan-kandungan ini ternyata juga bisa menjadi masalah bagi sebagian orang.

Kekhawatiran lain adalah tingginya kadar sulfit (zat yang juga ada dalam beberapa makanan lain) dalam kurma kering. Beberapa orang sensitif terhadap sulfit dan mungkin mengalami sejumlah efek samping akibat mengonsumsinya.

Karena itu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai makan kurma setiap hari sebagai suplemen kesehatan.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah penjelasan dari WebMD tentang apakah kurma memiliki efek samping.

Ilustrasi apakah kurma memiliki efek samping
Photo by NorGal from Getty Images via Canva

Alergi

Beberapa orang mengalami reaksi alergi setelah memakan kurma. Selain itu, sulfit dalam kuram kering dapat menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Gejalanya bisa bermacam-macam, dan banyak yang mengalami ruam kulit. Beberapa orang mungkin mengalami mata sensitif, disertai mata gatal, berair, atau merah, atau mengalami pilek setelah memakannya.

Tinggi Kandungan Gula

Kurma kering tinggi kandungan gula, terutama terkait dengan vitamin dan mineral yang dikandungnya. Hal ini berlaku untuk semua bentuk kurma, tapi proses pengeringan semakin meningkatkan kandungan gulanya.

Jika Anda khawatir dengan kadar gula darah, sebaiknya tetap mengonsumsi buah kurma segar (bukan yang dikeringkan) dan dalam jumlah secukupnya saja. Karena penelitian menunjukkan bahwa kurma segar relatif sedikit dampaknya terhadap kadar gula darah.

Tinggi Kalori

Dua buah kurma kering sudah mengandung 110 kalori. Ini menjadikannya pilihan bagus sebagai camilan yang padat energi, tapi kurang ideal untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan karena alasan kesehatan, cobalah jenis buah kering lain yang kaya zat gizi, tapi lebih rendah kalori daripada kurma kering.

Kesimpulan tentang Apa Khasiat Makan Kurma Setiap Hari

Apa khasiat makan kurma setiap hari? Antara lain bantu kurangi risiko sakit jantung, cegah berbagai penyakit, sehatkan pencernaan, dukung sistem saraf, perbaiki metabolisme, kontrol tekanan darah, cegah anemia, perkuat tulang, turunkan kolesterol, kurangi risiko kanker perut, dukung kesehatan mulut, lawan infeksi, dan perbaiki kesehatan rambut.

Berapa banyak makan kurma setiap hari? Bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan masing-masing orang. Namun pada umumnya bisa dimakan sekitar 2-3 butir kurma setiap hari.

Apakah kurma memiliki efek samping? Kurma, terutama yang sudah dikeringkan, memiliki kandungan gula yang tinggi dan mengandung sulfit. Kandungan gula yang tinggi bisa berdampak buruk bagi kadar gula darah jika dikonsumsi berlebihan. Dan kandungan sulfit dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat makan kurma setiap hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}