Apa Ciri Tumor Testis?

495
Shutterstock

Diedit:

Ternyata tumor testis merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah disembuhkan, penyakit ini disebut juga kanker testis – apabila sel kanker didalamnya sudah mulai mengalami penyebaran atau bertambah ganas. Walaupun mudah disembuhkan, Anda bisa jadi memerlukan beragam kombinasi perawatan medis yang cocok dengan jenis kanker dan stadium kanker yang Anda miliki. Penyakit tumor testis dapat dikata langka, karena kebanyakan yang mengidap tumor testis ialah pria asal Amerika dengan rentang usia antara 15 sampai 35 tahun. Selain itu, organ testis sangatlah penting!

Mengapa? Ini adalah salah satu organ reproduksi pria yang menghasilkan hormon seksual dan memengaruhi kejantanan kesuburan seseorang. Testis merupakan nama ilmiah dari sebutan ‘buah zakar’ yang ada di dalam skrotum, letaknya tepat menggantung dibawah penis. Sebenarnya Anda bisa memeriksa keberadaan tumor testis secara pribadi, namun beberapa orang seringkali salah mengira saluran epididymis sebagai benjolan tumor, padahal tumor biasanya terletak disampin dan didepan testis, karena pemeriksaan demikian kurang meyakinkan, sebaiknya Anda minta bantuan dokter.

Lalu, apa ciri-ciri tumor testis? Selain keberadaan benjolan yang disebutkan tadi kantung skrotum dapat terasa berat, Anda juga dapat mengalami keluarnya cairan secara tiba-tiba. Tumor skrotum biasanya menyerang satu testis saja, dan ketahuilah saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi – bisa jadi Anda melihat adanya perbedaan ukuran testis tapi bukan ini yang dimaksud kanker testis, perbedaan tersebut wajar hingga ditemukannya benjolan yang disertai rasa sakit. Lalu, kapan seharusnya Anda memeriksa keadaan ke dokter? Apabila keadaan tersebut berlangsung lebih dari 2 minggu.

Beberapa kondisi tumor testis yang umum ialah; timbulnya rasa nyeri pada testis yang disertai dengan pembesaran sebelah testis. Adapula yang merasakan nyeri pada lipatan paha serta perut dengan perasaan tidak nyaman, namun ini jarang terjadi. Anda juga perlu waspada terhadap penyebaran sel kanker menuju tulang – ini hanya dapat diketahui setelah Anda mengeluh sakit punggung. Waspadai juga penyebaran kanker yang menuju paru-paru dengan ciri-ciri batuk dan adanya benjolan di leher. Kewaspadaan tak hanya dilakukan bagi ciri-ciri tumor testis, pengobatannya pun terlibat, mengingat banyak kasus memperlihatkan komplikasi setelah melakukan radio terapi berupa gangguan ereksi.

Baca juga:  Apa Penyebab Tumor Testis?

Begitu pula dengan kemoterapi, dampatnya yang dapat memengaruhi kesuburan Anda juga perlu diwaspadai. Selain dari pengobatan, penyakit tumor testis juga memperbesar risiko seorang pria untuk mengalami leukimia yang terjadi pada kanker stadium lanjut atau sudah akut. Bicara soal stadium kanker, bagaimana kita bisa membedakannya? Ya, ada 3 tahapan stadium kanker, pada tahap 1 sel kanker baru muncul di testis. Menginjak stadium 2, sel kanker mulai aktif dan menyerang kelenjar getah bening di sekitar perut. Jika mencapat stadium 3, sel kanker akan menyerang hati serta paru-paru. Apabila hal ini telah terjadi tentu pengobatan akan sulit dilakukan, karena memicu kemunculan keduanya.

Advertisement
Alinesia