Apa Pengobatan Tumor Testis?

594
Shutterstock

Diedit:

Sebelumnya, kita sudah mencoba mengenali gejala-gejala tumor testis. Sekarang, mari kita bahas beberapa pilihan untuk mengobati tumor testis yang mencakup operasi atau pembedahan, teknik radiasi, kemoterapi, terapi imun seluler, dan pengobatan kombinasi untuk tumor testis.

Operasi Tumor

Pengobatan tumor testis dengan cara operasi atau pembedahan biasanya dilakukan pada pasien yang masih dalam tahapan awal (dini) dengan melakukan pengangkatan pada testisnya.

Dokter biasanya akan melakukan sayatan pada bagian pangkal paha pasien untuk mengangkat testisnya. Mereka yang melakukan pengobatan tersebut biasanya khawatir akan resiko bahwa operasi akan menyebabkan infertilitas dan mengalami gangguan seksualitas.

Meski begitu, cara pengobatan dengan melakukan operasi tersebut masih dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengobati tumor testis yang masih berusia muda.

Terapi Radiasi

Selain dengan melakukan operasi, pengobatan tumor testis lainnya ialah dengan cara melakukan terapi radiasi. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan sinar yang memiliki energi tinggi untuk membunuh sel-sel tumornya.

Terapi radiasi ini bersifat lokal dan hanya berpengaruh pada sel-sel tumor yang ada di daerah yang sedang diobati. Yang perlu diperhatikan, tumor testis jenis sel spermatogonium cenderung sensitif terhadap radiasi.

Sebaliknya, tumor non sel spermatogonium tidak bersifat sensitif terhadap radiasi. Makanya, dokter tidak akan melakukan terapi ini pada penderita tumor testis sel spermatogonium.

Kemoterapi

Upaya lainnya ialah dengan cara memberikan obat-obatan anti-kanker untuk membunuh sel-sel tumor yang masih tersisa pasca dilakukannya pembedahan atau operasi.

Pengobatan ini disebut dengan kemoterapi yang dimaksudkan untuk membunuh sel-sel tumor yang masih hidup dan berpotensi akan tumbuh menjadi tumor ganas.

Terapi Imun Seluler

Terapi ini merupakan jenis pengobatan tumor testis terbaru yang diklaim sangat efektif untuk mengobati penderita kanker testis. Terapi ini diibaratkan sebagai rudal yang memiliki kemampuan untuk langsung menembus pertahanan tumor dan meledakkannya sampai luluh lantak.

Baca juga:  Apa Penyebab Tumor Testis?

Pengobatan ini bersifat tertarget dan lokalistik sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berarti bagi sel-sel yang masih sehat. Terapi ini sangat efektif jika digunakan untuk membunuh sel-sel tumor yang mungkin masih tersisa pasca operasi dan mencegah terjadinya penyebaran tumor sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Kombinasi Pengobatan Tumor Testis

Teknik ini dilakukan dengan cara menggabungkan antara pengobatan tumor ala Barat dengan Timur, khususnya China. Kombinasi pengobatan ini bersifat menyeimbangkan yakni dapat membabat habis sel tumor dan kemudian mencegah kemungkinan tumor tumbuh kembali.

Pengobatan kombinasi antara jalur medik dengan herbal ini dianggap sangat efektif karena mampu mengurangi sifat kekambuhan tumor dan meningkatkan kualitas hidup pasien pasca pengobatan dengan mengurangi efek pengobatannya itu sendiri.

Itulah beberapa cara pengobatan tumor testis yang harus dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan tumor. Namun, tetap saja, hal yang paling efektif dari penanganan tumor tesis ialah dengan cara mendeteksinya sejak awal supaya tumor tidak menjalar kemana-mana dan memudahkan pengobatannya.