Apa Ciri-Ciri Tumor Usus Besar?


By Cindy Wijaya

Kebanyakan orang tak menyadari adanya tumor usus besar yang bersarang dalam organ pencernaan mereka. Hal ini dikarenakan penderitanya jarang sekali memperlihatkan keberadaan ciri-ciri tumor usus besar, bukan karena mereka menahan rasa sakit yang timbul tapi memang sebenarnya tak terasa ada yang aneh hingga penyakit ini bertambah serius.

Kemunculannya baru dicurigai saat Anda susah buang air besar atau mengalami konstipasi. Kotoran yang telah mengeras dapat menjadi pemicu terjadinya tumor usus besar, maka berhati-hatilah jika Anda merasakan hal demikian!

Selain mengalami konstipasi, kondisi sebaliknya atau diare yang berlangsung cukup lama juga perlu diwaspadai. Tapi keadaan ini dapat menjadi ciri-ciri penyakit lainnya, seperti; infeksi saluran cerna, kelebihan vitamin C, ataupun alergi laktosa. Kondisi yang disebutkan tadi memang dapat menimbulkan diare, namun ini berbeda dengan ciri-ciri tumor usus besar. Diare yang dihasilkan karena tumor usus besar seringkali ditandai dengan adanya noda darah atau bercak darah. Jika hal ini terjadi tentu saja usus besar Anda telah mengalami peradangan akut atau polip yang telah pecah.

Perlu diingat

Perlu diingat, bercak darah yang keluar biasanya melekat atau bercampur dengan kotoran. Keluarnya darah karena tumor usus besar tidak terjadi sesaat sebelum atau sesudah buang air besar. Jika hal ini terjadi kemungkinan Anda mengalami wasir.

Ciri-ciri tumor usus besar yang bisa Anda waspadai adalah terjadinya penurunan sel darah merah atau anemia. Seseorang dinyatakan kekurangan sel darah merah jika takaran hematokrit mencapai kurang dari 36% pada wanita dewasa atau 11,5 g/dL, sedangkan pada pria dewasa takaran hematokrit kurang dari 41% atau 13,5 g/dL.

Terjadinya penurunan berat badan menjadi ciri-ciri tumor usus besar yang cukup mencolok. Walau tampaknya tak diketahui apa penyebab jelasnya, namun penurunan berat badan dapat berkaitan dengan hilangnya nafsu makan saat Anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

Baca Juga:  Apa Pengobatan Tumor Usus Besar?

Hal ini merupakan reaksi yang normal, namun penurunan berat badan yang drastis justru menjadi pertanda bahwa nutrisi yang seharusnya diserap tubuh dalam darah, tampaknya berhasil dialihkan oleh sel kanker guna menyuburkan pertumbuhan sel abnormal yang kian membesar pada jaringan usus.

Gangguan pencernaan ini seringkali menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan yang disertai dengan perasaan mual dan ingin muntah, bisa jadi karena ukuran tumor yang kian membesar mulai mendorong keluar dari situs utamanya. Keadaan ini akan menguras tenaga dan emosi Anda yang mengalami tumor usus besar.

Jadi, apabila Anda menemukan adanya ciri-ciri tumor usus besar tersebut. Alangkah baiknya untuk segera menghubungi dokter, sehingga keadaan Anda dapat diperiksa dengan lebih akurat, terutama jika ada noda atau bercak darah pada kotoran tanpa rasa nyeri. Hal ini dapat mengidentifikasi adanya sesuatu hal yang tidak semestinya pada organ pencernaan atau usus besar Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}