Anoreksia: Temukan Fakta-Faktanya Disini!

479

Diedit:

Kehidupan sosial dan lingkungan sekitar itu dapat memberikan pengaruh yang benar-benar besar terhadap cara berpikir yang dimiliki oleh seseorang. Sekarang ini, wanita ingin selalu tampil ramping, dan itu dipengaruhi oleh dunia hiburan dan juga berbagai majalah fashion. Kondisi tersebut bisa menciptakan sebuah ilusi, ilusi mengenai bagaimana tubuh ideal itu.

Walaupun sebenarnya itu adalah ilusi yang salah, tetapi dalam pemikiran seseorang ilusi tersebut adalah benar. Pada akhirnya, karena pengaruh ilusi mengenai tubuh yang ideal, seseorang berusaha melakukan diet ekstrim. Kondisi ini sudah bermasalah dan dapat disebut sebagai anoreksia, jadi seseorang yang menganggap dirinya itu gemuk, padahal pada faktanya orang tersebut sudah memiliki tubuh yang ideal, tak terlalu gemuk. Mari baca selengkapnya.

Diet yang Salah

Diet yang awalnya termasuk sarana untuk mengontrol berat badan berlebih, kini berpotensi menjadi ancaman, berubah ke gangguan psikosis kompulsif. Hal ini biasanya terjadi pada seorang wanita. Di mana kalau pria cenderung lebih cuek mengenai berat badan, tetapi lain halnya bagi wanita, termasuk wanita remaja, dan secara khusus untuk wanita yang bekerja sebagai model profesional.

Itulah sebabnya kebanyakan yang terkena anoreksia adalah wanita yang bekerja sebagai model, Anda dapat melihatnya di luar negeri, semua itu karena persaingan dunia model yang begitu ketat. Tetapi tidak menutup kemungkinan, karena faktor tertentu, seseorang walaupun tidak bekerja sebagai model tetap terkena anoreksia. Jadi jangan dipandang sebelah mata saja tentang anoreksia ini.

Anoreksia Sebabkan Badan Terlampau Kurus

Seorang wanita atau pria yang mengalami anoreksia bukannya terlihat cantik, melainkan terlalu kurus. Itu karena diet ekstrim dan pola pikir yang salah. Bahkan orang tersebut walau sudah terlihat terlalu kurus, tetap saja berusaha menahan lapar terus menerus hingga akhirnya kondisi kesehatan yang fatal dapat terjadi kepada mereka. Jadi, seorang penderita anoreksia itu akan memiliki berat badan yang di bawah normal, untuk tinggi dan usia mereka.

Baca juga:  Penyakit Anoreksia: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Berat badan yang di bawah standar dengan menahan lapar terlalu berlebihan akan menyebabkan orang tersebut menderita malnutrisi juga. Cara yang mereka lakukan selain dengan diet ekstrim, juga diikuti olahraga berlebihan. Dengan begitu akhirnya kalori yang tersisa di tubuh juga akan ikut hilang terbakar. Walaupun terlihat terlalu kurus dan aneh di mata orang normal, tetapi di mata penderita anoreksia, karena kesalahan konsep pemikiran, mereka memandang bahwa tubuh mereka itu ideal.

Penyebab Terjadinya Anoreksia

Untuk penyebab pasti mengapa seseorang mengalami anoreksia memang masih belum ditemukan secara pasti. Namun para ahli medis memperkirakan jika gangguan yang satu ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu:

  • Lingkungan
  • Psikologis
  • Faktor biologis
  • Genetika

Komplikasi Anoreksia

  • Konstipasi
  • Osteoporosis
  • Kemandulan
  • Gagal ginjal
  • Anemia
  • Menstruasi tak lancar
  • Gagal jantung
  • Denyut jantung tak teratur
  • Kurang gizi

Cara Alami Menyembuhkan Anoreksia

Di sini karena yang salah adalah pola pikir dari pasien, maka penderita anoreksia harus dibimbing. Selain itu perawatan rumah sakit juga diperlukan, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari tubuh pasien anoreksia yang kurang, sebelum komplikasi terjadi.

Tetapi yang terpenting tetap saja terapi psikologis benar-benar dibutuhkan, jangan mengolok-ngolok penderita anoreksia, justru mental mereka akan semakin jatuh. Pemulihan seseorang dengan anoreksia tak bisa dalam waktu singkat namun butuh waktu yang lama. Sekian artikel mengenai fakta-fakta anoreksia, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia