Aneka Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh


By Cindy Wijaya

Kondisi cuaca akhir-akhir ini semakin tidak menentu. Yang tadinya panas terik bisa tiba-tiba berubah turun hujan deras. Perubahan cuaca yang ekstrim seperti itu harus diwaspadai karena jika tubuh tidak kuat Anda bisa terserang banyak penyakit. Inilah beberapa cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit!

Mengurangi stres.

Sesekali stres memang tidak berbahaya dan justru bermanfaat untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi tantangan, misalnya mempersiapkan presentasi. Tetapi terus-menerus stres akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa stres dapat melemahkan kekebalan tubuh yang tentunya mengurangi ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Bagaimana cara mengurangi stres? Berhentilah mengkhawatirkan hal-hal yang diluar kendali Anda, dan sederhanakan hidup supaya tidak banyak hal yang bikin stres. Luangkanlah waktu untuk rileks dan lakukan kegiatan yang Anda sukai.

Pelihara binatang.

Ada alasan kenapa anjing disebut sebagai “sahabat terbaik manusia”. Anjing dan binatang peliharaan lain, kucing misalnya, bukanlah sekadar teman. Mereka juga bisa membuat Anda pergi keluar rumah untuk berolahraga dan meningkatkan kebugaran.

Berbagai studi telah menemukan bahwa orang yang memelihara binatang memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah, serta jantung yang lebih sehat. Anjing juga bisa membantu meningkatkan perkembangan kekebalan tubuh seorang anak dan membuatnya jadi lebih tahan terhadap alergi.

Bangun ikatan sosial yang kuat.

Punya teman memang penting dan ikatan sosial yang kuat merupakan salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh. Riset baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang mempunyai hubungan yang sehat cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang hubungan sosialnya buruk. Ingin memperluas jaringan sosial? Cobalah jadi sukarelawan, ikuti kursus-kursus, dan bergabung dalam kelompok sosial yang menarik. Dan pastikan untuk terus memupuk ikatan yang sudah terbentuk.

Pertahankan pikiran positif.

Pikiran yang positif dapat memberikan sistem kekebalan tubuh dorongan untuk jadi lebih kuat. Sebuah studi yang melibatkan mahasiswa hukum memperlihatkan bahwa ketika mereka merasa optimis, sistem kekebalan tubuh mereka jadi lebih kuat. Untuk menjaga pikiran positif, luangkanlah waktu untuk menikmati hal-hal yang Anda nikmati, cari pelajaran-pelajaran yang bisa dipetik dalam situasi sulit, dan cobalah untuk tidak terus memikirkan pikiran negatif.

Tertawalah.

Ada bukti bahwa tertawa lepas dapat membantu meningkatkan sistem imun Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tertawa terbahak-bahak menonton video lucu memiliki fungsi sistem kekebalan tubuh yang lebih baik setelah menontonnya.

Aktif bergerak.

Olahraga adalah salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh yang paling sederhana. Olahraga juga bisa menurunkan stres dan mengurangi risiko penyakit osteoporosis, jantung, dan beberapa jenis kanker. Anda mendapatkan banyak manfaat apabila menyediakan watu setidaknya setengah jam setiap hari untuk kegiatan fisik yang energik. Ini termasuk bersepeda, berenang, dan berjalan kaki.

Demikianlah cara-cara meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Semakin kuat imunitas tubuh, maka semakin jarang Anda akan terserang penyakit.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}