9 Tips Terbaik untuk Mengatasi Varises secara Alami

467

Diedit:

Sebagaimana sudah kami jelaskan di artikel “5 Bahaya Varises”, varises yang terus dibiarkan dapat menimbulkan bahaya yang cukup berisiko. Maka pada kesempatan kali ini kami mengulas caranya untuk mengatasi varises dan meringankan keluhan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Berdasarkan data dari U.S. Department of Health and Human Services diperkirakan pengidap varises mencapai angka 25 % pada wanita dan 10 % pada pria. Sayang data seputar penyakit varises di Indonesia sama sekali tidak jelas. Ini karena kebanyakan penderita varises di Indonesia memilih tidak melakukan perawatan memadai untuk mengatasi varises secara medis.

Kebanyakan orang di Indonesia memandang varises hanya sebagai keluhan penampilan belaka tanpa menyadari ada sederet risiko kesehatan yang bisa muncul dari varises. Berbeda dengan pandangan di Amerika yang mulai menyadari pentingnya perawatan dan terapi untuk mengatasi keluhan varises hingga tuntas.

Bahkan perlakuan asuransi terhadap penyakit varises di Indonesia berbeda dengan di Amerika dan Eropa. Di Amerika dan Eropa, asuransi dan jaminan sosial nasional memberi jaminan untuk pasien varises yang mengambil langkah perawatan intensif. Sedangkan di Indonesia, perawatan varises dianggap sebagai terapi kosmetik sehingga tidak mendapatkan jaminan.

Sementara perawatan varises bisa dikatakan cukup mahal. Sebagian besar prosedur melibatkan perawatan dengan radio frekuensi, penyinaran laser, dan beberapa langkah pembedahan dan suntikan kimia khusus.

Inilah menjadi halangan bagi banyak penderita varises di Indonesia. Mengabaikan varises jelas bukan pilihan bijak mengingat varises bisa menyebabkan sejumlah keluhan kesehatan serius, tetapi mengambil langkah medis bisa memakan biaya besar. Dengan situasi ini, Anda bisa mengambil langkah alternatif dengan menjajal cara rumahan untuk mengatasi varises.

Jangan Anda kira varises sama sekali tidak bisa diatasi dengan cara rumahan. Selama keluhan varises yang Anda alami masih dalam skala ringan, keluhan varises masih sangat mungkin diatasi. Dan 9 cara rumahan untuk mengatasi varises yakni:

1. Cuka apel

Mungkin cuka apel adalah salah satu perawatan alternatif terbaik untuk kasus varises. Cuka apel bekerja membersihkan tubuh sekaligus membantu melancarkan aliran darah. Ketika sirkulasi darah bisa bekerja dengan lebih baik, maka keluhan pada varises bisa berkurang. Endapan darah akan kembali mengalir lancar, pembengkakan berkurang dan membantu pula meredakan rasa linu dan nyeri.

Anda bisa gunakan cuka apel ini sebagai minuman dengan mencampur 2 sendok teh cuka apel dengan 1 gelas air, lalu minum setiap hari 2 porsi. Lakukan pula perawatan oral dengan mengoleskan cairan cuka apel pada area varises sebelum Anda tidur. Ini akan membantu meredakan varises setelah kisaran 1 bulan aplikasi.

2. Bubuk paprika

Menurut situs top10homeremedies dikatakan bahwa bubuk paprika memiliki kekuatan unik mengatasi varises. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam paprika membantu mengatasi endapan dalam darah dengan meningkatkan kadar likuiditas darah. Ketika darah semakin cair, maka aliran darah akan semakin lancar sehingga endapan dan sumbatan aliran darah pada vena bisa teratasi.

Mereka yang menggunakan perawatan bubuk paprika untuk mengatasi varises biasanya mencampur setidaknya 1 sendok teh bubuk paprika ke dalam 1 gelas air bersuhu panas. Aduk dan diamkan sampai sedikit turun suhunya lalu minum segera. Untuk mendapatkan hasil optimal Anda bisa meminumnya 3 kali sehari setidaknya selama 2 – 3 bulan.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun bekerja dengan unik membantu meredakan rasa linu dari varises dengan mengompreskan langsung minyak zaitun pada area varises. Anda bisa gunakan campuran minyak zaitun dengan essens vitamin E untuk meningkatkan kadar vitamin E dalam minyak zaitun. Vitamin E akan membantu meregenerasi sel dinding pembuluh darah dan mengembalikan elastisitas sel dinding pembuluh darah.

Anda bisa gunakan minyak zaitun untuk memijat pelan area varises. Hindari tekanan berlebihan dan lakukan pemijatan justru tidak ketika Anda sedang merasa sangat nyeri pada area varises, karena pijatan bisa memberi tekanan semakin meningkat dan memicu tukak bila kondisi varises cukup berat.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu herbal anti inflamasi terbaik dan membantu melancarkan sirkulasi darah dengan efektif. Dengan mengaplikasikan pijatan memutar menggunakan minyak rendaman bawang putih pada area varises maka varises bisa berkurang secara bertahap. Lakukan rutin setidaknya 1 kali menjelang tidur dalam kisaran 1 bulan.

Anda juga bisa menambahkan asupan bawang putih dalam diet Anda untuk membantu menetralisir toksin dalam tubuh. Beberapa kasus varises berasal dari sirkulasi darah yang terganggu akibat tingginya kadar toksin dalam darah.

5. Daun parsley

Parsley dikenal mengandung banyak vitamin C yang menstimulasi pembentukan kolagen, elemen penting dalam proses regenerasi sel, termasuk sel dinding pembuluh darah. Kolagen akan membantu memperbaiki kerusakan dinding pembuluh darah yang rusak akibat sumbatan aliran darah.

Kandungan Xanthotoxin akan bekerja memperbaiki kandungan darah dan mengatasi tingginya toksin dalam darah hingga turut membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengatasi pembengkakan serta endapan darah yang terjebak dalam vena.

Anda bisa gunakan parsley sebagai kompres pada area varises dengan membuat ramuan khusus berupa rebusan daun parsley dan beberapa tetes air mawar. Dinginkan air rebusan dan gunakan untuk kompres. Ulang beberapa kali dalam sepekan setidakny selama 2 bulan untuk dapat merasakan hasilnya.

6. Daun binahong

Daun binahong memang sudah lama dikenal secara tradisional efektif membantu meredakan inflamasi pada kulit terbuka atau inflamasi di bawah kulit, termasuk membantu meredakan keluhan varises.

Anda bisa aplikasikan perawatan dengan daun binahong ini menggunakan air rebusan daun binahong sebagai rendaman bagian tubuh yang mengalami varises. Atau dengan menjadikan daun binahong yang sudah Anda haluskan sebagai kompres pada area varises. Sejumlah senyawa dalam binahong secara unik membantu mengatasi kerusakan sel pada jaringan otot dan pembuluh darah di bawah kulit.

7. Ginkgo biloba

Selama ini kebanyakan orang mengidentikan daun ginkgo biloba sebagai herbal untuk meningkatkan daya dan konsentrasi. Namun tak banyak yang tahu bahwa herbal ini bekerja efektif membantu meningkatkan kinerja jantung dan membantu memperbaiki sirkulasi darah.

Anda bisa menambah asupan ginkgo biloba dengan mengonsumsi air rebusan daun ginkgo biloba. Namun sebenarny herbal ini sudah mudah ditemukan dalam bentuk suplemen dengan efektifitas yang hampir serupa. Sebaiknya padukan perawatan dengan herbal ini bersama jenis perawatan oral untuk meningkatkan manfaat.

8. Minyak jarak

Minyak jarak bekerja secara instant dalam membantu meringankan rasa nyeri dan linu dengan mengaplikasikan langsung pada area varises. Minyak jarak juga memiliki kemampuan anti inflamasi dan mengatasi sumbatan serta endapan dalam darah. Melakukan kompress dan pemjatan ringan dengan minyak jarak akan meredakan pembengkakan dan efektif menyembunyikan vena dari permukaan kulit.

Untuk mendapatkan khasiat dari minyak jarak, Anda bisa oleskan minyak jarak murni pada area varises. Beberapa orang memilih merawat varises dengan mengoleskan minyak jarak sekaligus membungkusnya dengan perban untuk memberi tekanan pada area varises. Ini memaksimalkan manfaat dari minyak jarak.

9. Minyak biji anggur

Rendam biji anggur dalam minyak kelapa murni, diamkan selama 12 jam lalu panaskan pada api rendah beberapa menit. Setelah itu gunakan minyak rendaman ini sebagai kompress dan minyak pijat untuk area varises. Terapi ini bisa Anda lakukan setidaknya 2 kali dalam satu hari selama 2 – 3 bulan untuk menunjukan hasil.

Terapi ini terbukti membantu mengecilkan kembali ukuran vena, mengatasi peradangan yang menyebabkan terjadinya varises dan membantu mendorong sirkulasi darah sehingga membantu meringankan pengendapan darah dan mengatasi varises secara bertahap.

Seperti dijelaskan di awal artikel, mengabaikan varises jelas bukan pilihan bijak mengingat varises bisa menyebabkan sejumlah keluhan kesehatan serius, tetapi mengambil langkah medis bisa memakan biaya besar. Oleh karena itu, bagi yang tak ingin keluar banyak biaya, maka pilihan terbaiknya ialah dengan mencoba salah satu dari 9 cara alami mengatasi varises diatas.

Baca juga:  5 Bahaya Varises yang Selama Ini Tidak Kita Sadari!

Lakukanlah terapi alami diatas selama setidaknya 1-2 bulan, sampai kelihatan hasil positif dari terapi tersebut. Kunci untuk berhasil adalah: tekun dan sabar, karena hasil instan tidak bisa diharapkan jika Anda ingin mengatasi varises dengan cara alami.

Advertisement
Alinesia