Anda mungkin sudah pernah mendengarnya, dan pasti akan terus mendengarnya—sarapan sangat penting untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan punya berlimpah manfaat, misalnya membantu mengoptimalkan fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, dan bahkan menaikkan energy level.

Tentu saja, Anda tidak akan mendapat manfaat itu kalau menu sarapannya donat, kue, pisang goreng, atau makanan kurang sehat lainnya. Anda harus memulai hari dengan memakan sesuatu yang bernutrisi, alami, juga cukup bikin kenyang. Kalau tidak begitu, sarapan Anda cuman terdiri dari kalori kosong, yang hanya bikin cepat lapar.

Jadi, apa yang seharusnya Anda santap pagi-pagi? Ada yang bilang sarapan yang sehat itu oatmeal, smoothie, atau yogurt dengan buah sehat, tapi kali ini ada saran lain yang agak berbeda: muesli. Banyak orang belum pernah tahu tentang muesli. Tapi rupanya ada banyak sekali manfaat muesli, yang juga sering disebut muesli oatmeal.

Apa Itu Muesli?


Muesli adalah makanan kaya protein dan serat yang bisa dijadikan sarapan maupun camilan. Bahan utamanya adalah rolled oat mentah, dicampur beragam bahan sarapan lainnya.

Muesli awalnya cuman berupa sereal kering yang dibuat dari oat utuh yang dipanggang, kacang-kacangan, buah-buahan, dan serpihan gandum. Lama-kelamaan muesli berkembang menjadi semacam sarapan ‘gado-gado’—maksudnya, dapat terdiri dari beraneka ragam kombinasi bahan makanan, yang bisa direndam dan dibiarkan semalaman.

Kombinasinya misalnya biji-bijian, buah-buahan segar atau yang sudah dikeringkan, serealia, dan kacang-kacangan. Ramuannya, yang mengandung beragam vitamin, zat besi, dan magnesium, juga dapat dicampur dengan susu (susu sapi, kedelai, atau almond), atau yogurt atau jus buah, lalu dibiarkan di lemari es hingga semalaman.

Muesli sering kali disamakan dengan granola, tapi biasanya muesli merupakan pilihan yang lebih alami sekaligus lebih sedikit gulanya, sehingga menjadikannya sarapan yang lebih sehat daripada granola. Jadi, apa lagi yang membuat Anda harus menyukai makanan ‘gado-gado’ muesli oatmeal ini? Berikut adalah 8 alasan utamanya.

Baca juga  Ini Dia Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Hari!

1. Lebih Sehat daripada Sereal Lain

Sereal bergula dan makanan lezat yang dijual di toko-toko makanan sekitar mungkin rasanya menggoda, tapi sayangnya penuh dengan gula, dan entah apa lagi komposisinya.

Muesli sering kali hanya mengandung sedikit gula dan lebih sedikit kalori dibandingkan kue-kue kering serta sandwich. Selain itu, karena Anda bisa mengatur sendiri kombinasinya, maka Anda bisa memastikan tidak ada bahan-bahan yang banyak mengandung gula atau bahan-bahan kimia.

2. Mengandung Banyak Serat dan Serealia Utuh

Walaupun sulit untuk mengukur seberapa banyak serat yang terdapat dalam muesli oatmeal—karena ada begitu banyak pilihan kombinasi berbeda yang dapat dibuat—tapi sepiring muesli biasanya tinggi kandungan serat dan serealia utuh. Keduanya baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat dan seralia utuh bisa memperbaiki saluran pencernaan Anda.

3. Anda Akan Lebih Kenyang, Lebih Lama

Serat dan seralia utuh bukan hanya menyehatkan perut, tetapi juga memenuhi perut Anda. Anda tidak akan kelaparan, seperti yang terjadi saat Anda cuman sarapan kue atau roti.

Selain itu, oat mentah mengandung berlimpah zat pati yang resisten, sehingga membuat muesli sebagai yang sangat mengisi perut dan butuh waktu lama untuk dicerna. Seraya zat pati resisten dipecah di lambung, asam pencernaan yang menekan nafsu makan Anda akan dilepaskan, dan metabolisme pun meningkat—jadi tubuh lebih banyak membakar kalori dalam waktu lebih singkat.

Data yang diperoleh dari penelitian NHANES mengungkapkan bahwa mengonsumsi oat secara rutin dikaitkan dengan berat badan yang lebih ideal pada orang dewasa.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat muesli oatmeal bagi jantung tak terlepas dari peran oat bran (bagian kulit luar dari oat), yang memiliki serat oat bernama beta-glukan.

Baca juga  Cara Membuat Oatmeal Enak dalam Waktu Singkat

Berdasarkan penelitian, beta-glukan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol hingga sebanyak 10 persen. Dengan rutin makan muesli setiap hari, Anda akan secara drastis mengoptimalkan kesehatan jantung Anda.

Untuk menambahkan manfaat muesli bagi jantung, coba tambahkan air perasan jeruk lemon ke muesli. Menambahkan vitamin C dari lemon dapat membantu menurunkan kolesterol juga, sehingga akan lebih meningkatkan kesehatan jantung Anda.

5. Mengandung Lebih Banyak Nutrisi

Karena bisa direndam sampai semalaman, maka nutrisi-nutrisi baik dari bahan-bahan muesli oatmeal akan punya lebih banyak waktu untuk meresap. Setiap ‘antinutrisi’ yang mengganggu kerja enzim pencernaan atau menghambat penyerapan mineral bisa menjadi tidak aktif selama waktu itu.

Walaupun memasak makanan bisa punya efek yang sama terhadap antinutrisi pengganggu tersebut, tetapi merendam makanan sebenarnya lebih membuat makanan mudah dicerna.

6. Bikin Puas

Ingat beta-glukan? Nah, kandungan serat ini sebenarnya bisa berbuat lebih banyak daripada hanya menurunkan kolesterol. Tak cuman akan penuh kandungan serat, menambahkan beta-glukan ke dalam makanan-makanan seperti kue, pasta, mie, atau muesli, dapat memengaruhi keunikan mereka, seperti ketebalan, tekstur, serta penampilannya.

Penelitian mendapati bahwa selain memperkaya keunikan juga nilai nutrisi dari suatu makanan, beta-glukan juga bisa meningkatkan cita rasa dari beberapa makanan. Itu artinya, mengonsumsi muesli oatmeal dapat memuaskan hasrat Anda terhadap makanan apa pun!

7. Bisa Ditambahkan Protein

Bisa juga ditambahkan apa pun yang Anda inginkan! Menambahkan kacang-kacangan bisa melengkapi kandungan protein serta omega-3 dari sarapan ini, sementara bahan-bahan lain seperti buah bisa memberikan Anda sejumlah kalium, serat, vitamin E, C, B-12, dan masih banyak lagi.

Susu sapi atau alternatif susu lain seperti susu almond, susu kedelai, atau yogurt yang biasanya digunakan untuk merendam oat adalah cara lain untuk melengkapi kandungan protein dalam muesli. Pada dasarnya, apa pun yang Anda butuhkan untuk mengawali hari, bisa dicampurkan ke ‘gado-gado’ oatmeal—entah untuk merendam oat, atau sebagai topping-nya—sesuai kreatifitas Anda!

Baca juga  Ini Dia Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Hari!

8. Membantu Anda Menghindari Makanan Tak Sehat

Dengan memilih muesli sebagai pilihan sarapan, Anda akan melindungi diri dari memakan sesuatu yang bikin gemuk atau penuh gula yang dapat merusak kesehatan, dan ukuran lingkar pinggang Anda.

Dengan mengetahui manfaat-manfaat muesli, Anda seharusnya bisa membuat pilihan sarapan yang tepat yang akan bermanfaat sepanjang hari—sampai Anda menutup hari dengan tidur.

Mungkin yang terbaik darinya adalah bahwa makanan ini trendy, disamping manfaat muesli bagi kesehatan. Di zaman sekarang dimana banyak orang lebih memilih sesuatu yang tampak keren dan bergaya, maka muesli sangat lah cocok.

Muesli bisa disimpan di toples mason semalaman di dalam lemari es, dan bawalah ke tempat kerja esok harinya. Rekan-rekan kerja bukan hanya akan kagum dengan gaya hidup gabungan modern-vintage Anda, tetapi Anda juga punya sarapan pagi yang sehat dan memuaskan. Jadi, sudah cukup yakin untuk mencoba sarapan muesli mulai besok pagi?