8 Manfaat Madu Murni untuk Kesehatan Lengkap Anda

497
huffingtonpost.ca

Diedit:

Madu telah digunakan dalam begitu banyak budaya di seputar dunia sejak 2500 tahun ke belakang. Meskipun manfaat madu bagi kesehatan sudah sangat dikenal dalam dunia pengobatan tradisional, namun para peneliti modern pun juga ikut meneliti khasiat madu murni.

Apa yang membuat madu begitu populer? Kemungkinan besar karena madu mudah dikonsumsi. Anda bisa langsung mengonsumsinya, menaruhnya di atas roti seperti selai, dicampurkan dengan jus atau minuman lain, atau dicampurkan dengan air hangat, air perasan jeruk nipis, kayu manis, dan herbal lain untuk dijadikan obat.

Madu dinikmati oleh semua kalangan karena rasa serta manfaat kesehatan yang dimikinya, sehingga banyak digunakan dalam berbagai hal.

Aneka Ragam Manfaat Madu

Manfaat kesehatan yang diberikan madu cukup mengesankan, dan ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa khasiat madu bagi kesehatan Anda.

1. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi madu dengan penurunan berat badan. Penelitian oleh San Diego State University mendapati bahwa mengganti gula dengan madu benar-benar membantu mencegah kenaikan berat badan sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan gula, madu mampu menurunkan trigliserida. Studi ilmiah lain dari University of Wyoming menemukan bahwa madu murni bisa mengaktifkan hormon-hormon yang menekan nafsu makan.

2. Mengatasi Alergi Serbuk Sari

Madu murni mengandung bee pollen (serbuk sari lebah), yang dikenal sanggup menangkal infeksi, memberikan bantuan anti alergi alami serta meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Kemampuan madu untuk mencegah alergi didasarkan atas konsep imunoterapi.

Sebenarnya lebah mengumpulkan serbuk sari yang menyebabkan alergi. Ketika mengonsumsi madu, berarti juga mengonsumsi serbuk sari tersebut. Setelah beberapa lama, penderita alergi mungkin menjadi kurang sensitif terhadap serbuk sari yang sebelumnya bisa menyebabkan alergi. Akhirnya ia hanya mengalami sedikit gejala alergi serbuk sari.

Penelitian tahun 2013 mendapati bahwa konsumsi madu dosis tinggi (1 gram per kg berat badan setiap hari) bisa mengurangi gejala alergi dalam waktu 8 minggu. Para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi madu akan mengurangi keseluruhan gejala alergi rinitis. Alergi rinitis adalah respon alergi yang menyebabkan mata gatal, berair, bersin, dan gejala serupa lainnya.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa konsumsi 1 sendok makan madu murni setiap hari bisa bermanfaat sebagai obat alergi. Namun harus jenis madu yang tidak melalui proses pasteurisasi, karena mereka tidak mengandung serbuk sari. Jadi untuk mencegah alergi serbuk sari/musiman, diperlukan madu murni mentah dengan kandungan serbuk sari.

3. Sumber Antioksidan

Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi madu murni harian menaikkan kadar antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit. Juga meningkatkan sistem kekebalan yang berfungsi mencegah beragam jenis penyakit berbahaya. Madu mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti sanggup mengurangi risiko penyakit jantung serta kanker.

Baca juga:  Madu Untuk Diabetes, Amankah?

Suatu studi ilmiah melibatkan 25 partisipan yang diberikan sekitar 4 sendok makan madu setiap hari selama 29 hari sebagai tambahan dari menu makanan biasa mereka. Ketika sampel darah mereka diperiksa di awal dan di akhir studi, para peneliti mendapati adanya kaitan langsung antara konsumsi madu dengan peningkatan kadar polifenol di dalam tubuh.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa madu mengandung antioksidan flavonoid pinocembrin, pinostrobin, dan chrysin yang bertugas melawan penyakit. Pinocembrin mendukung aktivitas enzim, dan banyak penelitian membuktikan pinocembrin merangsang apoptosis (proses bunuh diri) dari banyak jenis sel-sel kanker. Penelitian laboratorium juga menunjukkan bahwa chrysin dapat meningkatkan kadar testosteron serta meningkatkan massa otot tubuh.

4. Sumber Energi Natural

Madu murni mentah mengandung gula alami (80 persen), air (18 persen), dan mineral, vitamin, serbuk sari, serta protein (2 persen). Tak heran jika madu disebut sebagai “bahan bakar sempurna untuk pelari.” Madu menyediakan suplai energi yang mudah diserap dalam bentuk glikogen hati, sehingga ideal untuk mengawali pagi dengan semangat dan sebagai sumber energi untuk olahraga.

Studi ilmiah di University of Memphis Exercise dan Sports Nutrition Laboratory menunjukkan bahwa madu adalah salah satu pilihan karbohidrat terbaik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Disamping itu, penelitian juga sudah mengungkapkan bahwa sebagai bahan bakar olahraga, khasiat madu setara dengan glukosa, yang adalah gula yang digunakan dalam kebanyakan produk energy gel.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Madu murni membantu memperbaiki kualitas tidur melalui dua cara. Pertama, dengan mengonsumsi madu sebelum tidur, ini akan mengisi kembali pasokan glikogen hati dan mencegah otak agar tidak memicu proses pencarian bahan bakar, yang bisa membangunkan Anda.

Kedua, mengonsumsi madu murni mentah mendorong pelepasan melatonin di otak dengan menciptakan lonjakan kecil kadar insulin, sehingga merangsang pelepasan triptofan di otak. Triptofan akan berubah menjadi serotonin, yang kemudian diubah menjadi melatonin.

Melatonin juga meningkatkan kekebalan tubuh serat membantu memperbaiki kerusakan jaringan tubuh selama Anda tidur. Jika Anda kurang tidur, Anda berisiko mengidap darah tinggi, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, atau atrtritis. Karena madu berperan sebagai obat tidur alami, maka madu juga membantu menekan risiko dari semua penyakit tersebut.

6. Menyembuhkan Luka

Peneliti Peter Charles Molan di University of Waikato berhasil membuktikan bahwa madu merupakan bahan alami anti bakteri yang bermanfaat menyemuhkan luka. Beliau juga mendapati bahwa madu bereaksi dengan cairan tubuh untuk membuat hidrogen peroksida, sehingga menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri.

Manfaat madu untuk mengatasi berbagai masalah kulit juga telah diteliti. Madu dapat mengurangi ukuran, rasa sakit, dan bau tak sedap dari luka akibat masalah kulit.

7. Membantu Pengobatan Diabetes

Konsumsi madu murni dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu pengobatan diabetes. Perpaduan antara madu murni dengan kayu manis khususnya bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah, juga banyak masalah kesehatan lain seperti radang gusi dan jerawat.

Baca juga:  Madu: Obat Luka Alami!

Madu dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa (gula darah) plasma yang lebih rendah pada penderita diabetes daripada gula dekstrosa dan sukrosa. Beberapa orang menyarankan memadukannya dengan kayu manis yang bermanfaat meningkatkan insulin agar dapat menangkal kenaikan glukosa akibat konsumsi madu.

Madu murni mentah juga meningkatkan insulin sekaligus menurunkan hiperglikemia. Cobalah konsumsi sedikit demi sedikit dan amati bagaimana kadar gula darah Anda bereaksi terhadapnya. Jika hasilnya bagus, Anda bisa menambahkan konsumsi madu murni dan kayu manis ke dalam rencana pengobatan diabetes Anda. Tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

8. Sirup Obat Batuk Alami

Khasiat madu diketahui sama efektifnya dengan sirup obat batuk di pasaran. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi madu bisa mengurangi sekresi lendir dan gejala batuk. Dalam suatu penelitian diperlihatkan bagaimana manfaat madu yang setara dengan diphenhydramine dan dextromethorphan—kedua bahan umum dalam berbagai obat batuk. Untuk mengobati batuk, minumlah kisaran ½ sendok teh – 2 sendok teh madu sebelum tidur.

Ciri-Ciri Madu Asli

Walaupun memang ada begitu banyak khasiat madu bagi kesehatan, tapi akan percuma jika madu yang Anda konsumsi ternyata palsu atau sudah tidak murni lagi. Tidak mudah memang membedakan mana madu yang asli dan yang tidak.

Ciri-ciri madu asli dari segi warnanya adalah cokelat keemasan. Sayangnya banyak madu palsu juga warnanya sangat mirip dengan yang asli. Karena itu ada sejumlah cara untuk menguji keaslian madu:

  • Uji dengan Air

    Madu murni hanya mengandung sedikit air, jadi coba tuangkan air ke dalam gelas kaca lalu tuangkan 1 sendok makan madu. Ciri-ciri madu asli adalah jika tidak mudah menyatu dengan air, tapi justru mengental di bagian bawah. Diaduk sekali pun madu murni tetap susah menyatu dengan air.

  • Uji Kelengketan

    Madu palsu biasanya dicampurkan gula sehingga sangat lengket, sedangkan madu murni tidak terlalu lengket. Coba uji kelengketannya dengan menempelkan madu di jari tangan, diamkan sampai 2 menit. Madu palsu akan menjadi sangat lekat dan susah dilepaskan.

  • Uji dengan Kertas

    Coba tuangkan 1 sendok teh madu ke atas kertas dan tunggu sampai 3 menit. Ciri-ciri madu asli adalah jika hanya sedikit atau sama sekali tidak ada air yang menembus kertas dan tidak melubanginya. Sedangkan madu palsu pasti akan menembus dan melubangi kertas karena mengandung banyak air.

Itulah beberapa cara menguji keaslian dan kemurnian madu. Jika Anda ingin mendapatkan khasiat madu yang maksimal, maka sebaiknya pilihlah madu yang 100% murni tanpa tambahan bahan lain apa pun.

Karena memiliki beragam kandungan nutrisi serta khasiat kesehatan, tak ada alasan bagi kita untuk tidak menyimpan madu di rumah. Sebagai pemanis alami, membantu menurunkan berat badan, sumber energi natural, sumber antioksidan kuat, atau menyembuhkan luka—manfaat madu manakah yang ingin Anda rasakan?

Advertisement
Alinesia