Manfaat Madu untuk Menghilangkan Jerawat

654
Shutterstock

Diedit:

Ingin wajah mulus dan bersih tanpa jerawat? Semua orang, khususnya para wanita, tentu mendambakannya. Keberadaan jerawat memang menjengkelkan, terlebih jika jerawat yang timbul sukar dihilangkan. Meski begitu, banyak cara yang ternyata bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara efektif, baik dengan pengobatan medis maupun secara tradisional, misalnya dengan Madu.

Sebelumnya, mari kita lihat berbagai faktor penyebab wajah seseorang berjerawat. Berikut merupakan beberapa di antaranya.

  • Produksi minyak yang berlebihan.
  • Fantor genetik dari orang tua.
  • Faktor iritasi kulit.
  • Penggunaan kosmetika yang tidak cocok.
  • Penggunaan obat-obatan.

Sebenarnya, tidak perlu obat yang mahal dan perawatan yang ribet untuk mengatasi jerawat membandel karena alam sudah begitu baik menyediakan segalanya untuk kebutuhan manusia.

Dalam konteks ini, Anda bisa mencoba mengobati jerawat dengan menggunakan Madu yang ternyata, selain memiliki rasa yang manis, juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit (digunakan menjadi masker), membersihkan bekas jerawat, dan juga mengurangi iritasi akibat jerawat.

Madu kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan perempuan. Madu mengandung berbagai senyawa penting seperti enzim, antioksidan, dan anti-bakteri yang bermanfaat dalam merawat kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Madu dapat digunakan sebagai pelembab alami dan dapat mengurangi kandungan minyak berlebih di wajah. Orang yang memiliki kulit sensitif sangat direkomendasikan untuk menggunakan Madu.

Jika Anda menggunakan Madu untuk masker wajah sebanyak 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu, maka dijamin kulit wajah Anda akan lebih terawat dan bercahaya karena segala nutrisinya tercukupi. Berikut merupakan tips terbaik ketika menggunakan Madu untuk menghilangkan jerawat di wajah.

  • Gunakanlah pengikat rambut atau bandana untuk mencegah terurainya rambut ke bagian wajah yang dapat menghalangi proses pemaskeran wajah.
  • Sebelum menggunakan masker Madu, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan menggunakan air bersih dan sabun yang lembut.
  • Lalu, oleskanlah Madu ke seluruh bagian wajah. Biarkanlah Madu tersebut menempel di wajah sekitar 15 menit.
  • Jika sudah 15 menit, maka bagian terakhir ialah menghilangkan Madu dengan menggunakan handuk kecil yang sebelumnya telah dibasahi dulu dengan menggunakan air hangat. Anda harus benar-benar memastikan kalau tidak ada lagi Madu yang tersisa di bagian wajah.
Baca juga:  8 Manfaat Madu Murni untuk Kesehatan Lengkap Anda

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat dari wajah yang menjadi aset berharga Anda. Perawatan wajah dengan Madu tidak memerlukan biaya yang mahal, karena yang dibutuhkan hanya kedisiplinan dalam penggunaan dan kemauan sampai akhirnya jerawat minggat dari kulit wajah Anda.