7 Manfaat Terbaik Labu, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

473
thespruce.com

Diedit:

Labu memang tidak terlalu populer di Indonesia, jauh berbeda dengan di beberapa negara Eropa dan Amerika yang lebih familier dengan labu. Tetapi sebenarnya, cukup banyak penganan lokal di Indonesia yang menggunakan labu sebagai bahan baku.

Mungkin, dengan membaca informasi kami kali ini, Anda akan mulai lebih banyak mengonsumsi labu dan mencoba untuk lebih kerap mengolah penganan yang terbuat dari bahan baku labu. Karena rupanya dibalik warnanya yang jingga memikat, labu menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan yang sayang untuk Anda abaikan.

Apa Saja Nutrisi dari Buah Labu?

Dengan warnanya yang jingga terang, sebenarnya tak sulit bagi kita untuk menerka bahwa buah yang kerap di olah menjadi kolak ini memiliki banyak nutrisi. Sudah lazim, bila buah-buahan dan makanan alami dengan warna terang dan cerah sesungguhnya menyimpan banyak kandungan nutrisi penting macam vitamin, mineral dan sejumlah komponen anti oksidan.

Bersumber pada medicalnewstoday.com, dikatakan bahwa dalam i cup buah labu yang sudah diolah dengan direbus tanpa imbuhan garam ternyata menyimpan setidaknya 49 kalori, 1,76 protein, tanpa kolesterol sedikit lemak dan dengan kandungan karbohidrat sebanyak 12 gram dengan komposisi serat yang relatif tinggi.

Sedang dalam 1 cup labu matang ini juga memiliki suplai setidaknya 100% kebutuhan vitamin A tubuh dewasa, 20% kebutuhan vitamin C tubuh, 10% vitamin E, beberapa komponen vitamin B dan beberapa sumber nutrisi mineral seperti kalium, tembaga, mangan dan banyak lagi.

Dan tentu saja jangan lupakan dengan jumlah anti oksidan yang terkandung dalam buah ini. Warna jingganya yang cerah menandakan tersimpannya flavonoid dan betakaroten yang relatif tinggi dalam buah labu.  Dalam webmd.com juga dikatakan bahwa labu mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bekerja melindungi saraf dan fungsi organ mata.

Apa Saja Manfaat Buah Labu untuk Kesehatan?

Dengan sejumlah kandungan nutrisi dalam buah labu, tentu saja Anda bisa mendapatkan sederet manfaat buah labu untuk kesehatan tubuh Anda. Dan berikut adalah informasi dari sejumlah manfaat labu yang berhasil kami himpun dari beberapa sumber.

Baik untuk menjaga berat badan dan kelancaran pencernaan

Salah satu komponen utama dari labu adalah karbohidrat yang di dominasi oleh kandungan serat yang tinggi. Sebagian serat adalah jenis serat larut air yang baik untuk melancarkan pencernaan dan sebagian yang lain adalah serat tak larut air yang akan membantu perut Anda terasa penuh dan kenyang lebih lama.Menurut sumber cnn.com, kedua jenis serat ini yang berperan menjadikan labu sebagai salah satu asupan untuk diet.

Sebagaimana dijelaskan dalam ulasan Harvard Health Publication 2015 bertajuk Making One Change – Getting More Fiber – Can Help With Weight Loss, serat baik tak larut air maupun larut air akan bermanfaat untuk membantu Anda menjaga berat badan Anda pada level aman.

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks maka Anda akan menunda rasa lapar lebih lama. Anda akan mengurangi porsi makan Anda karena lebih cepat merasa kenyang dan ini akan membantu Anda mengurangi porsi asupan Anda secara keseluruhan dalam satu hari.

Mengingat kadar kalori dalam labu relatif rendah, disertai kadar lemak dan kolesterol yang hampir 0% maka tentu saja labu akan menjadi salah satu asupan terbaik untuk konsumsi Anda selama diet dan mendukung Anda untuk menurunkan berat badan.

Membantu meningkatkan imunitas

Dalam labu tersimpan kandungan vitamin C hingga 20% dari kebutuhan tubuh. Juga mengandung vitamin A yang bahkan mencapai hampir 100% kebutuhan tubuh sehari-hari. Meski sebagian besar  vitamin A dalam labu berbentuk betakaroten atau provitamin A yang akan memerlukan lemak untuk tubuh mengubahnya menjadi vitamin A yang siap di serap tubuh.

Dijelaskan dalam webmd.com, bahwa kedua komponen nutrisi dalam labu inilah yang menjadikan buah labu baik untuk membantu kinerja imunitas. Membantu mencegah serangan bakteri dan meningkatkan kualitas daya tahan tubuh. Bahkan minyak essensial dari ekstraksi labu juga bekerja sebagai anti bakterial.

Dijelaskan dalam National Review of Immunology tahun 2010 dengan tajuk Vitamin effects on the immune system: vitamins A and D take centre stage, bagaimana vitamin A bersama dengan vitamin D akan bekerja positif menstimulasi kinerja imunitas. Sedang dalam penjelasan Medizinische Monatsschrift fur Pharmazeutin tahun 2009 dengan tajuk Vitamin C and immune function dikatakan bagaimana vitamin C akan bekerja pula mendorong perbaikan imunitas.

Bekerja melindungi kesehatan mata

Bisa dikatakan bahwa kemampuannya sebagai nutrisi untuk mata menjadi salah satu aspek terkuat dari manfaat labu untuk kesehatan. Kandungan vitamin A dan pro vitamin A dalam buah labu sangat tinggi. Inilah salah satu rahasia utama kemampuan manfaat labu untuk kesehatan mata.

Dikatakan dalam researchgate.net vitamin A penting untuk kesehatan mata, membantu retina untuk lebih baik dalam menyerap dan memproses cahaya. Juga membantu melindungi fungsi lensa dan kornea mata. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan sejumlah keluhan termasuk penurunan fungsi lensa mata dalam mengembang dan mengempis sesuai fokus dan kemampuan retina dalam menangkap cahaya. Ini merujuk pada masalah rabun dekat, rabun jauh dan keluhan mata silinder.

Di sisi lain, buah labu juga diketahui mengandung dua senyawa anti oksidan lutein dan zeaxanthin, keduanya dikenal bermanfaat untuk mencegah terjadinya katarak. Keduanya juga dikenal baik untuk membantu memperlambat pembentukan mokular degenerasi. Ini terkait dengan penurunan fungsi penglihatan seperti rabun dekat dan glukoma yang terjadi karena aspek penambahan usia.

Membantu merawat kesehatan kulit

Dalam laman webmd.com, dijelaskan bagaimana mengonsumsi labu akan membantu kesehatan kulit. Aspek provitamin A berupa betakaroten dan vitamin C yang tinggi dalam buah labu menjadi salah satu komponen yang bekerja merawat kesehatan kulit. Betakaroten sendiri bekerja melindungi kulit dari kerusakan karena efek paparan sinar Ultra Violet atau sinar matahari. Sedang vitamin C menjadi salah satu elemen pembentuk kolagen, sebagai terapi antibakterial dan membantu menjaga kulit dari efek penuaan dan keriput.

Dikatakan pula dalam laman yang sama, sejumlah terapi tradisional sudah mengenal masker alami yang terbuat dari labu. Kadang masker labu digunakan dengan memadukan daging buah labu yang sudah halus dengan madu dan susu untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ini karena manfaat provitamin A baru bisa diserap dengan peran lemak yang diperoleh dari lemak dalam susu.

Terapi lain dengan labu untuk kesehatan kulit adalah dengan menggunakan serat dari labu yang kadang dimanfaatkan sebagai lulur wajah. Sifat butiran seratnya yang lembut dan tergolong berbulir padat membuatnya juga cocok untuk pengelupasan kulit mati yang sehat dan aman.

Baik untuk terapi hipertensi

Menurut sumber medicalnewstoday.com buah labu juga memiliki manfaat baik untuk mereka yang mengidap hipertensi. Itu sebabnya penderita hipertensi juga bisa menjadikan labu sebagai makanan pengganti nasi yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Ini karena kandungan potasium atau kalium dalam buah labu relatif tinggi, bahkan bisa disetarakan dengan kandungan kalium dalam buah alpukat dan pisang yang selama ini dikenal sebagai buah dengan kandungan kalium tinggi.

Sebagaimana sempat kami jelaskan sebelumnya, kalium memiliki peran besar untuk mengurangi kadar natrium dan sodium dalam garam yang menjadi penyebab naiknya volume air dalam darah. Semakin tinggi volume air dalam darah semakin tinggi tekanan yang terbentuk oleh darah terhadap dinding pembuluh darah. Kalium akan membantu mendorong aliran air terlarut dalam darah untuk keluar menuju ginjal, sembari membawa natrium dan sodium terlarut menuju ginjal.

Tubuh membutuhkan keseimbangan antara sodium, natrium dan kalium dalam level moderat demi bisa menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Inilah kunci dari kemampuan buah labu dalam membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Mencegah kanker

Sejumlah riset membuktikan adanya manfaat labu sebagai anti kanker. Kuncinya tentu saja pada kandungan anti oksidan yang tersimpan dalam buah labu. Menurut sumber the Harvard School of Public Health’s Department of Nutrition tahun 2004 dengan tajuk Plasma and dietary carotenoids, and the risk of prostate cancer: a nested case-control study membuktikan kinerja anti oksidan betakaroten dalam menurunkan intensitas pembentukan sel kanker pada prostat.

Dalam laman medicalnewstoday.com, juga dijelaskan bahwa betakaroten juga baik untuk pencegahan kanker kolon dan kanker paru-paru. Menurut sumber webmd.com , aspek anti kanker dari labu disebabkan oleh faktor provitamin A dan vitamin C yang bekerja sama menguatkan sel darah putih, sel T dan sel B yang bekerja meningkatkdan daya tahan tubuh dan daya lawan tubuh terhadap sel-sel abnormal termasuk bakteri, virus dan sel kanker.

Sebagai terapi diabetes

Dikatakan dalam laman webmd.com, bahwa buah labu juga bisa bekerja memperbaiki fungsi produksi insulin, meningkatkan masalah insulin sensitifitas dan membantu mengurangi asupan makanan yang kaya glukosa.

Dalam laman livestrong.com, dijelaskan sejumlah aspek bagaimana labu menjadi sumber nutrisi penting dan sehat untuk pasien diabetes. Ini karena buah labu adalah jenis asupan rendah kalori dan memiliki kadar glikemik faktor yang rendah sehingga tidak terlalu banyak memberi pengaruh pada kadar glukosa darah. Juga karena dalam buah labu ditemukan sejumlah senyawa penting untuk diabetes.

Dijelaskan dalam Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry tahun 2009, bahwa dalam labu tersimpan senyawa trigonelline and nicotinic acid yang bekerja membantu mengatasi masalah insulin resistensi dan memperlambat perkembangan dari masalah diabetes.Selain dalam labu juga tersimpan polifenol yang baik untuk menurunkan glukosa darah dan polisakarida yang juga memberi peran positif terhadap penurunan kadar gula darah.

Itulah beberapa manfaat dari buah labu yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. Mengingat kandungan vitamin A dan provitamin A akan efektif diserap tubuh dengan peran lemak, akan lebih efektif untuk Anda mengasup labu bersama dengan tambahan bahan yang kaya lemak. Cara ini juga akan membantu Anda mendapatkan asupan yang lebih lembut dari labu. 

Advertisement
Alinesia