Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Ampas Kopi untuk Atasi Stretch Mark Ampas Kopi untuk Atasi Stretch Mark

6 Jurus Jitu Atasi Stretch Mark dengan Cepat

Anda mungkin khawatir dengan kemunculan stretch mark di beberapa area permukaan kulit Anda. Kehadirannya membuat Anda jadi kurang percaya diri, meski sebagian lokasi stretch mark berada di area yang tidak terlihat orang.

Sebenarnya tidak ada hal yang membahayakan dari kemunculan stretch mark ini. Sebenarnya kehadiran stretch mark sendiri hanya berawal dari proses regang kulit yang tidak diimbangi oleh daya elastisitas kulit. Biasanya terjadi ketika Anda mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis atau kehamilan.

Kulit yang tertarik karena kenaikan berat badan membuat kulit tertarik dan membentuk guratan atau retakan berwarna merah muda, merah terang hingga keunguan. Setelah beberapa bulan guratan ini akan berubah warna menjadi putih atau kelabu muda. Biasanya bentuknya berupa deretan garis atau guratan paralel dengan tekstur dan warna yang berebda dari kulit normal sehingga memberi kesan berkerut.

Menurut Healthline, dijelaskan bahwa stretch mark terjadi karena tubuh tidak memproduksi cukup kolagen untuk memberi cukup elastisitas pada kulit. Beberapa juga disebabkan oleh tingginya kadar kortisol atau salah satu elemen hormon stress yang menyebabkan terjadinya inelastisitas pada kulit. Selain itu, beberapa kondisi seperti konsumsi berlebihan jenis obat kortikosteroid dan kondisi sindrom tertentu bisa pula menjadi pemicu stretch mark.

Sebenarnya, stretch mark bisa memudar seiring waktu. Atau bila Anda merasa tak memiliki cukup kesempatan untuk menunggu tahunan, maka Anda bisa coba beberapa terapi seperti penyinaran yang akan melenyapkan tampilan stretch mark dengan sekejap. Hanya saja tentu cara ini memakan biaya yang cukup besar.

Bila biaya untuk melakukan terapi kilat ini dirasa terlalu mahal, Anda bisa pula manfaatkan beberapa jurus jitu sederhana berikut ini, yakni memanfaatkan khasiat unik sejumlah bahan herbal alami untuk atasi stretch mark.

  • Minyak zaitun

    Kandungan vitamin E, A dan C yang tinggi disertai terpenes dan quercetin dalam minyak zaitunsangat efektif membantu regenerasi sel dan memperbaiki jaringan rusak pada kulit. Itu sebabnya paparan minyak zaitunsebagai olesan pada area stretch mark akan sangat membantu memudarkan tampilan stretch mark.

    Anda bisa aplikasikan perawatan minyak zaitun ini dengan mengoleskan secara rutin pada area stretch mark sembari Anda pijat halus. Pemijatan akan membantu kandungan nutrisi dalam minyak zaitun meresap dalam kulit. Lakukan berulang setiap hari untuk hasil optimal.

  • Ampas kopi

    Ampas kopi juga memiliki khasiat membantu memperbaiki kerusakan permukaan kulit pada kasus stretch mark. Ampas kopi akan bekerja mengangkat sel kulit mati, mengembalikan elastisitas kulit dan membantu meratakan tekstur kulit dengan menstimulasi kolagen dan menarik air dari dalam tubuh menuju kulit hingga kulit terhidrasi.

    Biasanya ampas kopi digunakan sebagai terapi lulur untuk membantu mengatasi stretch mark dengan bertahap. Anda bisa padukan ampas kopi dengan minyak zaitun, minyak kelapaatau minyak jarak untuk memudahkan pemijatan. Ketiganya bekerja sama efektifnya meningkatkan kelembaban kulit yang juga penting untuk memudarkan stretch mark.

  • Noni juice

    Tak banyak yang tau bahwa stretch mark juga bisa diatasi dengan kompress menggunakan Noni juice. Kandungan terpenes, terpenoid, quercetin, dan flavonoid juga bekerja membantu menutrisi kulit untuk mendorong regenerasi kulit. Kadar vitamin C yang tinggi dalam Noni juicejuga bekerja memproduksi kolagen untuk membantu memperbaiki tekstur kulit.

    Dengan rutin minum Noni Juice setidaknya selama 1-2 bulan, stretch mark akan secara bertahap memudar sehingga kepercayaan diri pun pulih kembali.

  • Chocoa butter

    Mungkin di Indonesia tak mudah menemukan salah satu bahan yang cukup familier dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kue ini. Tetapi bahan satu ini dikenal sangat kaya akan vitamin E dan mengandung sejumlah kandungan minyak nabati alami yang memberi pengaruh baik untuk atasi stretch mark.

    Bentuknya yang serupa dengan mentega biasa memudahkan Anda untuk mengaplikasikan terapi ini cukup dengan mengoleskannya tipis-tipis pada area stretch mark setiap hari dengan rutin. Lakukan berulang dalam beberapa pekan dan Anda akan menemukan permukaan kulit stretch mark Anda akan tampak lebih halus, lembab dan memudar.

  • Lidah buaya

    Kemampuan astringent di dalam lidah buayadianggap efektif membantu menenangkan kulit, memudarkan pengaruh kortisol pada kulit dan menghidrasi kulit. Kulit perlu cukup lembab untuk bisa memudarkan stretch mark. Kandungan vitamin E dan C dalam lidah buayamemberi manfaat untuk mengaktifkan kolagen untuk mendorong regenerasi kulit.

    Untuk bisa mendapatkan khasiat dari lidah buaya Anda bisa kerok satu batang daun lidah buaya dan haluskan hingga berubah menjadi gel. Campurkan gel ini dengan jenis minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak jarak dan oleskan perlahan sebagai kompres pada area stretch mark. Diamkan setidaknya 30 menit sebelum Anda bersihkan, ulangi setiap 1 – 3 hari sekali selama beberapa pekan untuk hasil optimal.

  • Kentang

    Kentang ternyata memiliki kemampuan membantu atasi stretch mark cukup dengan memarut kentang mentah, tambahkan garam sedikit dan jadikan masker pada area stretch mark untuk Anda diamkan setidaknya 20 menit.

    Kentang mengandung patitin sejenis asam amino unik yang bekerja membantu memperbaiki kerusakan jaringan dan meningkatkan elastisitas kulit. Kentang juga diperkaya vitamin B6 yang berperan dalam proses perbaikan ikatan antar sel.

Sebenarnya, stretch mark sama sekali tidak memberi gangguan apapun. Beberapa orang memang mengeluhkan rasa gatal dan sedikit nyeri pada mereka yang baru saja menunjukan pembentukan stretch mark baru, namun pada mereka dengan stretch mark menahun, bisa dikatakan hampir tanpa keluhan apapun.

Hanya saja karena kehadirannya mengganggu penampilan, dan mengingat sebagian besar penderita stretch mark adalah wanita yang mementingkan aspek penampilan, maka jelas banyak pula penderita stretch mark yang menginginkan untuk bisa mengenyahkan dengan tuntas kehadiran stretch mark pada permukaan kulit mereka.

Meski terapi-terapi alami diatas tidak akan secepat proses terapi penyinaran, Anda tetap bisa atasi stretch mark dengan tempo yang relatif singkat. Dalam waktu beberapa pekan, berbagai jenis terapi di atas akan terbukti memberi manfaat terhadap kondisi stretch mark yang Anda alami dan memudarkan penampakannya.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register