10 Bahan Alami Penghilang Stretch Mark yang Benar-Benar Manjur

585
simplyrecipes.com

Diedit:

Diperkirakan 90 persen wanita memiliki stretch mark, terutama pada trimester terakhir di masa kehamilan mereka. Selain dipicu oleh kehamilan, stretch mark juga disebabkan oleh penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, pertumbuhan terlalu cepat, faktor keturunan, stres, dan perubahan kondisi fisik seseorang.

Stretch mark adalah garisan yang terlihat pada permukaan kulit, dengan warnanya yang tampak berbeda. Garis-garis ini terutama timbul di dinding perut, tapi juga bisa muncul di area tubuh lain seperti paha, lengan atas, bokong, dan payudara. Bahkan adakalanya stretch mark bisa menutupi area tubuh yang luas.

Kulit kita terdiri dari tiga lapisan utama: Epidermis (lapisan terluar), Dermis (lapisan tengah), dan Subkutan atau Hipodermis (lapisan terdalam). Stretch mark terbentuk pada Dermis atau lapisan tengah dari kulit jika jaringan ikat “tertarik” melebihi batas kemampuan kelenturannya akibat pelebaran atau pengerutan kulit yang cepat.

Seraya kulit “tertarik”, kolagen di dalamnya melemah dan siklus produksi normal-nya terganggu dan rusak. Hal ini pada akhirnya menghasilkan bekas luka halus di bawah lapisan luar kulit. Awalnya bekas luka itu tampak berwarna merah atau pink, tapi seiring waktu garis berwarna keperakan muncul di permukaan kulit, kemudian timbul stretch mark.

Walaupun ini adalah kondisi kulit yang sangat umum, namun jika memilikinya Anda kemungkinan akan merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman dengan penampilan diri. Untungnya, ada beragam cara menghilangkan stretch mark secara alami. Berikut adalah 10 bahan alami penghilang stretch mark yang layak dimanfaatkan.

1. Minyak Jarak

Minyak jarak, yang sudah terkenal digunakan untuk pengobatan beragam masalah kulit, seperti kerutan, flek hitam, bintik-bintik penuaan, tahi lalat, garis halus, dan jerawat, juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark.

  • Oleskan minyak jarak secukupnya ke stretch mark dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama 5 – 10 menit.
  • Tutupi area kulit itu dengan kain katun tipis. Di atasnya tempelkan heating pad atau botol berisi air panas untuk menghangatkan area kulit itu selama setidaknya setengah jam.
  • Ulangi langkah ini setiap hari selama minimal 1 bulan sampai mendapatkan hasil memuaskan.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Kemampuan penyembuhan dan menenangkan yang dimilikinya dapat digunakan untuk menyingkirkan stretch mark. Ada beberapa cara untuk menggunakan lidah buaya:

  • Gel lidah buaya langsung dioleskan ke area kulit yang bermasalah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku.
  • Alternatifnya, mencampur seperempat cangkir gel lidah buaya, minyak dari 10 kapsul vitamin E, dan minyak dari 5 kapsul vitamin A. Gosokkan campuran ini ke kulit sampai benar-benar terserap. Ulangi setiap hari.
Baca juga:  7 Tips Mujarab Mencegah Stretch Mark saat Hamil

3. Putih Telur

Telur kaya akan kandungan protein. Sebagai cara menghilangkan stretch mark, Anda hanya perlu bagian putih telur yang mengandung asam amino dan protein.

  • Kocok bagian putih dari 2 butir telur dengan garpu. Bersihkan area kulit yang bermasalah dengan air lalu olesi dengan putih telur menggunakan kuas
  • Biarkan putih telur sampai benar-benar kering, lalu bilas dengan air dingin.
  • Oleskan area kulit itu dengan minyak zaitun secukupnya untuk menjaga kelembapannya.
  • Ulangi langkah ini setiap hari selama minimal 2 minggu dan lihat apakah ada perbaikan positif.

4. Air Perasan Lemon

Bahan alami penghilang stretch mark selanjutnya adalah air perasan jeruk lemon. Air dari lemon bersifat asam alami sehingga membantu menyembuhkan dan mengurangi stretch mark, bekas jerawat, dan bekas luka lainnya.

  • Gosokkan air perasan lemon ke stretch mark secara perlahan dengan gerakan memutar. Setelahnya diamkan sampai benar-benar meresap ke dalam kulit sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Alternatifnya, campurkan jus mentimun dengan air perasan lemon dalam jumlah yang sama lalu oleskan pada stretch mark.

5. Gula Pasir

Gula pasir putih adalah salah satu bahan alami terbaik penghilang stretch mark. Anda juga bisa memanfaatkan gula untuk mengelupas sel-sel kulit yang sudah mati.

  • Campurkan 1 sendok makan gula pasir dengan sedikit minyak almond dan beberapa tetes air perasan lemon. Oleskan ke stretch mark dan area kulit lain yang bermasalah.
  • Oleskan campuran ini ke kulit secara perlahan setiap hari sebelum mandi.
  • Lakukan langkah ini selama 1 bulan dan perhatikan apakah ada tanda-tanda perbaikan.

6. Kentang

Sari di dalam kentang mengandung vitamin dan mineral yang mendorong pertumbuhan serta pemulihan sel kulit.

  • Iris-iris tebal sebuah kentang berukuran sedang.
  • Ambil salah satu irisan kentang tersebut lalu gosokkan perlahan ke stretch mark selama beberapa menit. Pastikan zat pati dari kentang sudah menutupi area kulit yang bermasalah.
  • Biarkan sampai mengering di kulit lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

7. Alfalfa

Daun alfalfa mengandung delapan asam amino esensial yang bagus bagi kesehatan kulit Anda. Mereka juga mengandung banyak protein serta vitamin E dan K, yang membantu menutrisi kulit.

  • Campurkan bubuk alfalfa secukupnya dengan beberapa tetes minyak chamomile sampai membentuk pasta halus.
  • Gosokkan pasta ini ke area kulit yang bermasalah 2 – 3 kali sehari.
  • Ulangi ini setiap hari selama beberapa minggu dan Anda akan melihat perubahan positif.
Baca juga:  6 Jurus Jitu Atasi Stretch Mark dengan Cepat

8. Mentega Kakao

Mentega kakao juga merupakan bahan alami yang bagus untuk menghilangkan stretch mark. Berkat kemampuannya untuk melembapkan, mentega kakao membantu menutrisi kulit serta mengurangi penampakan stretch mark di kulit.

Oeskan mentega kakao ke stretch mark sekurangnya 2 kali sehari selama beberapa bulan atau sampai terlihat hasil yang memuaskan.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak sekali nutrisi dan antioksidan yang membantu memperbaiki beragam masalah kulit, termasuk stretch mark.

  • Pijat kulit yang bermasalah dengan minyak zaitun extra-virgin secukupnya yang sudah dihangatkan. Ini akan memperbaiki sirkulasi darah dan membantu menghilangkan stretch mark.
  • Diamkan selama setengah jam sehingga kandungan vitamin A, D, dan E dari minyak zaitun terserap oleh kulit. Setelahnya Anda bisa membilasnya sampai bersih.

Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan cuka dan air untuk digunakan sebagai krim malam. Mengoleskan krim ini di malam hari sebelum tidur akan menjaga kulit tetap lembap sekaligus mengelupas sel-sel kulit yang sudah mati.

10. Noni Juice

Noni mengandung mineral-mineral sepeti selenium, zat besi, zink, dan mangan yang akan mengaktifkan enzim-enzim antioksidan dalam tubuh. Dengan rutin minum Noni juice, tubuh akan dibantu untuk mengurangi oksidasi sel-sel kulit sehingga membantu memudarkan stretch mark.

Noni juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah serta membantu mengatasi kondisi-kondisi kulit bermasalah—seperti penumpukan sel-sel kulit mati. Sehingga tubuh didorong untuk membentuk sel-sel kulit baru yang akan memulihkan stretch mark.

Untuk membantu menghilangkan stretch mark, disarankan untuk meminumnya dengan takaran 50 ml, 2 kali sehari. Minumlah Noni juice minimal 1 – 3 bulan atau sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lihat juga artikel: Terungkap, Rahasia Kecantikan Miranda Kerr—Wanita Tercantik di Dunia, Ternyata Berasal dari Indonesia!

Stretch mark sebenarnya tidak berbahaya dan adakalanya menghilang sendiri dari waktu ke waktu, sehingga biasanya Anda tidak membutuhkan perawatan medis untuk mengatasinya. Apabila Anda ingin cepat-cepat memudarkan stretch mark, ada baiknya mencoba dulu bahan-bahan alami seperti di atas.

Tapi ingat juga bahwa bahan alami penghilang stretch mark tidak bersifat cepat, artinya sering kali butuh waktu berminggu-minggu hingga beberapa bulan sampai menunjukkan efeknya. Jadi cobalah dengan tekun melakukan cara menghilangkan stretch mark ini secara rutin dan perhatikan setiap tanda perbaikan yang terlihat agar Anda termotivasi untuk terus melanjutkannya.