Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Kacang Hijau Kacang Hijau Depositphotos.com

20 Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh Anda (1)

Siapa tidak kenal dengan kacang hijau? Jenis biji-bijian berukuran kecil dengan warna hijau segar khas yang sudah familiar di Indonesia. Pada umumnya masyarakat Indonesia menyajikan kacang hijau dalam bentuk bubur, selain diproses kembali menjadi kecambah alias Toge.

Anda mungkin sudah beberapa kali mendengar bagaimana kacang hijau memiliki manfaat yang sangat tinggi bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya sebaik apa manfaat kacang hijau bagi tubuh Anda?

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin? Beberapa ulasan berikut ini bisa menjadi referensi Anda.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Manfaat dari kacang hijau tentu saja diperoleh dari komponen nutrisi yang tersimpan dalam setiap butirnya. Memang benar fakta bahwa kacang hijau termasuk jenis biji-bijian yang rendah kalori, karena dalam setiap 100 gramnya hanya terkandung sekitar 330 kal.

Menurut data nutritiondata.self.com, kacang hijau tidak mengandung lemak jahat, rendah sodium dan kolesterol. Memiliki kadar protein yang tinggi, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalsium, zat besi, zink, magnesium, fosfor, potasium, tembaga dan mangan.

Sebenarnya, vitamin E bukan komponen dominan kacang hijau. Tetapi ketika kacang hijau diproses lebih lanjut menjadi kecambah, vitamin E kacang hijau meningkat pesat, setidaknya mencapai lebih dari 500%.

Kacang hijau mengandung kadar serat yang relatif tinggi, sehingga termasuk dalam menu sehat untuk diet. Kacang hijau mengandung setidaknya 16 mg asam lemak omega 3 dan 43 mg asam lemak omega 6.

Selain komponen nutrisi yang sedemikian lengkapnya, kacang hijau rupanya memiliki sejumlah kandungan fitonutrient seperti; tannin dan polifenol yang penting bagi tubuh. Bekerja sebagai terapi anti oksidan, anti bakteri dan sekaligus sebagai terapi antisepsis yang cocok untuk terapi inflamasi.

Menariknya, meski kaya serat kacang hijau justru dikenal mudah untuk dicerna. Bahkan, kacang hijau sudah direkomendasikan untuk konsumsi bayi di tahapan awal mereka mengenal makanan.

Kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami gangguan pencernaan, karena tidak memberi efek kontraksi ataupun aktivitas enzim dan gas berlebihan pada pencernaan.

Manfaat Kacang Hijau

Sedemikian banyaknya komponen nutrisi yang terkandung pada kacang hijau, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi kacang hijau?

  • Sumber nutrisi lengkap

    Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa kacang hijau mengandung komponen nutrisi yang sangat banyak. Mulai dari protein yang relatif lengkap, serat, lemak sehat, sejumlah komponen vitamin dan mineral serta komponen fitokimia bermanfaat lain.

    Inilah yang menjadikan kacang hijau menjadi salah satu makanan yang lazim diberikan sebagai alternatif sumber nutrisi. Kacang hijau bahkan termasuk dalam makanan yang wajib diberikan pada program perbaikan gizi.

    Asupan kacang hijau sangat disarankan bagi konsumsi bayi sebagai makanan pendamping ASI, juga dapat diberikan kepada manula guna menjaga kondisi tubuh mereka. Termasuk bagi mereka dengan usia produktif karena secara efektif dapat membantu menjaga metabolisme tubuh.

  • Atasi keluhan anemia

    Kacang hijau dijelaskan mengandung komponen nutrisi penting yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, sebut saja zat besi dan vitamin B1. Juga mengandung folat atau vitamin B9 dan tembaga, serta selenium yang akan mendukung proses pemenuhan kebutuhan sel darah merah.

    Sel darah merah merupakan komponen penting bagi penderita anemia. Karena, pasien anemia pada dasarnya mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh mereka.

    Sementara, sel darah merah berperan membawa oksigen menuju seluruh sel tubuh. Mereka yang memiliki kasus anemia akan mudah lelah, merasa tidak fit, sulit berkonsentrasi, mengalami masalah dengan sistem daya tahan tubuh dan memiliki keluhan masalah kesehatan kulit dan rambut. Hal ini terjadi karena sel-sel dalam tubuhnya tidak mendapatkan cukup oksigen.

  • Untuk kesehatan kulit

    Kacang hijau dikenal sangat baik untuk membantu menstimulasi kesehatan kulit. Pada awalnya sejumlah pakar melihat adanya peran vitamin E dalam kacang hijau. Tetapi rupanya kadar vitamin E dalam kacang hijau tidak terlalu tinggi.

    Belakangan dipahami bahwa kacang hijau memiliki komponen protein yang menstimulasi produksi hyaluronic acid dan elastine. Ini merupakan bentuk senyawa formula kolagen yang bekerja intensif pada permukaan kulit. Senyawa ini sangat baik untuk merawat kulit dan mendukung proses regenerasi kulit.

    Kandungan sejumlah komponen nutrisi di dalamnya juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, membantu mengatasi pori-pori besar, masalah sebum dan kulit berminyak.

  • Untuk kesehatan rambut

    Selain sehat untuk permukaan kulit, kacang hijau juga terbukti baik untuk kesehatan rambut. Komponen nutrisi, termasuk tembaga, magnesium, vitamin B dan C dalam kacang hijau berperan cukup besar guna membantu merawat kembali kesehatan rambut.

    Pada stylecraze.com, dijelaskan bahwa kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, baik dengan cara dikonsumsi maupun dihaluskan yang kemudian dicampurkan dengan minyak essensial, lalu dijadikan terapi masker rambut.

    Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa kacang hijau akan mengatasi kondisi anemia dan menormalkan kembali kadar sel darah merah dalam tubuh. Kondisi ini membantu setiap sel dalam tubuh, termasuk; rambut dan kulit guna mendapat suplai oksigen untuk menjalankan fungsinya.

  • Atasi masalah haid

    Kacang hijau berperan cukup efektif untuk mengurangi intensitas keluhan PMS. Hal ini terjadi karena peran vitamin B dalam kacang hijau yang relatif tinggi, ditambah dengan peran magnesium dan komponen bioestrogen di dalamnya.

    draxe.com mengungkap bagaimana kacang hijau akan efektif membantu Anda mengurangi intensitas nyeri haid, efek migrain dan sakit kepala yang muncul. Termasuk pula membantu mengendalikan perubahan mood yang kerap menyertai kasus PMS.

    Mengonsumsi kacang hijau juga dapat membantu wanita menghindari resiko anemia. Keluhan anemia memang lazim dialami wanita terutama mereka dengan keluhan haid yang berpanjangan dalam jumlah banyak.

  • Meningkatkan imunitas

    Kacang hijau memiliki sejumlah komponen nutrisi yang terbukti meningkatkan imunitas tubuh.  Di dalam kacang hijau terdapat komponen yang baik untuk atasi anemia. Sedang anemia kerap memicu turunnya fungsi sistem imunitas.

    Tembaga, mangan dan vitamin C sendiri memiliki peran signifikan dalam fungsi imunitas. Selain itu, vitamin B juga dapat bekerja membantu memperbaiki fungsi metabolisme. Semakin baik metabolisme, maka semakin baik tubuh dalam memproduksi energi, sehingga semakin efektif pula sistem imunitas tubuh.

    Dalam riset yang diulas pada Chemistry Central Journal (2014), diungkapkan bagaimana sinergi kacang hijau dalam meningkatkan metabolisme, fungsi liver, pencernaan dan peningkatan kadar sel darah merah akan membantu memperbaiki fungsi imunitas.
  • Mengatasi inflamasi

    Masih menurut laporan Chemistry Central Journal yang menjelaskan bahwa kacang hijau memiliki efek anti inflamasi yang cukup kuat. Secara efektif dapat membantu meredakan peradangan, terutama kasus peradangan pada area pencernaan.

    Dijelaskan bahwa kacang hijau memiliki kandungan anti oksidan unik termasuk di antaranya; viteksin dan isoviteksin yang khas dari jenis biji-bijian yang merupakan salah satu aspek anti inflamasi.

    Juga terdapat komponen flavonoid, polifenol dan liposakarida dalam kacang hijau yang juga membantu proses penyembuhan pada luka dan peradangan.

    Kacang hijau juga dikenal memiliki efek anti sepsis, sepsis merupakan kondisi infeksi akut sehingga membentuk toksin yang memicu peradangan berat serta mematikan. Anti sepsis ini akan menetralisis komponen toksin yang dapat mencegah terjadinya sepsis.

  • Sebagai anti bakterial

    Kacang hijau mengandung sejenis fitokimia unik yang bekerja sebagai anti mikroba, termasuk sebagai terapi anti bakteri dan anti fungal efek yang cukup efektif.

    Kacang hijau memiliki sejenis komponen unik fitokimia bernama 'mungin' yang rupanya memiliki efek kuat sebagai anti fungal. Efektifitasnya sekelas jenis terapi anti fungal cyclophilin yang juga efektif ketika Anda konsumsi secara oral, juga bila Anda jadikan sebagai terapi kompress pada area kulit yang terinfeksi jamur.

    Selain itu, komponen chitinase dan polifenol juga memiliki efektifitas tinggi untuk bekerja sebagai anti bakteri. Terbukti, terapi dengan ekstraksi kacang hijau dapat membantu mengatasi sejumlah bakteri termasuk; jenis Helicobacter pylori yang kerap menginfeksi saluran usus dan lambung.

  • Menjaga berat badan

    Kacang hijau memiliki kalori yang relatif rendah, namun kaya akan serat dan protein. Dua aspek ini yang membuat kacang hijau efektif dalam menjaga perut Anda tetap kenyang dibandingkan dengan makanan karbohidrat biasa.

    Kacang hijau juga kaya akan lipid yang akan mendorong peningkatan metabolisme terhadap cadangan lemak dalam tubuh. Komponen vitamin B dalam tubuh juga akan bersinergi mendorong metabolisme.

    Semakin efektif metabolisme tubuh, semakin baik proses peralihan lemak menjadi energi yang pada akhirnya akan efektif membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Demikianlah sejumlah manfaat dari kacang hijau yang membuatnya layak disebut sebagai superfood dari Asia. Masih ada beberapa macam manfaat kacang hijau lainnya yang dapat Anda jumpai pada ulasan kami berikutnya.

Dan mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk menambahkan asupan kacang hijau sebagai asupan harian Anda. Pastikan untuk mendapatkan manfaat kacang hijau ini dengan optimal!

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram