HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Sauna Sauna

Bahaya dan Manfaat Melakukan Sauna

Banyak cara yang bisa dilakukan manusia untuk mengusahakan kesehatannya. Mandi sauna merupakan salah satunya. Di kalangan masyarakat modern, mandi sauna seolah telah menjadi keharusan dan bagian dari gaya hidup. Kaum Hawa, khususnya yang hidup di kota-kota besar, banyak melakukan mandi sauna sebagai pelengkap dari paket perawatan kecantikannya.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mandi sauna ini berasal dari Finlandia atau paling tidak orang-orang Finlandia telah melakukannya terlebih dulu sebelum masyarakat di belahan dunia lainnya.

Mandi sauna dipercaya memiliki manfaat seperti menyembuhkan penyakit pada otot, merangsang peredaran darah, dan juga membersihkan kulit. Berbeda dengan mandi seperti biasanya, mandi sauna harus dilakukan pada ruangan yang terbuat dari kayu pinus dan dibuat seperti tungku.

Mandi sauna hanya memerlukan waktu 10-15 menit saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika mandi sauna, disarankan untuk membiasakan banyak meminum air mineral baik sebelum maupun sesudahnya.

Mandi sauna memiliki banyak manfaat tapi ada juga resikonya kalau tidak dilakukan secara hati-hati. Dan berikut merupakan manfaat mandi sauna.

Membersihkan Racun

Proses mandi sauna akan menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan keringat yang berfungsi dalam memberikan efek pembersihan secara menyeluruh pada kulit dan juga kelenjar keringat.

Keadaan berkeringat yang berlebihan ini akan meningkatkan kapasitas detoksifikasi kulit dengan membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran dari badan.

Kotoran tubuh yang tersimpan dalam jaringan lemak kemudian akan mencair di bawah suhu yang tinggi. Dan pada akhirnya kotoran tersebut akan dibuang melalui keringat atau saluran usus.

Menurunkan Berat Badan

Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dan sedang ingin menjalankan program penurunan berat badan bisa mencoba melakukan mandi sauna untuk mewujudkan keinginan tersebut. Banyak orang yang telah merasakan manfaat mandi sauna untuk menurunkan berat badan.

Mengapa sauna bisa menurunkan berat badan seseorang? Mandi sauna memiliki kinerja positif pada sistem metabolisme tubuh dengan meningkatkan kecepatan dan intensitasnya sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan berat badan.

Relaksasi Fisik dan Mental

Tak heran jika banyak orang yang mengalami stres atau mengalami gangguan kejiwaan kemudian dianjurkan untuk melakukan mandi sauna karena ternyata sauna juga dapat membantu merilekskan kondisi fisik dan mental. Begitu juga dengan orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan mandi sauna ini.

Yang Patut Diperhatikan

Meski mandi sauna terbilang memiliki beberapa manfaat, namun, bukan berarti bahwa sauna bisa dilakukan kepada siapa pun dan dengan kondisi apapun.

Orang-orang yang tidak boleh melakukan mandi sauna ialah ibu yang sedang hamil atau orang yang mengalami gangguan pada saluran pernafasan. Apabila Anda sedang melakukan mandi sauna kemudian terasa pusing, mual atau kesulitan bernafas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Hal lainnya yang patut diperhatikan bahwa mandi sauna bisa berujung pada kematian. Mengapa itu bisa terjadi? Para ahli dari AS sering mengibaratkan sauna dengan minum anggur, maksudnya mandi sauna akan bermanfaat jika dilakukan secara wajar atau tidak berlebihan.

Mandi sauna akan berbalik menjadi berbahaya kalau dilakukan terlalu lama, lebih dari waktu yang ditentukan antara 10-15 menit karena akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Kondisi tersebut akan membuat kulit kesulitan berkeringat dan fungsi jantung menjadi terganggu.

Makanya, jangan hanya karena sauna banyak memiliki manfaat kemudian melakukannya secara berlebihan yang justru akan fatal akibatnya. Mulai saat ini, disarankan bagi Anda yang kerap mandi sauna supaya dilakukan dengan cara teratur dan sesuai dengan ketentuan (tidak berlebihan).

Log In or Register