0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Mastitis Mastitis

Apa Itu Mastitis?

Tahukah Anda apa itu mastitis? Atau apakah Anda-terutama perempuan yang baru melahirkan-mengalami mastitis? Mastitis merupakan istilah medis untuk peradangan payudara pada perempuan yang biasanya baru saja melahirkan.

Mastitis ini ditandai dengan adanya gejala membengkaknya payudara, timbulnya rasa sakit, dan warna kemerahan di sekitar payudara. Mastitis terjadi karena adanya sumbatan pada saluran susu sampai putingnya mengalami sumbatan. Kalau tak segera diatasi malah bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat signifikan mencapai 38 derajat celsius dan menimbulkan rasa kelelahan.

Mastitis ini biasanya diderita oleh perempuan yang baru melahirkan dimana kondisinya bisa terjadi pada salah satu atau kedua payudaranya sekaligus.

Yang patut diperhatikan ialah adanya sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa 1 dari 20 perempuan yang sedang menyusui mengalami mastitis.

Bahkan seorang perempuan bisa mengalami mastitis lebih dari satu kali. Makanya Anda harus pandai-pandai dalam menjaga kebersihan puting payudara saat menyusui dan menjaga kondisi tubuh yang biasanya menjadi penyebab penyakit ini.

Jenis Mastitis

Mastitis ini terdiri dari dua jenis yakni infektif dan non-infektif. Mastitis infektif disebabkan oleh adanya kuman yang masuk ke saluran susu melalui perantaraan mulut ataupun hidung bayi ketika menyusui.

Sedangkan jenis mastitis non-infektif terjadi karena adanya saluran susu yang tersumbat atau juga karena posisi menyusui yang salah. Tidak heran, mastitis ini biasanya sering terjadi pada perempuan yang baru pertama kali menyusui.

Gejala Mastitis dan Pencegahan Mastitis

Beberapa hal yang menjadi indikasi seorang perempuan yang terkena mastitis ialah sebagai berikut:

  • Apabila disentuh, payudaranya terasa hangat.
  • Terjadinya pembengkakan pada payudara.
  • Timbulnya rasa nyeri atau panas terus-menerus saat menyusui.
  • Kulit berwarna kemerahan.
  • Terjadinya demam dengan suhu sampai 38 derajat celsius atau bahkan lebih.

Sebagaimana jenis penyakit lainnya, mastitis juga bisa dilakukan pencegahan untuk meminimalisir penyakit ini bersarang di payudara Anda. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mastitis.

  • Mencukupi jam istirahat karena faktor kelelahan bisa menjadi penyebab mastitis.
  • Menggunakan BH yang sesuai dengan ukuran payudara.
  • Selalu menjaga kebersihan payudara dengan cara membersihkannya dengan kapas dan air hangat sebelum ataupun sesudah menyusui.
  • Usahakan supaya payudara tetap dalam keadaan kering sekalipun telah menyusui.
  • Usahakan untuk menyusui bayi Anda dengan posisi dan sikap yang benar.

Namun, bagaimana dengan Anda yang sudah terlanjur mengalami mastitis? Mari kita perhatikan beberapa hal yang dilakukan untuk menangani mastitis.

Pengobatan Mastitis

Pengobatan mastitis yang disebabkan oleh bakteri bisa dilakukan dengan memberikan antibotik. Sementara untuk bagian payudara yang terasa nyeri dan keras, bisa diobati dengan cara dikompres menggunakan air dingin.

Kalau Anda tidak tahan nyeri, maka bisa meminum obat untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk memaksimalkan pengobatan dengan antibiotik dan lainnya, bisa dibarengi dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran sebagai asupan vitamin dan nutrisi lainnya.

Lantas, apakah ada dampak negatifnya bagi bayi jika ibu mengalami mastitis? Mastitis memang menimbulkan rasa nyeri yang sangat pada payudara sang ibu, namun berita gembiranya bayi tersebut ternyata tak mendapatkan dampak negatif dari mastitis ini.

Meski tak berdampak pada bayi Anda, sudah semestinyalah Anda menjaga kondisi tubuh supaya tak terserang mastitis atau kalaupun sudah terserang, karena menyebabkan rasa nyeri pada payudara yang tentunya sangat mengganggu terutama ketika menyusui bayi Anda, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Log In or Register