Share:

Terakhir Diedit:

Kanker tulang, satu lagi jenis kanker yang juga kadang tidak disadari oleh penderitanya sampai sudah mencapai stadium lanjut. Ini karena gejala yang muncul acapkali samar dan mirip dengan keluhan tulang dan sendi pada umumnya.

Beberapa kasus kanker tulang disertai dengan sejumlah gejala yang sulit dibedakan dengan keluhan tulang dan sendi pada umumnya. Tetapi mengingat keluhan pada tulang dan sendi, apapun itu sebenarnya juga bukan hal yang patut Anda pandang remeh, berikut adalah sejumlah keluhan yang perlu Anda waspadai sebagai tanda-tanda kanker tulang menurut sumber cancercenter.com.

Nyeri Tulang

Ini adalah tanda-tanda kanker tulang stadium awal yang paling lazim terjadi. Bisa dikatakan hampir semua kasus memiliki gejala semacam ini sejak awal. Dan kebanyakan pasien tidak cukup peka menyadari bahwa nyeri yang dialaminya adalah nyeri akibat kanker tulang.

Ciri-ciri kanker tulang yang khas adalah lokasi nyeri pada tengah tulang, biasanya bukan pada sudut atau persendian. Juga bukan pada area buku-buku jari, melainkan pada bagian dimana tulang memanjang melintang seperti pada tangan dan kaki.

Tulang Tidak Kuat

Banyak kasus kanker tulang ditandai oleh melemahnya tulang dan sendi dalam menyangga tubuh. Kanker merusak kemampuan tulang dalam menyangga tubuh untuk berdiri dengan kokoh. Beberapa pasien mengeluhkan pada tahap awal, mereka merasa tidak cukup kuat untuk berdiri terlalu lama, kaki dengan mudah merasa lemas dan pegal.

Kehilangan Keseimbangan

Anda mudah jatuh dan sama sekali tidak berhubungan dengan fungsi keseimbangan pada otak. Hanya saja kaki Anda seperti tidak mudah berdiri tegak atau seakan kaki Anda dengan mudah terlihat goyah.

Tanda-tanda kanker tulang ditangan juga ditandai dengan prinsip pelemahan yang mirip. Seperti tiba-tiba tidak cukup kuat untuk menggenggam sesuatu terlalu lama. Atau tiba-tiba kehilangan pegangan dengan mudah.

Baca juga  Apa Itu Kanker Tulang?

Bengkak

Gejala kanker tulang lain adalah pembengkakan pada tulang. Anda bisa merasakan adanya tulang yang muncul dan tumbuh lebih dari seharusnya di area kaki atau tangan. Kadang muncul rona kemerahan akibat tekanan tulang pada otot.

Sulit Berjalan

Biasanya kasus ini akan terjadi hanya ketika tulang yang terserang kanker berada di area dekat sendi. Pembengkakan, pertumbuhan abnormal dan pelemahan yang terjadi membuat sendi juga mengalami imbas.

Ini membuat tulang sulit digerakan dan persendian kehilangan kemampuannya untuk elastis dalam proses gerak menekuk. Pasien bisa sulit bergerak atau malah sama sekali tidak bisa menekuk tangan atau kakinya.

Tulang Rapuh

Dalam banyak kasus, terjadi gejala kanker tulang berupa pelemahan yang berkaitan dengan menurunnya kepadatan tulang. Tulang yang berkembang masif sebenarnya juga tidak cukup mengandung kadar kalsium yang memadai. Ini membuat tulang rapuh dan mudah patah.

Kebas dan Mati Rasa

Beberapa tulang yang berkembang masif bisa jadi menekan sistem saraf yang berada di dekat tulang. Seharusnya sistem saraf ini bertanggung jawab pada gerak reflek pada tangan dan kaki.

Tekanan ini membuat sejumlah saraf mati rasa dan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan fungsi refleks. Pasien juga bisa jadi kehilangan kemampuan indera perasa nya sama sekali karena pengaruh ini.

Anda bisa lihat sendiri, banyak ciri-ciri kanker tulang stadium awal sulit dibedakan dari jenis keluhan nyeri sendi dan tulang biasa. Hanya saja segera lakukan pemeriksaan medis untuk setiap keluhan yang muncul untuk diagnosis lebih dini dan penanganan yang lebih tepat.

Kanker tulang bisa jadi adalah serangan kanker primer dimana kerusakan sel tulang berkembang menjadi pertumbuhan sel abnormal yang agresif. Juga bisa menjadi bagian dari kanker sekunder, hasil dari metastasis kanker lain.

Baca juga  Kenali Gejala Kanker Tulang dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

Kanker ini belum sepenuhnya dipahami karakternya. Bagaimana kanker bisa berkembang di area yang terbilang cukup dalam dan bagaimana perkembangan masif sel kanker bisa terjadi. Yang jelas risiko kanker tulang cukup berat, pasien bisa mengalami kelumpuhan hingga dapat berakhir pada kematian.

Sebagaimana dijelaskan, sebenarnya kanker pada stadium awal memiliki kemungkinan sembuh relatif tinggi. Dan untuk itu penting untuk mengenali apa saja tanda-tanda kanker tulang pada stadium awal.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.