Tak Cuma Korea, Ada Juga Ginseng dari Jawa yang Berkhasiat Bagi Kesehatan!

515
chingchailah.blogspot.com

Diedit:

Selama ini kita memang sudah cukup familier dengan manfaat ginseng yang lebih akrab sebagai salah satu herbal khas dari tanah Korea. Tetapi ternyata di pasaran herbal lokal, kita juga memiliki jenis ginseng lokalan yang kemudian dikenal dengan sebutan ginseng jawa atau som jawa. Apa khasiat kesehatan ginseng jawa ini? Adakah perbedaannya dengan jenis ginseng khas Korea? Dan apakah ginseng jawa ini juga sebenarnya serupa dengan ginseng asli Asia Timur?

Meski mengusung nama yang sama, ternyata tanaman ginseng Korea dan ginseng Jawa memiliki beberapa perbedaan. Tanaman perdu ini memiliki bentuk daun berpermukaan halus dengan bentuk melonjong di ujung luarnya. Sedang bunganya berbentuk kecil berkelopak 4 dengan warna cerah keunguan. Tanaman cenderung mencapai ketinggian rata-rata sekitar 20 – 40 cm, meski dapat pula tumbuh tinggi pada kisaran 1 meter.

Yang kemudian membuatnya akrab disebut sebagai ginseng jawa adalah bentuk akarnya yang serupa dengan ginseng yang selama ini Anda kenal. Lengkap dengan bentukan percabangan akar yang serupa.

Tanaman yang memiliki nama latin Radix Talini Paniculati. Memang pada dasarnya masih berkerabat dengan ginseng serta memiliki beberapa kandungan nutrisi serta senyawa yang hampir serupa dengan ginseng konvensional. Meski memang kadarnya tidak setinggi jenis super ginseng seperti ginseng merah yang populer.

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah fakta mengenai khasiat kesehatan ginseng jawa.

  • Sebagai afrodisiak

    Dalam budaya lokal jawa, ternyata ginseng jawa ini sudah cukup lama dikenal sebagai herbal untuk kesehatan seksual. Diduga adanya sejumlah senyawa khas ginseng = yang memberinya kemampuan menstimulasi sistem kinerja saraf tepi dan saraf pusat serta membantu melancarkan aliran darah.

    Senyawa lain yang juga bisa Anda temukan dalah ginseng jawa adalah genosida yang juga bekerja menstimulasi produksi hormon testosteron sehingga membantu kinerja sistem seksual.

    Kandungan panaksinol juga membantu menstimulasi fungsi seksual. Sehingga diyakini adanya khasiat kesehatan ginseng jawa untuk mengatasi keluhan disfungsi ereksi dan keluhan seksual lain, meski kekuatannya masih di bawah kemampuan ginseng merah.

    Anda bisa memanfaatkan daun ginseng jawa sebagai sayur atau malah mengkonsumsi air rebusan akar ginseng jawa untuk pengobatan yang lebih intensif. Kandungan genosida terbanyak lebih bisa Anda temukan dalam akar ketimbang pada daun.

  • Membantu memperbaiki mood dan meningkatkan stamina serta konsentrasi

    Kandungan genosida ternyata juga berperan menstimulasi pembentukan hormon endorfin. Hormon ini penting untuk mendorong mood untuk fokus dan bersemangat dengan pekerjaan. Membantu seseorang menjadi lebih fokus dan siap untuk bersaing.

    Rahasia lain adalah kandungan vitamin B yang membantu mendorong tubuh membentuk energi dengan lebih efisien, mengatasi dengan cepat rasa lelah dan membantu memperbaiki kerusakan pada sistem otot dan jaringan ligamen.

    Kandungan sterol di dalamnya mendorong perbaikan sistem sirkulasi darah dan melancarkan aliran darah. Aliran darah akan membaik dan memudahkan masuknya darah menuju otak. Otak akan mendapatkan suplai oksigen memadai yang memiliki peran sangat besar untuk kemampuan berpikir, konsentrasi dan analisa.

  • Baik untuk diet dan kecantikan

    Dalam daun ginseng jawa ditemukan kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C sangat baik untuk membantu proses regenerasi sel dan mendorong perbaikan sel rusak, termasuk sel kulit, sehingga mereka yang rutin mengkonsumsi daun ginseng jawa akan merasakan efek kulit yang lebih sehat.

    Selain itu, daun ginseng jawa mengandung anti oksidan dan serat yang baik untuk mendorong diet, menarik lebih banyak lemak dan kolesterol dari dalam tubuh dan membantu melancarkan pencernaan. Ini semakin mengukuhkan daun ginseng jawa untuk diet dan kesehatan kulit.

  • Menjaga kesehatan fungsi pencernaan

    Kandungan senyawa serat dalam ginseng jawa terbukti ampuh mengatasi sejumlah keluhan kesehatan pencernaan. Sejumlah senyawa di dalam ginseng jawa memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi yang baik untuk mengatasi keluhan radang lambung sekaligus membantu menetralkan kadar asam lambung dan menormalkan sejumlah produksi enzim dalam sistem pencernaan.

    Jangan lupa akan kandungan seratnya yang tinggi sehingga menjadikannya salah satu pelancar pencernaan. Serat terutama bisa Anda dapatkan dalam daun ginseng jawa, ketimbang pada akar ginseng jawa.

  • Baik untuk kesehatan liver

    Kandungan saponin dalam ginseng jawa ternyata berperan besar dalam membantu kesehatan liver. Perannya sangat penting untuk membantu menetralisir sejumlah komponen toksin yang berada dalam liver, membantu proses regenerasi sel dalam hati sehingga mengatasi kerusakan sel hati skala medium.

    Memiliki sifat anti inflamasi dan anti biotik ada khasiat kesehatan ginseng jawa dalam membantu mencegah kerusakan hati akibat infeksi. Juga membantu mencegah terjadinya kerusakan abnormal pada hati seperti pada kasus kanker hati.

  • Melancarkan ASI

    Saponin dalam daun ginseng jawa, dan akar ginseng jawa terbukti juga ampuh membantu melancarkan ASI. Dalam temuan yang diungkap pada laman IPB diungkap bagaimana tanaman ginseng jawa juga memiliki sejumlah komponen yang berperan memperbaiki sirkulasi darah dan membantu menstimulasi fungsi produksi Air Sisi Ibu.

  • Anti diabetes

    Sejumlah riset yang dijalankan pada institusi riset IPB membuktikan bahwa ginseng jawa, baik pada daun maupun pada akarnya memiliki sejumlah khasiat khas untuk membantu mengatasi diabetes. Kandungan ginseng termasuk siklofosfamid yang bekerja efektif membantu mengentaskan keluhan diabetes dengan cepat.

Baca juga:  Manfaat Ginseng: Si “Raja Herbal”

Pada masa lalu kebanyakan orang memandang ginseng jawa ini hanya sekedar sebagai tanaman pedu liar, namun belakangan mengingat akan adanya khasiat dari ginseng jawa ini, mulai banyak orang tertarik membiakannya, apalagi bentuk bunganya yang manis membuatnya juga tampak apik menjadi tanaman hias.

Untuk aktivitas kesehatan tradisional, biasanya ginseng jawa ini dimanfaatkan bagian daun dan akarnya. Dalam daun ditemukan kadar C dan sejumlah jenis vitamin B yang cukup tinggi, juga ditemukan kadar betakaroten, saponin, flavonoid, kolin dan tanin. Terdapat kemampuan anti bakteri, anti inflamasi dan afrodisiak dalam daun yang biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran ini.

Selain daun, akar khasnya juga kerap dimanfaatkan untuk kesehatan tradisional. Akar ginseng jawa ini diketahui mengandung sejumlah senyawa penting yang bekerja membantu kinerja aliran darah dan sistem kinerja saraf.

Itu tadi segelintir dari sejumlah manfaat dan khasiat kesehatan ginseng jawa. Tanaman Ginseng jawa yang biasanya dimanfaatkan daun dan akarnya ini mudah pula Anda sajikan sebagai sayur atau teh dalam bentuk seduhan bubuk keringnya.

Advertisement
Alinesia