Manfaat Ginseng: Si “Raja Herbal”


By Cindy Wijaya

Anda bisa jadi bertanya-tanya mengapa ginseng dikatakan sebagai “herbal ajaib”? Ginseng memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Herbal berbentuk akar tanaman ini diyakini sanggup mengatasi beragam problem kesehatan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat ginseng.

Pertama, mari kita bahas mengenai ginseng itu sendiri. Ginseng merupakan salah satu dari 11 spesies tumbuhan tahunan yang bertumbuh dengan lambat dan memiliki akar berdaging. Ginseng merupakan bagian dari famili Panax dari Araliaceae.

Ginesng hanya dapat ditemukan di beberapa bagian dunia misalnya di Amerika Utara dan Asia Timur (terutama Korea, Tiongkok Utara, dan Siberia Timur) di wilayah beriklim dingin. Satu-satunya Ginseng yang diketahui tumbuh di iklim hangat ialah spesies Ginseng Panax vietnamensis yang pertama kali ditemukan di belantara hutan Vietnam.

Manfaat Ginseng bagi Kesehatan

  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh dan saraf: Berbagai pakar obat herbal menyebutkan bahwa ginseng bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Kemampuan adaptogenik yang dimiliki ginseng dapat membantu memelihara dan memperbarui sel-sel dalam tubuh sehingga sanggup memperlambat proses penuaan. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan infeksi virus influenza dan virus lainnya.
  • Meredakan stres mental: Herbal ini mampu memperbaiki mood, meningkatkan kewaspadaan mental, dan membantu mengurangi rasa lelah. Manfaat ginseng yang lainnya ialah sebagai herbal antidepresan dan anti anxiety (kecemasan). Saat Anda sedang stres berat, hormon adrenal—termasuk kortiskol, noradrenalin, dan adrenalin—akan diproduksi dan dapat menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Ginseng bisa membantu Anda untuk menstabilkan kadar hormon-hormon tersebut.
  • Membantu pengobatan diabetes: Kadar gula darah dapat menurun setelah mengonsumsi ginseng. Tapi, apabila Anda sudah rutin mengonsumsi obat diabetes, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi ginseng dan obat dokter pada waktu bersamaan. Kombinasi antara ginseng dan obat medis bisa membuat kadar glukosa terlampau rendah sampai taraf membahayakan tubuh.
  • Mencegah kanker: Chinese Medicine Journal mengungkapkan bahwa kandungan ginsenosides dalam ginseng memiliki kemampuan anti-tumor dan sanggup menginduksi kerusakan sel kanker prostat, sel kanker ovarium, sel adenokarsinoma paru-paru, serta sel neuroblastoma. Di samping itu, ginseng juga berkhasiat untuk menekan perkembangan siklus sel kanker sekaligus pertumbuhan sel kanker.
  • Menurunkan kadar kolesterol: Dalam sejumlah penelitian, Ginseng dibuktikan sanggup menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL. Para ilmuwan meyakini bahwa kandungan ginsenosides di berperan penting dalam memberikan manfaat ginseng untuk mengurangi kolesterol.
  • Merawat kesehatan kulit. Minum teh ginseng bagus untuk rehidrasi dan membersihkan kulit secara efektif. Ginseng juga diyakini sanggup mendorong proses regenerasi sel kulit dengan meningkatkan oksigenasi sel-sel kulit. Hal ini pun ikut melancarkan sirkulasi darah serta detoksifikasi darah yang sangat vital bagi kesehatan kulit Anda.

Meski manfaat ginseng ada banyak, namun penggunaannya tetap memiliki efek negatif terutama jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Disamping itu, ginseng juga diketahui bisa memengaruhi reaksi beberapa jenis obat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai rutin mengonsumsi ginseng.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}