Stadium Kanker Testis


By Cindy Wijaya

Stadium kanker testis digunakan untuk menunjukkan seberapa jauh kanker telah menyebar. Penentuan stadium oleh dokter didasarkan atas informasi yang diperoleh dari pemeriksaan-pemeriksaan medis. Dokter menggunakan stadium untuk menentukan metode pengobatan yang terbaik sesuai kondisi pasiennya.

Pada waktu masih janin, testis terbentuk dan berkembang di dekat ginjal. Suplai darah, drainase limfatik, dan saraf ke testis berasal dari dekat ginjal di sisi itu. Oleh sebab itu, pola penyebaran dari kanker testis sangat mudah diprediksi.

Lokasi pertama kanker menyebar biasanya ke kelenjar getah bening di sekitar ginjal, area yang disebut retroperitoneum. Selain itu, karena kanker testis dapat mengeluarkan marker (penanda) tumor, tes darah juga dapat menentukan penyebaran kanker. Pasien dengan kadar marker yang sangat tinggi dalam darahnya diduga memiliki penyebaran yang jauh.

Stadium kanker testis menggambarkan seberapa besar kanker itu, apakah kanker sudah menyebar, dan apakah kanker mengeluarkan marker tumor. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing stadium kanker testis.

Kanker Testis Stadium 1

Kanker testis stadium 1 berarti kanker masih pada tahap paling awal. Kanker hanya berada di testis dan belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau ke organ-organ lain.

Kanker testis stadium 1 dapat dibagi lagi menjadi stadium 1A dan 1B, tergantung pada ukuran dari tumornya. Ada juga stadium 1S yang berarti Anda memiliki peningkatan kadar marker (penanda) dalam darah setelah operasi.

Kanker Testis Stadium 2

Pada kanker testis stadium 2, sel-sel kanker telah mneyebar dari testis ke kelenjar getah bening di dekatnya di perut atau panggul.

Anda mungkin memiliki kadar marker yang normal atau sedikit meningkat dalam darah Anda (S0 atau S1).

Kanker testis stadium 2 dapat dibagi menjadi stadium 2A, 2B, dan 2C. Ini tergantung pada berapa banyak kelenjar getah bening yang telah terkena kanker dan ukuran dari kelenjar getah bening tersebut.

Kanker Testis Stadium 3

Kanker testis stadium 3 berarti kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau ke organ-organ lain. Kanker testis stadium 3 dapat dibagi menjadi stadium 3A, 3B, dan 3C. Pembagian stadium 3 ini mengacu pada lokasi dimana kanker telah menyebar dan kadar marker dalam darah.

Kanker Testis Stadium 3A

Pada stadium 3A, kanker sudah menyebar ke salah satu lokasi di bawah ini:

  • Kelenjar getah bening yang jauh, contohnya di dekat tulang selangka
  • Paru-paru Anda

Kadar marker dalam darah Anda mungkin normal (S0) atau sedikit meningkat (S1).

Stadium kanker testis ini termasuk dalam kelompok risiko yang bagus. Artinya, kanker memiliki risiko kambuh yang rendah.

Kanker Testis Stadium 3B

Stadium kanker testis ini dapat berarti salah satu dari situasi di bawah ini:

  • Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan Anda memiliki kadar marker yang cukup tinggi (S2)
  • Kanker telah menyebar ke paru-paru atau kelenjar getah bening yang jauh dan Anda memiliki kadar marker yang cukup tinggi

Stadium kanker testis ini termasuk dalam kelompok risiko menengah. Artinya kanker lebih berisiko untuk kambuh kembali dibandingkan pada kelompok risiko yang bagus.

Kanker Testis Stadium 3C

Stadium kanker testis ini dapat berarti salah satu dari situasi di bawah ini:

  • Sama seperti pada stadium 3B tetapi Anda punya kadar marker yang sangat tinggi (S3)
  • Kanker telah menyebar ke organ tubuh lain, misalnya ke hati atau otak. Kondisi ini dulu disebut sebagai kanker testis stadium 4.

Pria yang memiliki kanker non-seminoma yang mengalami stadium ini termasuk dalam kelompok risiko yang buruk. Artinya kanker lebih berisiko untuk kambuh kembali dibandingkan kelompok-kelompok risiko lain.

Apa Itu Seminoma dan Non-Seminoma?

Terdapat dua jenis utama kanker testis, yaitu seminoma dan non-seminona. Seminoma adalah jenis kanker yang tumbuh lambat, yang dideteksi pada pria berusia 40-an dan 50-an. Kanker ini ada di testis, tetapi bisa menyebar ke kelenjar getah bening.

Non-seminoma adalah jenis kanker testis yang lebih umum diderita para pria, dan kanker ini cenderung tumbuh lebih cepat daripada jenis seminoma.

Kesimpulan tentang Stadium Kanker Testis

Stadium kanker testis dibagi menjadi tiga, yaitu stadium 1, 2, dan 3. Pada stadium 1, kanker masih hanya berada di testis dan belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lain.

Pada stadium 2, kanker testis telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat di perut atau panggul pasien. Dan pada stadium 3, kanker testis telah menyebar ke kelenjar getah bening atau ke organ lain.

Dokter membutuhkan informasi mengenai stadium kanker dari pasiennya agar bisa merekomendasikan metode pengobatan terbaik sesuai keadaan pasien.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang stadium kanker testis. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kanker hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Cancer Research UK. Testicular Cancer Stages. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/testicular-cancer/stages-tnm

John Hopkins Medicine. Testicular Cancer Staging. URL: https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/testicular-cancer/testicular-cancer-staging

MedlinePlus. Testicular Cancer. URL: https://medlineplus.gov/ency/article/001288.htm

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>