Selalu Sakit Saat Datang Bulan? Lakukan 11 Cara Mengatasi Nyeri Haid Ini!

459

Diedit:

Mungkin ada lebih dari setengah populasi wanita yang merasakan sakit sewaktu menstruasi setiap bulan. Memang, nyeri haid—secara medis disebut ‘dismenoria’—biasanya adalah hal yang wajar, alias tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi tetap saja para wanita pasti sangat bersyukur jika ada cara-cara mengatasi nyeri haid yang manjur.

Kalau Anda sedang mencari-cari siasat untuk mengatasi nyeri haid yang selalu mengganggu, beruntung-lah Anda menemukan artikel ini. Karena artikel ini akan mengulas 11 taktik ampuh agar menstruasi setiap bulan tak lagi bikin Anda susah beraktivitas.

Taktik 1: Air, Air, dan Air

Banyak minum air memang tidak akang langsung hilangkan rasa sakit, tetapi air membantu mengatasi perut kembung yang memperparah rasa nyeri. Saat datang bulan, tuangkan air minum di dalam botol yang gampang dibawa kemana-kemana, lalu masukkan beberapa daun mint atau air perasan lemon—supaya rasa air jadi lebih enak.

Tapi jangan coba-coba tambahkan garam ke dalam air, apalagi mengganti asupan air dengan minuman berkafein—kedua hal itu malah akan membuat tubuh jadi kehilangan banyak air.

Taktik 2: Camilan ‘Obat’ Nyeri Haid

Camilan semacam donat, keripik kentang, atau makanan berlemak dan gorengan lain bukanlah teman yang baik di masa haid. Pilihlah makanan yang rendah lemak, kaya serat, dan bernutrisi: camilan yang terbuat dari gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Nutrisi seperti vitamin E, B1 dan B6, magnesium, zink, juga asam lemak omega-3 sanggup menghambat pembentukan zat menyerupai hormon yang bertanggung jawab menciptakan kram perut menyakitkan saat haid. Mereka juga membantu mengurangi ketegangan otot serta peradangan yang turut memperparah nyeri.

Taktik 3: Ganti Kopi dengan Smoothie

Kafein bisa bikin kram otot jadi makin buruk, jadi coba tahan dulu keinginan untuk menyeruput kopi beberapa hari sebelum dan selama menstruasi. Pastikan juga Anda tidak mengasup kafein dari minuman soda, minuman berenergi, cokelat, atau teh.

Kalau Anda merasa benar-benar butuh sesuatu yang bisa ‘membangunkan’ di pagi atau siang hari, cobalah minuman smoothie yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan. Smoothie bernutrisi dapat sama efektifnya dengan kafein untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Baca juga:  7 Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Kehamilan

Taktik 4: Minum Obat yang Tepat

Obat semacam aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium bisa mengatasi nyeri haid dengan cara meringankan kram perut yang sedang terjadi. Coba konsultasikan dengan dokter tentang keluhan haid yang Anda alami, mungkin ia bisa memberi petunjuk obat yang tepat.

Jika dirasa perlu, simpanlah beberapa butir obat ini dalam tas atau di mobil, jadi gampang untuk dicari sewaktu dibutuhkan. Sebagai manfaat tambahan, obat ibuprofen dan naproxen juga mampu meringankan pendarahan menstruasi.

Taktik 5: Lawan dengan Suhu Panas

Tahukah Anda bahwa suhu panas bisa jadi cara mengatasi nyeri haid? Ya, menempelkan area perut dengan sesuatu yang hangat dapat meredakan ketidaknyamanan. Zaman sekarang mudah sekali untuk mendapatkan suhu panas, tidak perlu repot-repot masak air dulu.

Misalnya, Anda bisa gunakan microwave untuk menghangatkan handuk—tapi jangan lama-lama, nanti terbakar. Dan di toko-toko mungkin sudah tersedia alat/bantal kompres panas elektrik, yang bisa dipakai sewaktu-waktu, baik di kantor maupun di rumah.

Taktik 6: Ayo Aktif Olahraga

Walaupun belum ada banyak bukti yang menunjukkan kalau olahraga sanggup mengatasi nyeri haid, tapi sudah banyak wanita yang mengaku sangat terbantu. Olahraga membuat tubuh melepaskan endorfin—zat kimia di otak yang menciptakan perasaan senang. Cobalah cari waktu untuk berjalan kaki, treadmill, atau pergi berenang.

Taktik 7: Lembutkan dengan Pijatan

5 menit pijatan perut dalam sehari sudah cukup untuk melancarkan aliran darah sekaligus meredakan ketegangan otot sehingga Anda akan merasa lebih baik. Mulailah kebiasaan memijat ini beberapa hari sebelum datang bulan. Beberapa orang juga terbantu dengan mengoleskan krim atau minyak urut di perut mereka.

Taktik 8: Minum Herbal

Herbal semacam kunyit, evening primrose oil, dan jahe terbukti mampu membantu mengatasi kram perut akibat haid. Disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba konsumsi herbal atau suplemen apa pun. Beberapa jenis herbal mungkin dapat memengaruhi efektivitas obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk pil KB.

Taktik 9: Tekan dengan Akupresur

Ingatlah titik-titik akupresur ini: titik di bagian berdaging antara jempol dan jari telunjuk, 2 titik ada di bawah pusar selebar dua jari dan empat jari, dan 2 titik di daerah panggul—masing-masing di awal lipatan kaki. Titik-titik lain juga ada di punggung serta kaki, coba lihat selengkapnya di situs Modern Reflexology.

Menekan titik akupresur menggunakan jari jempol atau telunjuk bisa melancarkan peredaran darah sekaligus melepaskan endorfin untuk membantu meringankan keluhan menstruasi. Siapa tahu teknik akupresur adalah cara mengatasi nyeri haid yang terbaik buat Anda?

Baca juga:  Noni Juice: Obat Nyeri Haid Alami

Taktik 10: Dibawa Tidur Saja

Memang Anda mungkin merasa susah tidur jika perut sedang sakit-sakitnya. Makanya trik ini disarankan dilakukan beberapa hari sebelum mulai waktunya haid. Tandai di kalender kapan kira-kira periode menstruasi selanjutnya, atau cermati tanda-tanda menjelang datang bulan yang biasa Anda rasakan.

Selama hari-hari sebelum nyeri haid menghampiri, manfaatkan waktu dengan tidur senyaman-nyamannya dan jangan sampai kurang tidur. Dan setelah datang waktunya haid, sempatkanlah waktu luang di istirahat siang untuk tidur sejenak. Atau mungkin Anda harus berganti posisi tidur malam, terutama kalau biasanya tidur dengan perut tertindih.

Taktik 11: Manjakan Diri dengan Mandi Berendam

Kalau punya bak mandi untuk berendam, penuhilah dengan air hangat, tuangkan sabun hingga muncul gelembung-gelembung, dan jangan lupa bawa majalah atau buku favorit Anda. Banyak orang merasa bahwa ini adalah cara ampuh mengatasi nyeri sekaligus menenangkan mood yang semerawut akibat PMS. Tapi jangan sedih kalau tidak bisa berendam—mandi biasa dengan air hangat juga membantu, kok.

Sudah coba trik-trik di atas tapi masih saja terganggu oleh nyeri haid? Mungkin sekaranglah waktunya untuk bicarakan masalah ini dengan dokter. Karena bisa saja ada penyebab di balik ketidaknyamanan Anda di masa menstruasi—biasanya disertai dengan ketidakteraturan, rasa sakit, dan pendarahan haid yang tidak seperti biasanya.

Tapi tidak perlu terlalu khawatir, karena bagi sebagian besar wanita rasa sakit atau kram perut di periode haid adalah hal yang lumrah, walaupun itu selalu dirasakan setiap datang bulan. Bagi Anda yang masih bertanya-tanya; “Nyeri haid saya normal gak, sih?” tapi takut pergi ke dokter, coba periksa dulu artikel ini: Waspadai Tanda-Tanda Menstruasi yang Tidak Wajar.

Advertisement
Alinesia