Penyebab Gigi Kuning Padahal Rajin Sikat Gigi


By Cindy Wijaya

Apakah Anda punya gigi yang menguning? Ingin memutihkan kembali gigi supaya lebih percaya diri saat senyum? Pertama-tama cari tahu dulu apa sebenarnya penyebab gigi kuning yang Anda alami. Sebab ada macam-macam yang bisa menyebabkan gigi menguning, sehingga cara mengatasinya perlu disesuaikan dengan penyebabnya itu.

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai masalah perubahan warna gigi yang umum dialami orang-orang. Sebenarnya gigi tidak hanya bisa berubah warna menjadi kuning saja, gigi juga bisa menghitam atau berubah warna lain atau bahkan muncul bercak-bercak putih. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan mengenai perubahan warna gigi.

Apa Itu Perubahan Warna Gigi?

Perubahan warna gigi terjadi ketika gigi berubah warna. Mereka tidak tampak secerah atau seputih yang seharusnya. Gigi mungkin menjadi lebih gelap, berubah dari putih menjadi warna berbeda, atau muncul bintik-bintik putih atau hitam di beberapa tempat.

Setidaknya ada tiga jenis penyebab perubahan warna gigi yaitu:

  • Ekstrinsik, artinya disebabkan oleh sesuatu yang bersentuhan dengan gigi
  • Intrinsik, artinya disebabkan oleh sesuatu di dalam gigi atau di dalam tubuh
  • Terkait usia, artinya dapat terjadi seiring usia bertambah tua

Masing-masing jenis penyebab di atas dapat terdiri dari berbagai macam hal. Simak bagian berikut untuk mengetahui penyebab gigi kuning padahal sudah rajin sikat gigi.

Penyebab Gigi Kuning Padahal Rajin Sikat Gigi

Kebersihat mulut yang buruk hanyalah salah satu penyebab gigi kuning. Karena bahkan orang yang sudah rajin menyikat dan membersihkan gigi secara teratur tetap bisa punya gigi yang menguning. Jadi apa penyebab gigi kuning padahal sudah rajin sikat gigi? Mungkin penyebabnya adalah salah satu dari daftar berikut:

Makanan dan Minuman

Ada jenis-jenis makanan dan minuman yang dapat meninggalkan bekas warna di gigi, atau bahkan membuat gigi berubah warna. Berikut adalah contoh-contoh minuman dan makanan penyebab gigi kuning:

  • Teh: Dokter gigi mengatakan bahwa teh hitam dapat meninggalkan lebih banyak noda di gigi daripada kopi. Sedangkan teh herbal dan teh putih dapat mengikis lapisan luar gigi, yang disebut enamel, dan juga meninggalkan noda.
  • Kopi: Kopi mengandung tannin yang juga dimiliki teh dan anggur merah. Tannin bisa meninggalkan noda gigi dan membuatnya menguning.
  • Saus: Saus yang berwarna kental, seperti kecap, saus tomat, dan kari, juga bisa meninggalkan noda gigi. Jika memungkinkan, pilih lah saus yang berwarna terang atau lembut, lalu sikat dan bilas gigi segera setelah makan.
  • Minuman elektrolit atau minuman olahraga: Jenis minuman ini bisa mengikis enamel, dan menimbulkan noda gigi. Jadi lebih baik minum air putih saja selama olahraga.
  • Anggur merah: Anggur merah adalah minuman yang punya warna gelap, dan bisa mengubah warna gigi. Tetapi anggur putih, yang punya lebih kandungan asam, juga bisa mengubah warna gigi.
  • Buah dan beri-berian: Siapa sangka buah juga bisa menjadi makanan penyebab gigi kuning. Buah-buahan yang berwarna kuat dan buah-buahan beri seperti blueberry, blackberry, ceri, dapat menodai gigi.
  • Minuman soda: Minuman ini sering mengandung asam dan bahan pewarna yang bisa menyebabkan noda serius di gigi. Selain itu ada bahan-bahan kimia lain yang dapat mengikis enamel gigi.
  • Permen: perman juga bisa menjadi makanan penyebab gigi kuning. Beruntungnya, ini biasanya bukan masalah kalau Anda jarang makan permen.

Ada beberapa tips untuk mencegah perubahan warna gigi akibat minuman atau makanan. Anda perlu langsung kumur-kumur dengan air setelah makan atau minum. Tunggu 30 menit –  1 jam sebelum sikat gigi setelah makan sesuatu yang mengandung asam. Kalau tidak bisa langsung sikat gigi, Anda bisa mengunyah permen karet tanpa gula segera setelah makan.

Merokok atau Mengunyah Tembakau

Kandungan nikotin dan tar dari rokok bisa menjadi penyebab gigi kuning atau gigi bernoda. Bahkan rokok termasuk sebagai penyebab utama dari problem gigi menguning, dan noda yang ditinggalkan rokok bisa membandel atau sulit dihilangkan.

Mengunyah tembakau juga dapat mengubah warna gigi Anda. Warna cokelat dari mengunyah tembakau bisa sangat menodai gigi jika bercampur dengan air liur. Dan noda itu sering kali susah dihilangkan, apalagi jika sudah mengunyah tembakau selama bertahun-tahun.

Satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyikat gigi beberapa kali dalam sehari. Ini bukan hanya bisa mencegah perubahan warna gigi lebih parah, tetapi juga mencegah penyakit gusi.

Namun cara terbaik untuk mengembalikan warna gigi adalah dengan berhenti merokok. Karena bahkan perawatan pemutih gigi oleh dokter gigi sekalipun tidak bertahan lama hasilnya jika Anda terus merokok.

Penyakit Penyebab Gigi Kuning

Ada beberapa penyakit yang dapat memengaruhi enamel dan dentin, yang akhirnya mengubah warna gigi. Enamel adalah permukaan keras gigi sedangkan dentin adalah suatu bagian di bawah enamel. Contoh penyakit tersebut antara lain penyakit metabolik, defisiensi kalsium, penyakit hati, rakitis, gangguan makan, dan penyakit celiac.

Pengobatan untuk penyakit tertentu juga bisa mengubah warna gigi. Sebagai contoh, pengobatan radiasi ke kepala dan leher serta kemoterapi dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Dan infeksi yang terjadi pada ibu hamil bisa mengakibatkan perubahan warna gigi pada bayinya karena memengaruhi perkembangan enamel bayi.

Konsumsi Obat

Obat yang dikonsumsi bisa menjadi penyebab gigi kuning padahal rajin sikat gigi. Contohnya obat antibiotik tetracycline dan doxycycline diketahui bisa mengubah warna gigi jika diberikan pada anak yang giginya masih berkembang (sebelum umur 8 tahun).

Obat kumur dan pencuci mulut yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride juga dapat menodai gigi.

Kemudian obat antihistamin, obat antipsikotik, dan obat tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi.

Faktor Usia

Seiring usia bertambah tua, lapisan terluar dari enamel di gigi akan menipis. Karena itu lama-kelamaan akan terlihat warna alami dentin, yang memang agak kekuningan.

Faktor Genetik

Beberapa orang secara alami mempunyai enamel yang lebih cerah atau lebih tebal daripada orang lainnya. Faktor genetik ini memengaruhi warna asli gigi orang-orang tersebut.

Faktor Lingkungan

Kandungan fluoride yang berlebihan dapat mengakibatkan perubahan warna gigi. Fluoride bisa secara alami ada di air minum dalam kadar tinggi, atau fluoride bisa juga berasal dari pasta gigi, pembilas mulut, suplemen, dan produk buatan lainnya.

Apakah ada salah satu hal di atas yang menjadi penyebab gigi Anda kuning padahal rajin sikat gigi? Sebenarnya ada yang bisa Anda upayakan untuk memutihkan kembali atau setidaknya memperbaiki warna gigi.

Yang terbaik memang berkonsultasi dulu dengan dokter gigi agar tahu cara paling tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Tetapi jika tidak bisa ke dokter gigi, Anda mungkin bisa mencoba beberapa tips di artikel ini: 10 Cara Memutihkan Gigi Kuning Tanpa Perlu ke Dokter Gigi.

Bisakah Mencegah Gigi Kuning?

Tentu saja bisa, terutama jika penyebab gigi kuning Anda adalah faktor dari luar gigi atau luar tubuh. Misalnya Anda bisa lebih mengendalikan apa yang Anda konsumsi, sebab ada minuman dan makanan penyebab gigi kuning.

Jadi cobalah untuk membatasi minuman atau makanan itu, misalnya teh atau kopi, soda, anggur merah atau putih, buah-buahan beri, kecap, dan saus tomat. Jika tidak bisa membatasi, berupayalah untuk segera berkumur dengan air setelah makan atau minum itu, dan juga menyikat gigi 30 menit kemudian.

Perubahan gaya hidup juga dibutuhkan agar gigi kembali cerah. Misalnya Anda mungkin harus berhenti merokok.

Anda juga mungkin perlu membersihkan gigi secara lebih teliti, tidak hanya sikat gigi tetapi juga menggunakan benang (flossing) dan obat kumur antibakteri setiap hari. Itu bisa mencegah pembentukan plak yang menyulitkan untuk membersihkan noda di gigi.

Dianjurkan juga untuk membersihkan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Ini untuk menjaga kesehatan mulut sekaligus membuat Anda lebih percaya diri untuk memamerkan senyum.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang penyebab gigi kuning padahal rajin sikat gigi. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

WebMD. Tooth Discoloration. URL: https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-discoloration

Crest. Yellow Teeth: Causes and How to Whiten Yellow Teeth. URL: https://crest.com/en-us/oral-health/conditions/teeth-stains/yellow-teeth-causes-how-to-whiten-yellow-teeth

WebMD. Slideshow: Foods That Stain Your Teeth. URL: https://www.webmd.com/oral-health/ss/slideshow-foods-stain-teeth

Healthline. Smoking’s Effect on Teeth. URL: https://www.healthline.com/health/smokers-teeth

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>