Penyakit Kuning: Kenali Lebih Dalam

486

Diedit:

Menyembuhkan penyakit kuning, sebelum membahas tentang itu, mari disimak terlebih dahulu mengenai apa itu penyakit kuning dan info seputar itu. Icterus atau Jaundice adalah nama lain dari penyakit kuning, merupakan penyakit yang mengakibatkan kuning menjadi kuning, begitu pula sclera (Bagian putih di mata), serta kelenjar ludah. Itu disebabkan karena kadar bilirubin yang tinggi di tubuh manusia, juga tubuh hewan yang memiliki sel darah merah.

Umumnya konsentrasi dari bilirubin di daerah melebihi 2 hingga 3 miligram/dL, itu untuk menyebabkan timbulnya warna kuning yang dapat dilihat kasat mata. Jika Anda lihat nama lain dari penyakit kuning, Jaundice, itu merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Prancis (Jaune) – Yang memiliki arti kuning. Cairan empedu akan masuk menuju darah, jadi tubuh pun akan tampak berwarna kekuningan.

Apa Itu Bilirubin?

Bilirubin adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris, berupa senyawa pigmen dengan warna kuning dan adalah produk katabolisme enzimatik biliverdin dari biliverdin reduktase. Dibawa menuju hati kemudian dibuang dalam usus dan dikeluarkan dari urine, itulah proses dari bilirubin. Apabila proses pembuangan terganggu, akhirnya akan terjadi proses pengendapan yang akan semakin meninggi kemudian masuk menuju aliran darah dan mengakibatkan penyakit kuning ini.

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Kuning

Terdapat beberapa faktor yang menjadi biang terjadinya penyakit kuning. Salah satunya adalah virus yang asalnya dari penyakit hepatitis, baik itu hepatitis G, F, E, D, C, B, dan A. Penyebab pasti dari penyakit ini juga dapat diakibatkan karena infeksi bakteri, jamur, maupun parasit. Selain itu penggunaan bahan kimia, obat-obatan, dan sinestisis tertentu yang bisa merusak hati, gizi buruk, alkohol, serta penyakit auto imun juga bisa termasuk ke dalam faktor penyebab terjadinya penyakit kuning pada seseorang. Virus hepatitis B adalah faktor yang paling sering mengakibatkan seseorang terkena penyakit kuning, bahkan bisa menahun. Virus dapat menjadi ganas dan kemudian berubah menjadi penyakit kanker hati, semuanya diawali oleh hepatitis B tersebut.

Gejala Penyakit Kuning

Selanjutnya mari kita membahas gejala-gejala apa saja yang akan dialami apabila menderita penyakit kuning, bisa Anda temukan di bawah ini:

  • Warna urine kuning

    Kondisi ini termasuk gejala umum dari penyakit kuning. Perubahan warna urine ke kuning tua diakibatkan karena penurunan asupan air yang terkonsentrasi di urine.

  • Perut terasa nyeri

    Rasa nyeri di perut juga merupakan gejala penyakit kuning. Biasanya rasa nyeri terjadi di bagian sisi perut khususnya di bagian bawah dari tulang rusuk, tersambung hingga bagian pinggul sebelah atas. Dikarenakan kerusakan sel hati maupun batu empedu.

  • Mata dan kulit berubah kuning
  • Nafsu makan berkurang
  • Gatal

Alternatif Herbal untuk Mengobati Penyakit Kuning

Alternatif herbal atau pengobatan alami yang bisa membantu dalam mengobati penyakit kuning yakni tomat. Tomat adalah salah satu type bahan makanan yang dapat menjadi sumber likopen yang bagus bagi kesehatan darah di dalam tubuh manusia.

Dengan rajin minum jus tomat setiap pagi hari maka bisa membantu dalam memulihkan kesehatan organ hati Anda. Buah tomat juga memiliki vitamin C dan antioksidan yang tinggi, jadi benar-benar bagus untuk proses penyembuhan dan juga kesehatan organ hati. Buah tomat juga memiliki rasa yang manis dan enak sehingga tidak enek untuk diminum setiap hari.

Bagi Anda yang belum terkena penyakit kuning, jagalah kondisi tubuh sebaik mungkin agar jangan sampai kena penyakit ini. Berolahraga secara teratur, membatasi konsumsi alkohol, dan menjaga berat badan penting dalam upaya mencegah penyakit kuning.

Advertisement
Alinesia