17 Pengobatan Pankreatitis Alami Terbaik yang Perlu Diketahui

723
pengobatan pankreatitis - penyakit pankreas - pengobatan alami
Sumber: iStock

Diedit:

Pada ulasan sebelumnya kami sudah membahas mengenai apa itu penyakit pankreatitis. Dan bagaimana terapi pengobatan pankreatitis lazim diberikan. Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas masalah pengobatan alami untuk menunjang penyembuhan penyakit pankreas ini.

Penyakit pankreas satu ini memang bukan jenis inflamasi yang sering terdiagnosa. Tetapi ketika seseorang terdiagnosa mengalami pankreatitis, pasien harus menjalankan pengobatan berjangka panjang yang dijalankan dengan prosedur dan metode khusus yang berkesinambungan.

Menjalankan Pengobatan Pankreatitis

Pankreas memiliki peran sangat besar dalam fungsi metabolisme. Karena pankreas bekerja memproduksi hormon dan enzim yang berfungsi dalam penyerapan glukosa dan lemak oleh sel tubuh.

Sementara ketika pasien mengalami penyakit pankreas, maka fungsi ini akan menurun. Karenanya diperlukan penyesuaian untuk memastikan tubuh tetap dalam kondisi fit sementara fungsi metabolisme energi terganggu.

Untuk itu ketika kesehatan pankreas terganggu, termasuk ketika terjadi masalah pankreatitis, pasien perlu melakukan sejumlah prosedur yang meliputi perawatan dan penurunan aktivitas. Di sini pasien harus menjalankan sejumlah pola diet dan perubahan aktivitas untuk membantu mengurangi tugas pankreas.

Pasien harus mengendalikan asupan makanan supaya tidak mengonsumsi makanan yang memberatkan kerja pankreas seperti mengonsumsi makanan manis, makanan siap saji atau makanan kaya lemak trans.

Pengobatan Alami untuk Pengobatan Pankreatitis

Selain menjalankan diet yang ketat, ternyata untuk membantu pengobatan pankreatitis, pasien bisa menjalankan sejumlah pengobatan alami baik dengan herbal maupun dengan asupan makanan yang tidak sekedar aman untuk pankreas tetapi bermanfaat membantu penyembuhan pankreatitis.

Pengobatan alami semacam ini akan menstimulasi penyembuhan penyakit pankreas, termasuk mengatasi inflamasi, membantu meningkatkan kondisi tubuh yang menunjang kesembuhan pankreas dan membantu menstimulasi perbaikan sel dalam pankreas.

Adapun sejumlah pengobatan alami dengan herbal dan asupan makanan yang dapat membantu pengobatan pankreatitis tersebut antara lain.

Blueberry

Di bandingkan jenis berry lain, dalam blueberry tersimpan komponen flavonoid yang paling lengkap dengan kadar yang paling tinggi. dan flavonoid akan berperan besar dalam proses penyembuhan penyakit pankreas.

Peran beragam jenis anti oksidan flavonoid dalam proses pengobatan alami untuk pankreatitis dapat Anda lihat dalam ulasan tahun 2010 pada Biology and Pharmaceutical Bulletin.

Riset tersebut melibatkan sejumlah sampel tikus yang sudah terserangan penyakit pankreas ini. Hasil studi ini menunjukan terapi flavonoid akan membantu menurunkan intensitas peradangan pada pankreas dengan signifikan.

Mengonsumsi blueberry sendiri juga akan membantu menstimulasi sistem imun dan membantu perbaikan kinerja pencernaan. Dua aspek penting yang berperan dalam proses perbaikan pankreas.

Komponen antosianin yang juga terdapat dalam blueberry terbukti sangat baik untuk perbaikan fungsi pankreas. Membantu kinerja sel-sel dalam pankreas untuk bekerja lebih aktif. Serta membantu proses perbaikan sel pada pankreas.

Tempe

Salah satu hal yang menjadi penyebab dan akan memperburuk kondisi pasien pankreatitis adalah lemak. Mengonsumsi makanan rendah lemak adalah kunci untuk diet bagi pasien pankreatitis.

Dan tempe adalah satu contoh pilihan menu dalam diet pankreatitis. Komponen lemak yang mendekati 0% akan menurunkan produksi enzim oleh pankreas. Pankreas akan beristirahat dan memungkinkan sel-sel pankreas memperbaiki diri.

Di satu sisi, tempe kaya akan protein dan isoflavon. Dua komponen ini justru berperan dalam proses perbaikan sel pada penyakit pankreas. Peran isoflavon terhadap kesehatan pankreas dapat Anda lihat dalam ulasan Clinicaltrial; US National Library of Medicine tahun 2017.

Tetapi terapi kedelai akan membuat stress pankreas. Menurut Advances in Experimental Medicine and Biology tahun 1987, dalam kedelai terkandung penghambat tripsin yang meningkatkan resiko kerusakan penyakit pankreas dalam jangka panjang.

Hanya dengan tempe yang sudah melalui proses fermentasi jamur, kedelai dengan isoflavonnya dapat memberi manfaat bagi pankreas tanpa menyisakan efek samping yang justru memberatkan fungsi pankreas.

Jamur Reishi

Pada dasarnya jamur yang kaya akan selenium dan magnesium memiliki manfaat untuk pankreas. Selenium memiliki unsur anti kanker sedang magnesium memiliki peran dalam proses keberlangsungan hidup sel dalam seluruh tubuh.

Tetapi jenis jamur reishi atau Ganoderma lucidum secara khusus membantu perkembangan bakteri baik dalam pencernaan. Perbaikan komposisi bakteri baik dalam pencernaan akan menstimulasi perbaikan pada fungsi pankreas dan membantu menurunkan intensitas peradangan pada penyakit pankreas.

pengobatan pankreatitis - penyakit pankreas - pengobatan alami
Sumber: 123rf

Menurut International Journal of Biology Macromolecules tahun 2016, kandungan polisakarida dalam jamur reishi ini baik sebagai prebiotik untuk mendukung peningkatan kadar bakteri baik dalam pencernaan dan menstimulasi proses perbaikan sel pankreas yang rusak.

Dalam studi lain yang diungkap pada jurnal Nutrients tahun 2017, dijelaskan bahwa jamur reishi ini juga memiliki unsur anti kanker, anti inflamasi dan anti bakteri yang bekerja efektif membantu pengobatan pankreatitis.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan herbal yang memiliki kemampuan anti inflamasi dan anti bakterial yang sangat kuat. Herbal ini dikenal sangat efektif mengatasi peradangan dan menghentikan perkembangan kerusakan sel dalam tubuh, termasuk dalam kasus penyakit pankreas ini.

Dalam Iranian Journal of Pharmaceutical Research tahun 2013 diungkap bahwa bawang putih memiliki kemampuan menghentikan peradangan, mendorong penyembuhan peradangan pada sel dan membantu menghentikan merambatnya kerusakan sel sebelum meluas.

Baca juga:  Pankreatitis Ciri-Ciri Utamanya Sakit Perut Bagian Atas

Studi menunjukan bagaimana pasien pankreatitis menunjukan progress positif paska mendapatkan pengobatan alami berupa terapi dengan bawang putih .

Termasuk pula mencegah kerusakan masif dari pankreatitis yang bisa memicu kanker pankreas, sebagaimana dijelaskan dalam National Cancer Institutes tahun 2016.

Biji Anggur

Antosianin dan sejumlah komponen estrevatrol dalam biji anggur menjadi kekuatan anti oksidan yang sangat ampuh mengatasi inflamasi pada pankreas dan mencegah perkembangan inflamasi menjadi kanker.

Dalam Journal of Physiology and Pharmacology tahun 2004, pengobatan pankreatitis dengan biji anggur yang diekstrak akan membantu progress positif penyakit pankreas ini. Menurunkan intensitas peradangan dan menstimulasi pembentukan sel-sel baru yang lebih sehat.

Akar Dandelion

Akar dandelion juga dikenal di kawasan Eropa sebagai pengobatan alami bagi penyakit pankreas. Kandungan serat inulin dalam herbal ini, disertai komponen anti oksidan flavonoid dan komponen cytotoxine didalamnya membantu proses pengobatan pankreatitis.

Serat memiliki peran dalam pengobatan pankreatitis. Menurut World Journal of Gastroentology tahun 2013, serat akan membantu pencernaan bekerja dengan efektif tanpa harus memaksakan pankreas bekerja extra menghasilkan enzim berlebihan.

Dalam Journal of Pancreas tahun 2012 diungkap dalam akar dandelion ditemukan jenis senyawa yang akan menjadi pengobatan alami membantu menstimulasi fungsi pankreas, menghambat kerusakan sel, mengatasi inflamasi dalam pankreas dan mencegah perkembangan pankreatitis menjadi kanker.

Teh Hijau

Meminum teh hijau dengan reguler akan membantu menghambat pembentukan sel kanker dan kerusakan sel pada pankreas. Teh hijau akan memberikan stimulan untuk pembentukan sel sehat baru dalam pankreas dan memulihkan fungsi pankreas yang menurun.

Hal ini dijelaskan dalam Journal of Cancer Epidemology tahun 2012.  Meminum teh hijau dengan rutin pada wanita akan menurunkan resiko kanker pankreas hingga 32%. Dan membantu mengatasi pembentukan inflamasi pada penyakit pankreas sebelum berkembang menjadi sel kanker.

Dalam jurnal yang sama juga dijelaskan bahwa penyajian teh hijau yang tepat adalah pada temperatur hangat cenderung rendah. Temperatur panas menurunkan manfaat dari komponen anti oksidan dalam herbal ini.

Menjadi catatan penting bagi Anda yang ingin rutin mengonsumsi teh hijau, bahwa herbal teh hijau dalam temperatur rendah cenderung memiliki manfaat lebih optimal untuk pankreas.

Ginseng

Bagian terbaik dari ginseng adalah kemampuan anti inflamasi yang cukup kuat sehingga efektif menjadi pengobatan alami untuk penyakit pankreas. Kemampuan anti inflamasi dalam ginseng dijelaskan dalam Journal of Ginseng Research tahun 2016.

Ginseng juga baik dalam membantu tubuh mengatasi kelebihan lemak. Dalam sejumlah temuan lemak dalam tubuh memiliki peran meningkatkan resiko kerusakan pankreas.

Semakin tinggi cadangan lemak yang diiringi dengan asupan lemak yang juga tinggi semakin tinggi resiko kerusakan pankreas. Mengurangi lemak secara tidak langsung akan sangat membantu pengobatan pankreatitis.

Dalam Journal of Pancreatology tahun 2016, diungkap bagaimana salah satu jenis ginseng unggulan dalam ilmu pengobatan alami, yakni ginseng merah khas Korea memiliki kemampuan efektif membantu proses pengobatan pankreatitis.

Terapi ginseng merah membantu merestrukturisasi keseimbangan protein dalam pankreas dan membantu mempercepat proses perbaikan sel, mencegah persebaran kerusakan sel dalam pankreas dan meningkatkan sistem imun dalam sel.

Cengkeh

Cengkeh, terutama jenis cengkeh merah adalah herbal yang juga banyak diyakini sebagai terapi pankreatitis. Manfaatnya terbukti cukup efektif membantu perbaikan sel dalam pankreas, membantu mengatasi inflamasi dan fungsi produksi enzim dalam pencernaan.

Cengkeh memiliki kandungan isoflavon yang bekerja pada fungsi pankreas untuk membantu sel-sel dalam pankreas memperbaiki diri. Juga kaya akan komponen fenolik dan flavonoid yang bekerja aktif menstimulasi penyembuhan pankreatitis.

Hal ini dijelaskan dalam BioMed Research International tahun 2015. Komponen dalam cengkeh, terutama cengkeh merah akan membantu membersihkan komponen toksin dan residu dalam liver yang penting untuk meningkatkan daya penyembuhan pasien pankreatitis.

Rhodiola

Dalam Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine tahun 2015 dijelaskan hasil riset atas manfaat rhodiola rosea terhadap tikus yang telah mengalami inflamasi pada pankreas.

Herbal dari kawasan balkan ini lazim pula disebut dengan nama akar emas dan masih dapat ditemukan di Indonesia di kawasan dataran tinggi bersuhu dan iklim dingin.

Herbal ini mengandung kemampuan untuk memperbaiki sirkulasi darah dan oksigen menuju sel termasuk sel pankreas. Memperbaiki struktur protein dan produktivitas enzim dari pankreas. Ini terbukti memiliki manfaat langsung terhadap masalah pankreatitis.

Makanan Fermentasi

Sebagaimana dijelaskan dalam Current Pharmaceutical Design tahun 2014, bahwa terapi probiotik adalah pilihan yang paling banyak disarankan secara medis untuk membantu mengatasi kerusakan pada pankreas.

Beberapa kasus pankreatitis berkaitan dengan perubahan bakteri dalam pencernaan yang jutru menyerang sel-sel dalam pankreas. Bisa disebabkan oleh invasi bakteri jahat atau efek dislokasi bakteri ke dalam pankreas.

Memperbaiki komposisi bakteri baik dalam usus akan membantu menurunkan level bakteri agresif yang bersifat invasif dan merusak. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan probiotik ke dalam menu harian.

Baca juga:  Penyakit Pankreatitis, Kenali Penyebab dan Gejalanya Di Sini

Itu sebabnya, pasien pankreatitis disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya probiotik yang berasal dari jenis makanan fermentasi bakteri seperti yoghurt, kefir, tape, kimchi dan lain sebagainya.

Sayuran Hijau

Menurut the German Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbruecke, bayam adalah salah satu sayuran terbaik yang harus dikonsumsi oleh pasien penyakit pankreatitis. Komponen dalam bayam akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit pankreatitis.

Namun belakangan, bayam bukan satu-satunya sayuran yang direkomendasikan, melainkan semua jenis sayuran hijau dengan serat tinggi. termasuk di antaranya kubis hijau, sawi hijau, kale, selada, kangkung dan lain sebagainya.

Sayuran Jingga

Warna jingga pada sayuran dan buah memiliki kemampuan mendorong penyembuhan pankreatitis dan mencegah terbentuknya kanker pankreas, menurunkan resiko kanker pankreas hingga 50%.

Ini berdasarkan studi yang dikembangkan di University of California di tahun 2013. Dalam riset tersebut diungkapkan beta karoten dalam makanan berwarna jingga memberi efek stimulan postif terhadap aktivasi sel dalam pankreas dan membantu proses penyembuhan inflamasi pada pankreas.

Anda dapat memperoleh makanan kaya beta karoten dengan mengonsumsi banyak wortel, pepaya, ubi merah, tomat, blewah, jeruk bali dan lain sebagainya.

Minyak Kelapa

Salah satu fungsi dari pankreas adalah memproduksi enzim yang nantinya berfungsi dalam proses sekresi lemak. Semakin banyak lemak yang Anda asup, semakin tinggi kebutuhan tubuh akan enzim dan semakin berat tugas pankreas.

Pada saat tubuh mengalami pankreatitis, pasien akan disarankan mengonsumsi makanan rendah lemak supaya meringankan dan mengistirahatkan pekerjaan pankreas. Semakin pankreas dapat istirahat dengan maksimal, semakin efektif proses penyembuhan pankreas.

Tetapi tubuh membutuhkan lemak, dan karenanya Anda disarankan mengonsumsi minyak kelapa. Ini karena lemak dalam minyak kelapa  berbeda dari kebanyakan jenis lemak. Tubuh tidak membutuhkan enzim untuk bisa menyerap lemak dalam minyak kelapa.

Tubuh tetap mendapatkan asupan lemak tanpa menyebabkan pankreas bekerja ekstra. Dalam kadar moderat sekitar maksimal 5 sendok makan justru ada manfaat komponen anti oksidan dalam minyak kelapa yang membantu mengatasi inflamasi.

Kunyit

Tak ada yang akan memungkiri kemampuan anti bakteri dan anti inflamasi dari kunyit. Komponen turmerik dan kurkumin dalam kunyit menjadikannya sebagai pengobatan alami dengan khasiat yang sangat kuat untuk melawan inflamasi.

Menariknya dalam kunyit terdapat efek astringent yang membantu menurunkan intensitas peradangan dengan cara mendinginkan sel. juga terdapat kemampuan sangat efektif dalam membantu menstimulasi pembentukan sel baru.

Kunyit baik untuk setiap inflamasi dalam tubuh, baik itu pada pernafasan, reproduksi hingga pada pencernaan. Karena adanya kemampuan anti oksidan yang mengatasi toksin penyebab inflamasi.

Kemampuan kunyit sebagai terapi herbal untuk pankreatitis dijelaskan sejumlah studi. Termasuk dalam International Journal of Molecular Medicine tahun 2011 dan Alternative Medicine Review di tahun 2009.

Mensinergikan kunyit dengan pengobatan medis perlu Anda lakukan dengan hati-hati. Karena kunyit dapat menurunkan pengaruh obat pada tubuh sehingga sebaiknya Anda beri jarak waktu setidaknya 1-2 jam.

Sarang Semut

Dalam publikasi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta diungkap bagaimana kinerja sejumlah komponen flavonoid dalam sarang semut membantu menstimulasi kinerja sel-sel dalam pankreas.

Ini membantu sel-sel usang dan rusak dalam kasus penyakit pankreas memulihkan dirinya sendiri dan kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Peran ini sangat penting dalam pemulihan penyakit pankreatitis dimana sel-sel internal pankreas mengalami kerusakan akibat inflamasi.

Hal senada juga diungkap dalam ulasan Journal of Food and Drug Analysis tahun 2015. Dalam sarang semut ditemukan komponen fenolik yang akan membantu menstimulasi pankreas mengaktivasi selnya kembali.

Sementara komponen flavonoid lain akan membantu mengatasi inflamasi yang terbentuk dalam pankreas. Ini akan bersinergi membantu proses penyembuhan kerusakan sel pada pankreas.

Noni

Noni secara langsung memiliki peran dalam membantu penyembuhan pankreatitis. Pada satu sisi, noni berperan dalam memperbaiki komposisi bakteri baik dalam pencernaan.

Menurut the University of Maryland Medical Center, ada peran penting dari bakteri baik dalam pencernaan dalam proses pemulihan pankreatitis. Bahkan pasien pankreatitis disarankan mengonsumsi suplemen probiotik untuk membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan pankreas.

Pada sisi lain, noni sendiri memiliki kinerja unik menstimulasi sel-sel alfa dan beta dalam pankreas untuk bekerja lebih efektif. Komponen xeronine dalam noni akan berperan memperbaiki sel dengan lebih efektif.

Kemampuan noni dalam memperbaiki fungsi metabolisme juga akan berperan dalam membantu mengatasi penyakit pankreatitis. Journal of Nutrients tahun 2017 menjelaskan bahwa noni memiliki kemampuan memperbaiki penurunan fungsi pankreas.

pengobatan pankreatitis - penyakit pankreas - pengobatan alami
Sumber: Depositphotos

Ada sangat banyak herbal dan asupan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai pengobatan alami untuk penyakit pankreas ini. Cara alami yang dapat Anda sinergikan dengan terapi pengobatan pankreatitis medis.

Ini akan membantu Anda lebih efektif dan cepat mengobati pankreatitis dan mencegah penyakit pankreatitis ini berkembang terlalu jauh menjadi nekrosis (kematian sel pada pankreas) atau kanker.

Advertisement
Alinesia