Obat Panu: Hilangkan Panu Tanpa Kambuh Lagi

710

Diedit:

Semua orang tentu saja mau tubuhnya itu bebas dari penyakit apapun, termasuk penyakit panu. Panu ini memang termasuk jenis penyakit kulit yang mudah menular dan merusak penampilan. Penyakit kulit ini diakibatkan karena infeksi jamur di kulit seseorang. Umumnya panu menyerang di bagian leher, wajah, punggung serta bagian tubuh yang lain.

Tanda-tanda awal dari panu dapat berupa munculnya bercak putih di kulit. Apabila Anda telah melihat tanda-tanda tersebut, maka sebaiknya segera lakukan pengobatan yang tepat. Tentunya, selain tanda-tanda tersebut masih ada tanda atau gejala yang lainnya, untuk mendetailnya akan kita jelaskan di bawah ini. Mari baca selengkapnya.

Tanda-tanda seseorang terserang panu:

  • Kulit berubah warna. Warna kulit bisa berubah menjadi lebih putih, cokelat, cokelat gelap atau pink.
  • Kulit menjadi lambat tumbuhnya, gatal ringan dan memiliki ciri khas struktur yang bersisik.
  • Panu akan terlihat jelas ketika terkena paparan cahaya matahari.
  • Meskipun dapat mengenai bagian kulit yang manapun, namun yang paling umum terkena infeksi jamur adalah pada bagian dada, leher, punggung dan lengan atas.

Ada juga yang nampak seperti panu tetapi bukan panu, melainkan ptyriasis alba, dengan tanda-tanda tak bersisik, tak menimbul dan batas samar-samar.

Penyakit kulit panu tentu sangat mengganggu, karena membuat warna kulit berubah dan panu yang bersifat menular, maka membuat penderitanya menjadi minder. Orang-orang pun akan takut ketika bersosialisasi apalagi berjabat tangan atau bersentuhan dengan seseorang yang terserang panu. Karena mereka tentu takut tertular, di mana menyembuhkan panu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dan membutuhkan waktu. Itu juga kalau Anda mengetahui cara pengobatan yang tepat.

Cara Menghilangkan Panu

Cara untuk menghilangkan panu bisa menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di apotik, sekarang sudah banyak salep untuk panu. Atau Anda juga dapat memilih menggunakan obat-obatan alami, cara ini juga dapat Anda gunakan. Terserah Anda lebih menyukai yang mana, walaupun memang kami sarankan bagi Anda untuk menggunakan pengobatan alami atau herbal. Sekarang mari kita lihat ada obat herbal apa saja yang dapat digunakan untuk menghilangkan panu dengan efektif, dan supaya panu tak kembali menginfeksi lagi.

Lengkuas

Cara memakai lengkuas untuk menghilangkan panu yaitu parut beberapa lengkuas. Parutlah sampai halus, sesudahnya peras kemudian ambil air perasan lengkuas tersebut. Sesudahnya Anda dapat menggunakan air perasan lengkuas untuk dioleskan pada daerah tubuh yang terserang panu. Anda dapat melakukan cara alami ini dengan rutin dan teratur, lakukan sesudah mandi hingga panu benar-benar hilang dan kulit Anda kembali sehat.

Belerang

Belerang memang sudah terkenal sejak lama akan kemampuan alaminya untuk menyembuhkan berbagai gangguan kulit, termasuk panu. Belerang mempunyai kandungan mineral yang memang terbukti ampuh untuk membunuh jamur. Jamur tersebut juga termasuk jamur yang menjadi biang kerok penyakit panu. Anda bisa sediakan belerang secukupnya, lalu tumbuk belerang tersebut hingga halus. Sesudahnya Anda campurkan tumbukan belerang dengan air perasan dari jeruk nipis segar, kemudian masukkan minyak kelapa. Anda dapat menggunakan campuran tersebut di daerah kulit yang terserang penyakit panu. Cara ini bisa Anda lakukan rutin sekitar 2 hingga 3 kali per hari hingga penyakit panu benar-benar menghilang dengan sempurna.

Bagi Anda yang menderita panu yang sudah parah dan memerlukan penanganan medis, segeralah periksakan ke dokter kulit. Dokter biasanya akan meresepkan obat tablet antijamur untuk mengobati panu yang sudah parah. Sekian artikel tentang obat panu, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami
Advertisement
Alinesia